Cara Menjaga Kesehatan Usus dari Segi Makanan

Cara Menjaga Kesehatan Usus dari Segi Makanan! Dalam sistem perncernaan manusia,terdapat salah satu bagian yang penting, yaitu usus. Usus sendiri dibedakan menjadi 2 bagian yaitu usus halus dan usus besar. Di dalam usus halus, terjadi proses penyerapan sari-sari makanan.



Setiap nutrisis yang terkandung dalam makanan yang kita makan, akan terserap di usus halus dan berpengaruh pada kesehatan usus. sedangkan usus besar memiliki fungsi sebagai tempat terbentuknya feses yang merupakan zat-zat sisa yang tidak terserap di usus halus.

Selain itu, fungsi penting usus halus adalah tempat terjadinya penyerapan air, sehingga tubuh manusia tidak kekurangan cairan. Mengingat pentingnya fungsi usus, maka kesehatan usus perlu diperhatikan dengan baik, salah satu cara menjaga kesehatan usus adalah dengan memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi. Tidak semua jenis makanan berdampak baik terhadap usus.

Makanan-makanan yang mengandung kadar lemak tinggi, mengandung banyak pengawet dan penyedap sangat tidak baik bagi usus, usahakan agar Anda menghindari makanan tersebut. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan usus:

Makanan Fermentasi

Di dalam pencernaan, khususnya usus terdapat bakteri baik yang bisa membantu pencernaan makanan, menjaga keseimbangan, penyerapan nutrisi dan pembuangan racun. Jika keseimbangan bakteri tersebut terganggu, maka kesehatan seluruh tubuh terganggu, mengingat hampir 80% sistem kekebalan tubuh berada di usus.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memiliki kemampuan membersihkan usus bersar serta kaya nutrisis dan antioksidan. Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan kaya akan zat besi, seng, kalium, kalsium, vitamin B, dan protein.

Apa Saja Makanan yang Baik untuk Kesehatan Usus?

Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang bertekstur lembut dengan rasa yang enak. Buah ini bisa disebut sebagai pati resisten. Sistem Anda tidak mampu mencernanya, tapi bakteria baik dalam tubuh dapat mencernanya dengan baik untuk mengurainya.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu contoh sayuran yang kaya akan serat. Sayur brokoli ini memiliki kemampuan besar mendetoksifikasi usus besar setiap kali Anda memakannya. Dengan mengkonsumsi brokoli secukupnya, maka kebersihan saluran pencernaan terjaga dengan baik sehingga tubuh Anda menjadi sehat.

Sayuran berdaun hijau tua

Sebagian besar orang merasa enggan memakan sayuran, mereka lebih memilih mengkonsumsi daging dan makanan cepat saji lainnya yang dari segi kesehatan sudah tidak baik, berbeda dengan sayuran hijau yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Sayuran berdaun hijau tua seperti sayur hijau, kangkung dan bayam bersifat melindungi pencernaan dan melindungi usus besar.

Madu

Rasa manis alami pada madu dan kandungan gizi didalamnya, menjadikan madu disukai banyak orang, madu mengandung berbagai komponen gizi seperti karbohidrat, asam amino, mineral, enzim, vitamin, air, dan zat zat organik lainnya.

Demikianlah informasinya, semoga bermanfaat. Sebagai salah satu organ penting dalam tubuh, maka hendknya kita menjaga kesehatan usus sedini mungkin, hal ini bisa dimulai dengan merubah jenis dan pola makanan Anda.

0 komentar