Lakukan Hal Berikut untuk Menjaga Kesehatan Usus Anda


Lakukan Hal Berikut untuk Menjaga Kesehatan Usus Anda! Pendorong utama perubahan kesehatan usus adalah pergerakan asam lambung, kekebalan usus dan flora gastrointestinal ekosistem bakteri yang kompleks dalam sistem pencernaan Anda. Ketika kesehatan usus baik, Anda cenderung tidak mengalami peradangan dan penyimpangan dalam kekebalan.



Cara-cara berikut untuk melindungi sistem pencernaan Anda mungkin terdengar mengejutkan karena mereka bukan hanya tentang diet. Menjaga Kesehatan Usus juga perlu bagi kesehatan sistem pencernaan Anda.

Ciptakan Jadwal yang teratur untuk Makanan

Cobalah untuk makan setiap beberapa jam untuk menghindari 'gangguan' dalam energi 'gangguan' ini meningkatkan keinginan mengidam karena tubuh sangat membutuhkan energi yang cepat.

Minum Banyak Cairan

Dehidrasi adalah penyebab utama sembelit jadi pastikan untuk minum banyak air sepanjang hari. Cairan hangat, terutama hal pertama di pagi hari, juga membantu merangsang gerakan usus. Penting untuk memperhitungkan tingkat aktivitas Anda - semakin aktif secara fisik Anda, semakin banyak air yang perlu Anda konsumsi.

Minum Teh Herbal 

Minum teh herbal hangat setelah makan, Anda akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Teh peppermint dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat kembung, gas, IBS, dan spasme pencernaan, sementara teh jahe dapat meredakan mual dan kembung. Pastikan untuk menunggu sampai makanan dicerna sebelum diminum - kira-kira tiga puluh menit setelah makan.

Tambahkan Probiotik 

Probiotik seperti Acidophilus membantu menyeimbangkan bakteri 'baik' di dalam saluran pencernaan, dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Beberapa makanan yang difermentasi juga merupakan sumber probiotik yang baik, termasuk yoghurt, kefir, keju mentah, sauerkraut, dan tempe, atau Anda dapat menambah diet Anda dengan suplemen probiotik .

Apel dan pisang juga dapat bermanfaat karena mengandung fructooligosaccharide, yang mendorong pertumbuhan bakteri baik. Plus, satu pisang menyediakan sekitar 15% hingga 20% dari kebutuhan serat harian Anda.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Usus?

Perbanyak makan makanan tinggi serat 

Serat memperlambat tingkat penyerapan makanan dan dengan demikian memberikan pelepasan energi yang stabil, alih-alih puncak mendadak dan menabrak energi. Sebagai hasilnya, itu juga membantu mengurangi rasa lapar dan mengidam. Selain itu, ketika diet kurang serat, makanan berjuang untuk bergerak melalui sistem pencernaan dengan benar, yang mengarah ke buang air besar yang tidak teratur dan sembelit.

Sumber makanan terbaik yang mengandung serat adalah sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Suplemen psyllium sering digunakan karena mengandung lendir yang memiliki efek menenangkan dan menenangkan pada saluran pencernaan untuk meredakan kram.

Latihan

Olahraga teratur memicu kontraksi otot di usus besar yang mempercepat pergerakan makanan. Ini mengurangi tingkat air yang hilang dari tinja saat mereka melakukan perjalanan melalui usus, dan membuat tinja lunak dan mudah dilalui. Namun, penting untuk tidak melakukan aktivitas berat satu atau dua jam setelah makan, karena ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mulas.

Kurangi Stress

Usus dan otak terhubung erat sehingga stres berlebih dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi terlalu bersemangat. Stres memicu pelepasan adrenalin ke dalam tubuh, yang mempercepat transit makanan melalui sistem pencernaan dan dapat mengakibatkan diare atau buang air besar lebih sering. Berlatih teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan dalam, setiap hari untuk mengurangi stres. Ikuti beberapa  kiat dari kami untuk Menjaga Kesehatan Usus Anda.

0 komentar