Ketahui Penyebab dan Gejala Asam Lambung untuk Mengatasinya

Pernahkah merasa nyeri di bagian ulu hati? Sampai-sampai ngerasa panas di bagian dada dan tenggorokkan? Hati-hati, ini adalah gejala dari gangguan pencernaan yang disebut GERD atau asam lambung.



Umumnya gangguan GERD akan terjadi bisa lebih dari dua kali dalam seminggu dan bisa kumat tanpa permisi. Untuk itu, simak artikel gerdasamlambung.com ini untuk mengetahui gejala, penyebab, dan cara mencegah atau mengatasi gangguan asam lambung.

Penyebab Asam Lambung

Seperti yang kita ketahui dalam ilmu Biologi, bahwa lambung berfungsi untuk mencerna makanan sehingga bisa mnyebar ke seluruh tubuh. Di dalam tubuh kita telah ditakdirkan adanya asam lambung untuk menjalani fungsi lambung sebagai pencerna makanan. Tapi, jika asam lambung di dalam tubuh berlebihan, maka hal ini bisa membuat penyakit asam lambung yang disebut GERD atau refluks asam lambung.

Di mana refluks asam lambung merupakan aliran balik asam lambung sehingga naik ke kerongkongan. Jadi, tak heran jika kerongkongan terasa panas ketika mengalami gangguan ini. Sebenarnya aliran balik asam lambung ini normal dan biasa terjadi pada sistem pencernaan kita. Tapi, jika hal ini sering terjadi atau berlebihan maka otot cincin lambung atau sfingter yang tugasnya sebagai katup penahan asam tidak bisa bekerja secara optimal.

GERD umumnya akan terjadi setelah kita mengkonsumsi makanan yang mengandung asam berlebih. Seringnya hal ini terjadi ketika kita sedang tidur.

Banyak yang beranggapan bahwa asam lambung naik karena tekanan perut yang biasanya disebabkan dari beberapa factor seperti kegemukkan, kehamilan, atau sindrom hernia pert. Orang yang biasa merokok atau konsumsi alcohol dan narkoba juga bisa memicu terjadinya asam lambung naik. Selain itu, asam lambung naik juga bisa saja dipengaruhi oleh beberapa penyakit jaringan ikat seperti diabetes, asma dan lain sebagainya.

Gejala Asam Lambung

Saat asam lambung naik, maka jaringan di area kerongkongan akan mengalami iritasi, sehingga heartburn pun terjadi. Gejala ini pun bisa menyebar ke seluruh tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda atau gejala asam lambung naik.

  • Sakit tenggorokan seperti panas dalam;
  • Mulut terasa asam;
  • Muntah;
  • Sulit menelan;
  • Suara terasa serak;
  • Dada terasa nyeri; dan lain sebagainya

Jika Anda mulai merasakan beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera atasi atau bisa langsung pergi ke dokter untuk berkonsltasi dan mendapatkan penanganan yang tepat. Sampaikan beberapa gejala tersebut ke dokter secara rinci, agar dokter bisa mendiagnosa penyakit Anda lebih mudah.

Apa Penyakit Asam Lambung Bisa Disembuhkan?

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa masalah asam lambung atau GERD disebabkan oleh adanya otot cincin lambung yang fungsinya tidak optimal. Sebenarnya tidak ada obat yang bisa mengatasi gangguan asam lambung untuk kembali normal. Namun berikut ini terdapat obat dan bahan alami yang setidaknya untuk mencegah dan meredahkan penyakit asam lambung.

Cara Mengatasi Asam Lambung

Sebenarnya kita cukup mengatur pola makan menjadi pola yang sehat untuk mengatasi penyakit asam lambung. Nah, berikut ini adalah beberapa pola makan sehat yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi asam lambung.

Menghindari Ngemil di Waktu Makan

Kebiasaan ngemil biasanya sangat sulit untuk dihindari. Padahal kebiasaan ini bisa membuat sistem pencernaan kita tidak teratur karena sudah terlalu banyak mencerna makanan. Apalagi kita ngemil di waktu makan. Perlu diketahui bahwa tubuh kita memerlukan waktu untuk bisa mencerna makanan.

Kunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah makanan denga benar sebenarnya hal yang sepele. Namun, jika diterapkan dan menjadi kebiasaan mampu mencegah dan mengatasi gangguan asam lambung. Pada dasarnya, enzim pencernaan akan mengolah dan mencerna makanan, sehingga jika kita mengunyah hingga lembut, maka sama halnya kita membantu enzim pencernaan untuk bisa dicerna dengan mudah.

0 komentar