Asam Lambung Menyebabkan Kematian. Jangan Sepelekan!

Keringat dingin tiba-tiba keluar dari tubuh bersamaan dengan rasa nyeri pada perut, mata pun mulai terasa meredup. Seluruh tubuh seolah-olah kaku seperti es. Kita pun akan merasa panik seketika, hingga galau pun menyerang.

Pernahkah mendengar kabar berita seseorang yang meninggal karena asam lambung? Salah satunya adalah Jean Patty seorang Puteri Indonesia 2016 telah dikabarkan meninggal dunia di akhir tahun 2017 kemarin. Di usianya yang masih muda, Patty dikabarkan meninggal karena penyakit asam lambung.



Asam Lambung yang Diremehkan

Penyebab kematian Patty adalah gangguan yang sering dialami oleh kebanyakan orang dewasa. Health Line menyatakan bahwa terdapat 60% orang dewasa pasti mengalami asam lambung dalam kehidupannya. Karena pernyataan inilah banyak orang yang menyepelekan penyakit ini. Karena mereka menganggap bahwa penyakit ini memang sudah takdir orang dewasa dan sudah menjadi kebiasaan dalam hidup.

Padahal, penyakit asam lambung memiliki tingkatannya, di mana di tingkat tertentu mampu menimbulkan komplikasi pada masalah kesehatan seperti kanker, penyakit paru-paru, dan lain sebagainya, hingga menyebabkan kematian.

Penyakit asam lambung atau biasa dikenal dengan istilah GERD intinya menyerang pada saluran pencernaan. Di mana terdapat gangguan pada isi perut juga saluran masuk keluarnya pada jalur esophagus.

Pemicu Asam Lambung

Seperti yang dikatakan pada artikel sebelumnya, bahwa dalam pencernaan yang normal akan ada lalu lintas makanan di bagian bawah esophagus yang disebut LES. Nah, asam lambung ini terjadi karena adanya gangguan pada LES di dalam perut.

Gaya hidup dan pola atau menu makanan sangat berpengaruh sebagai pemicu penyakit asam lambung. Adapun beberapa masalah kesehatan lainnya yang juga bisa menjadi pemicu penyakit asam lambung, seperti kanker, paru-paru, mandul, dan lain sebagainya. Kebiasaan merokok pun juga bisa menyebabkan gangguan pada LES menjadi longgar. Sedangkan makanan yang bisa menjadi pemicu penyakit asam lambung di antarnya seperti cokelat, daun mint, makanan berlemak kopi, alcohol, dan lain sebagainya.

Gejala Asam Lambung

Umumnya, orang yang mengalami asam lambung ditandai dengan rasa mulas di perut dan rasa terbakar di ulu hati juga rasa asam di mulut. Menurut penelitian, bahwa terdapat lebih dari 60 juta orang dewasa di Amerika Serikat yang mengalami mulas sekali setiap bulannya. Sementara 25 persennya orang yang mengalami mulas setiap hari.

Kesimpulannya, asam lambung juga tergolong sebagai kategori penyakit berbahaya yang tak bisa dibiarkan. Karena jika asam lambung dibiaran begitu saja, maka penyakit ini akan semakin parah dan menular ke organ tubuh lain, sehingga tubuh pun menjadi kuran fit kesehatan.

Kematian Patty karena asam lambung adalah salah satu contoh dari sekian banyak orang yang meniggal karena penyakit asam lambung.

0 komentar