Langkah untuk Membangun dan Menjaga Kesehatan Pencernaan

Langkah untuk Membangun dan Menjaga Kesehatan Pencernaan! Ketika mendatangi tempat kesehatan, menjaga kesehatan pencernaan Anda adalah sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jantung Anda, kesehatan tulang dan kesehatan seluruh tubuh Anda. Dan kabar baiknya adalah bahwa bagi kebanyakan orang, ini adalah masalah mengambil langkah pencegahan sederhana. Mengambil kendali atas kesehatan pencernaan Anda dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan Anda secara pribadi.



Jadi, jangan menunggu sampai Anda mengalami masalah pencernaan. Anda dapat mulai membuat perubahan yang sederhana dan proaktif terhadap pola makan dan gaya hidup Anda hari ini yang dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda dan di seluruh kehidupan Anda. Mari ikuti langkah  Menjaga Kesehatan Pencernaan berikut:

Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Buah prem dan plum Sertakan spektrum luas buah-buahan dan sayuran berwarna, termasuk buah-buahan kering untuk makanan diet Anda. Mereka dikemas dengan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya yang memberikan beragam manfaat kesehatan termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Buah-buahan dan sayuran mengandung serat dan berbagai macam nutrisi penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Makan buah dan sayuran sebagai bagian dari diet sehat bagi Anda, juga dapat membantu mengurangi risiko Anda untuk penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker.

Perbanyak Makan Makanan yang Berserat

Makanan kaya serat dapat membantu saluran pencernaan Anda tetap "teratur," meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mengatur kadar gula darah. Serat juga mengurangi kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan fungsi usus yang tepat, mencegah sembelit dan diverticulosis, dan memberikan perasaan kenyang tanpa menambahkan kalori. Ini ditemukan di sumber tanaman, jadi pastikan untuk makan makanan yang mengandung berbagai macam buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Bagaimana Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pencernaan?

Ahli kesehatan dan nutrisi merekomendasikan mengonsumsi 14 gram serat makanan per 1.000 kalori yang dikonsumsi. Serat hanya ditemukan pada makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Itu bagian dari tanaman yang tidak dicerna dalam tubuh manusia. Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, seperti oat bran dan kacang-kacangan, dan serat tidak larut, seperti produk gandum utuh. Kedua bentuk diperlukan untuk diet yang sehat.

Serat larut campuran dengan air untuk menciptakan konsistensi seperti gel; ini memperlambat pencernaan untuk membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dan menghilangkan zat seperti kolesterol. Serat larut dapat memainkan peran protektif dalam penyakit jantung dan diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan serat larut dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan glukosa darah. Oat dan oat bran, kacang-kacangan, kacang polong, dan beberapa buah serta sayuran seperti buah prem kering, apel dan wortel semua menyediakan serat larut.

Serat tak larut juga dapat berperan dalam mencegah beberapa jenis kanker. Biji-bijian utuh (terutama kulit gandum), kulit buah-buahan, buah prem kering dan banyak sayuran (kembang kol dan kentang) memberikan serat yang tidak larut. Semoga artikel yang kami tulis tentang cara Menjaga Kesehatan Pencernaan dapat bermanfaat bagi Anda.

0 komentar