Atur Pola Makan Anda untuk Mencegah dan Mengatasi Asam Lambung Naik

Biasanya asam lambung akan naik setelah kita makan. Jadi, kita perlu menjadwalkan pola makan kita lebih teratur lagi. Memilih makanan yang baik adalah sala satu cara mengatasi asam lambung. Berkut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk asam lambung.



Oetmetal

Oetmetal atau bubur havermut adalah salah satu contoh makanan yang baik untuk mengatasi asam lambung. Karena oetmetal mengandung gandum utuh yang memiliki banyak serat. Makanan yang mengandung banyak serat, mampu membantu menyerap asam lambung secara optimal, sehingga asam lambung pun tidak naik secara berlebihan. Roti gandum dan beras whole grain juga bisa menjadi pilihan Anda untuk mengatasi asam lambung naik berlebih.

Jahe

Perlu diketahui bahwa jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang mengandung kandungan bersifat anti radang secara alami. Jadi, jahe pun juga bisa mengatasi masalah pencernaan lainnya selain mengatasi asam lambung. Cukup memarut jahe atau diris dan jadikan minuman untuk Anda.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak merupakanan makanan terbaik dan sehar dalam mengatasi asam lambung. Anda bisa mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit atau daging merah yang dikukus, dipanggang, atau dibakar. Intinya, jangan makan daging yang digoreng agar terhindar dari lemak yang mampu memberikan gejala refluks lambung.

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Ketika Sakit Asam Lambung

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa asupan makanan dan minuman adalah salah satu fakor penting dalam mengatasi dan mencegah gangguan asam lambung. Ketika asam lambung naik, sebaiknya hindari atau kurangi beberapa makanan dan minuma berikut ini yang dapat memperparah asam lambung Anda.



Soda

Soda adalah salah satu jenis minuman yang membuat perut kita kembung. Perlu diketahui bahwa minuman bersoda megandung karbosinat yang dapat meicu asam lambung naik. Tak hanya karbosinat, minuman bersoda juga mengandung kafein, di mana kandungan ini bisa memperburuk keadaan lambung Anda. Jadi, mulai sekarang, coba hindari atau kurangi minum minuman bersoda yang membuat asam lambung naik.

Alcohol

Seperti halnya minuman bersoda, bahwa minuman keras atau minuman yang mengandung alcohol bisa menyebabkan refluks pada lambung Anda. Karena menurut penelitian medis, bahwa alcohol mampu merelaksasikan katup di bagian bawah esophagus, sehingga bisa menyebabkan ganggan pada saluran esophagus dan menjadi refluks.

Daging Berlemak

Jika Anda sedang mengalami gangguan asam lambung, sebaiknya segera hindari atau kurangi daging yang berlemak tinggi. Selain bisa memicu terjadinya GERD, daging berlemak tinggi juga mampu memicu terjadinya kolestrol.

Hal ini dikarenakan bahwa daging yang berlemak tinggi perlu waktu yang cukup lama untuk dicerna di dalam tubuh. Sehingga bisa memaksa produksi asam lambung, dan prduksi asam lambung pun menjadi berlebihan.

Alternatifnya, Anda bisa membuang lemak pada daging tersebut sebelum memakannya. Cukup makan daging sekali dalam seminggu sebagai pencegahan dan pengobatan asam lambung naik.

Tomat

Ternyata buah yang kaya akan vitamin ini juga perlu dihindari untuk mengatasi dan mencegah asam lambung naik. Karena, tomat mengandung asam malat dan sitrat yang bisa meningkatkan kadar asam lambung Anda.

Bawang Bombay

Yang lebih mengejutkan lagi adalah bawang bombay perlu kita hindari ketika kita sedang sakit asam lambung. Menurut penelitian bahwa orang yang mengalami penyakit asam lambung perlu menghindari bawang Bombay karena bawang Bombay yang masuk ke dalam lambung dapat menurunan pH lambung dengan cepat. Ketika pH semakin rendah, maka semakin tinggi asam di dalam lambung kita. Itu sebabnya kenapa ada orang yang anti atau alergi terhadap bawang Bombay. Selain itu, kebanyakan orang yang memakan bawang Bombay, biasanya akan merasa ingin muntah dan sering bersendawa.

0 komentar