Tips Mencegah diabetes Tipe 2 untuk Anda Ketahui

Tips Mencegah diabetes Tipe 2 untuk Anda Ketahui! Anda dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan memahami risiko dan mengubah gaya hidup Anda.



Faktor risiko umum termasuk peningkatan berat badan, tekanan darah, kolesterol dan trigliserida (lemak darah). Mengubah kebiasaan seumur hidup tidaklah mudah, tetapi sepadan dengan usaha yang akan Anda keluarkan, berikut kami sajikan untuk Anda dan simak Tips Mencegah diabetes Tipe 2.

Sebelum kita mengkah lebih jauh mari kita simak bersama-sama tentang diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Apa yang dapat menyebabkan diabetes, diabetes juga dapat dianggap sebagai penyakit yang disebabkan oleh kelainan reaksi kimia dalam hal penggunaan yang tepat dari karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan karena kekurangan pengeluaran atau kekurangan insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur jumlah gula dalam darah.

Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh: Sebelum makan: sekitar 70-130 mg/dL. Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL. Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL. 

Tahukah Anda Bagaimana Cara Mencegah diabetes Tipe 2?

Periksa risiko diabetes Anda.

Tes penilaian risiko dan belajar lebih banyak tentang risiko terkena diabetes tipe 2. Skor 12 + menunjukkan bahwa Anda berisiko tinggi terjangkit diabetes tipe 2, program merubah gaya hidup sangat perlu untuk membantu Anda mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Berolahraga secara teratur.

Aktivitas fisik seperti olahraga harus Anda lakukan secara teratur setidaknya 30 menit dalam sehari untuk membantu melancarkan peredaran darah dan mengelola berat badan yang dapat berfungsi mengurangi kadar glukosa darah dan juga dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol.

Makan makanan yang seimbang dan sehat.

Kurangi jumlah lemak dalam diet Anda, terutama lemak jenuh dan trans. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan makanan berserat tinggi.

Berhenti merokok.

Perokok duakali lebih rentan terkena diabetes daripada bukan perokok.

Kendalikan tekanan darah Anda.

Kebanyakan orang dapat mengendalikan tekanan darah dengan olahraga teratur, diet seimbang dengan menjaga berat badan yang sehat dan ideal. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan obat yang diresepkan oleh dokter Anda.

Kurangi risiko penyakit kardiovaskular Anda.

Diabetes dan penyakit kardiovaskular memiliki banyak faktor risiko yang umum, termasuk obesitas dan aktivitas fisik.

Temui dokter Anda untuk pemeriksaan rutin.

Seiring bertambahnya usia, ada baiknya Anda memeriksa kadar glukosa darah, tekanan darah, dan kolesterol darah secara teratur.

Semoga dengan Anda telah membaca Artikel Tips Mencegah diabetes Tipe 2 dapat menambah wawasan serta pencegahan untuk penyakit itu sendiri. 

0 komentar