Yuk Berkenalan dengan Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau dala istilah medisnya Gastoesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan keadaan perut yang ditandai adanya rasa nyeri pada ulu hati. Selain itu, gejala lain dari GERD adala adanya perasaan seperti terbakar di bagia dada yang dikarenakan adanya asam lambung yang naik menuju saluran esofagus. Esoagus atau kerongkongan merupakan bagian saluran pencernaan antara mulut dengan lambung bisa dikatakan sebagai saluran makanan agar makanan yang kita makan masuk ke perut kita.


Penyebab Asam Lambung (GERD)


Penyakit asam lambung adalah masalah yang sudah biasa terjadi pada kita. Biasanya penyakit ini disebabkan adanya lower esophageal sphinchter (LES) dalam tubuh kita. LES sendiri adalah linkaran otot yang terletak di bawah saluran esofagus yang mana fungsinya sebagai pintu otomatis. LES akan terbuka ketika ada makanan atau minuman yang turun ke lambung. Ketika makanan atau minuman sudah turun ke lambung, maka LES akan menutup secara otomatis.

LES yang menutup otomatis ini fungsinya agar asam dan makanan yang berada di lambung tidak kembali lagi ke esofagus dan kita akan terasa mual.

Karena adanya kinerja LES yang kurang optimal, maka penakit asam lambung pun bisa saja terjadi pada diri kita. Jadi tak heran jika asam lambung membuat perut kita terasa nyeri sekali karena makanan atau minuman yang naik kembali ke esoagus, hingga dada kita pun juga terasa sesak.

Biasanya kinerja LES terganggu disebabkan oleh beberapa faktor eksternal di antaranya seperti stress, faktor genetik, konsumsi narkoba, obesitas, hiatus hernia, kehamilan, gastroparesis, juga konsumsi makanan yang berlemak secara berlebihan.

Jika Anda merasa tidak nyaman pada perut Anda ketika makan, bisa saja hal ini adalah salah satu gejala dari penyakit asam lambung. Mulut dan kerongkongan pun juga akan terasa tidak naman, kaena akan merasa kesakitan ketika menelan makanan atau minuman. Maka jangan biarkan asam lambung berkelanjutan dan segera atasi dengan obat yang tepat.

Diagnosa Asam Lambung / GERD

Umumnya, para dokter ketika mendiagnosa asam lambung, akan menanyakan pasien gejala apa saja yang sudah dialam. Jika ingin lebih teliti lagi biasanya dokter akan menawarkan untuk pemeriksaan lebih lanjut yaitu ke prosedur endoskopi.

Endoskopi ini nantinya akan menggunakan alat endeskop yang merupakan tabung panjang fleksibel yang terdapat lampu dan kamera di bagian ujungnya. Nantinya endeskop ini akan dimasukkan ke dalam mulut hingg ke kerongkongan, yang tujuannya untuk melihat keadaan lambung atau melihat apakah ada luka di bagian dinding esofagus.

Mengobati Asam Lambung

Untuk mengobati asam lambung sendiri akan melalui beberapa tahapan, dan yang paling sederhana adalah dengan mengganti menu makanan yang biasa kita makan. Karena bisa saja, makanan yang biasa kita makan adalah makanan yang tidak sehat atau makanan yang menyebabkan penyakit asam lambung itu datang. Hindari makanan yang teralu pedas, asam atau makanan yang mengandung lemak berlebih.

0 komentar