12 Cara Mengobati Asam Lambung Naik Tinggi Secara Alami

Cara mengobati asam lambung - Asam lambung naik adalah kondisi dimana asam lambung naik ke tenggorokan. Hal ini di akibatkan oleh katup antara kerongkongan dan lambung tidak bekerja dengan baik. Umumnya kondisi seperti ini bisa disebut GERD. GERD pada umumnya akan menimbulkan gejala gejala seperti nyeri pada ulu hati, mulut terasa asam, keadaan perut tidak nyaman bahkan hingga susah menelan makanan.

Penyebab asam lambung naik tinggi bisa disebabkan beberapa faktor diantaranya telat makan mengkonsumsi makanan tertentu, berat badan yang berlebih, dan juga karena rokok. Sebenarnya untuk mengobati asam lambung naik bisa diatasi dengan obat di apotik seperti antasida misalnya.

Akan tetapi jika secara berlebihan menggunakan obat tanpa resep dokter, hal ini akan memicu efek samping yang akan menyebabkan terjadinya diare atau sembelit. Beberapa hal juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi asam lambung yang naik tanpa menggunakan obat di apotik. Contohnya seperti berikut ini.

Cara Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami Dan Cepat

cara mengobati asam lambung naik
Tak perlu menggunakan obat-obatan kimia. Untuk mengobati asam lambung tinggi ramuan alami bisa menjadi solusi alternatif yang efektif.

1. Minum Teh Hangat

Teh merupakan ramuan alami yang berkhasiat untuk meredakan asam lambung naik. Sebab senyawa yang terdapat pada daun teh mampu menenangkan dan mengurangi produksi asam lambung berlebih. Jenis teh apa pun baik di konsumsi untuk meredakan asam lambung, namun dianjurkan untuk mengkonsumsi teh camomile. Disarankan untuk tidak minum dengan air teh yang panas, sebab bisa mengakibatkan produksi asam lambung meningkat. Sebaiknya minumlah teha yang hangat.

2. Kunyit

Cara mengobati asam lambung naik secara alami bisa menggunakan kunyit. Kunyit sudah dipercaya sejak dulu untuk mengobati luka pada lambung. Zat curcumin pada kunyit juga efektif menetralkan asam lambung.

Caranya cukup dengan menumbuk 200gram kunyit sampai halus, lalu peras airnya. Air kunyit dapat diminum untuk meredakan asam lambung yang naik.

3. Mengobati Asam lambung Dengan Madu

Kunyit juga dapat dicampur dengan bahan alami lainnya seperti madu dan Yoghurt. Ketiga bahan alami ini jika dikombinasikan bisa menjadi ramuan alami yang mujarab untuk mengobati asam lambung.

Caranya cukup dengan menumbuk campuran kunyit 100gram, 3 sdm madu, dan 3 sdm kunyit. Aduk semua bahan sampai semua merata. Lalu konsumsi ramuan kunyit tersebut tiap malam menjelang tidur.

4. Jahe

Sebagai minuman yang dapat menghangatkan tubuh, jahe ternyata juga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam lambung yang tinggi. Untuk membuatnya pun tak terlalu sulit. Anda hanya perlu menjadikannya wedang jahe. Dengan cara memanggang jahe di bara api, laku geprek kemudian taruh di segelas air hangat.

5. Pisang

Kalium yang terkandung pada buah pisang efektif untuk menetralisir produksi asam lambung yang berlebih. Pisang akan memberikan lendir alami pada lambung yang bermanfaat untuk penurunan asam lambung. Cara yang efektif untuk mengobati asam lambung dengan pisang adalah dengan memakannya dalam keadaan perut kosong atau sebelum makan.

6. Baking Soda

Asam lambung yang naik tinggi bisa di netral kan dengan penggunaan satu sendok teh baking soda yang dicampur air. Gunakan baking soda selama 4 kali sehari setalah makan 1 hingga 2 jam. Tak hanya mampu menetralisir asam lambung, baking Soda juga bisa memperlancar pencernaan.

Beberapa pilihan obat alami diatas bisa Anda manfaatkan untuk mengobati asam lambung naik secara alami. namun pengobatan alami saja tidak cukup. Anda juga memerlukan perubahan gaya hidup agar produksi asam lambung tidak naik dan kambuh lagi. Berikut beberapa perubahan gaya hidup yang harus Anda rubah dari sekarang.

7. Hindari Makanan Penyebab Asam Lambung

Untuk menghindari asam lambung naik kambuh kembali, hindari makanan yang menjadi penyebab asam lambung naik. Umumnya makanan yang di goreng, xiklat dan makanan berminyak merupakan daftar makanan yang bisa memicu asam lambung naik tinggi.

Selain itu, minuman yang mengandung kafein, minuman bersoda dan jus buah yang asam juga menjadi pemicu naiknya asam lambung tinggi.

8. Gunakan Pakaian Longgar Saat Asam Lambung Naik

Sering menggunakan pakaian ketat khususnya area bawah pinggang akan membuat bagian perut jadi tertekan. Sehingga dengan keadaan seperti ini, gejala asam lambung akan timbul semakin parah. Untuk meredakan asam lambung yang naik. Sebaiknya gunakan pakaian dan celana yang longgar ketika asam lambung kambuh.

9. Ubah Posisi Tidur

Ketika asam lambung naik mulai kambuh, sebaiknya istirahat sejenak dengan mengubah posisi tidur setengah duduk. Dimana posisi kepala dan pinggan harus dalam keadaan lebih tinggi.

Caranya cukup dengan manyandarkan menyangga bantal pada dinding. Manfaat dari posisi ini agar makanan tetap dalam usus dan tidak naik ke kerongkongan, cara ini juga bisa membuat asam lambung mereda.

10. Turunkan Berat Badan

Orang yang kelebihan berat badan lebih rentan terserang asam lambung yang naik. Secara ilmiah ini dikarenakan usus yang tertekan oleh lemak tubuh berlebih. Sehingga asam yang ada pada usus akan naik menuju tenggorokan.

Jadi jika Anda tidak ingin asam lambung sering naik. Sebaiknya mulailah untuk menurunkan berat badan dari sekarang. Lakukan penurunan berat badan secara sehat yakni hanya setengah kg dalam seminggu.

11. Makan Sering Dengan Porsi yang Sedikit

Pencegahan asam lambung agar tidak naik bisa dilakukan dengan cara makan lebih sering namun dengan porsi mini atau lebih sedikit dari biasanya. Sebab jika Anda terlalu kenyang bisa memicu penekanan pada perut yang bisa berakibat naiknya asam lambung. Selain itu, usahakan makan dengan waktu yang lambat tidak terburu-buru.

Caranya dengan mengunyah makanan hingga benar-benar halus, baru kemudian telan makanan. Setelah makan, usahakan jangan berbaring. Tetap jaga perut Anda dalam keadaan tegak berdiri atau duduk tegak.

12. Jangan Merokok

Jika Anda seorang perokok, mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk tersebut jika asam lambung tidak ingin naik. Sebab rokok mengandung zat-zat yang bisa membuat katup antara lambung dan tenggorokan melemah. Jika kondisi ini terus terjadi gejala asam lambung semakin parah bahkan bisa menyebabkan Penyakit GERD.

Berhenti merokok akan meringankan gejala asam lambung yang naik dan mencegahnya timbul kembali.

Kesimpulannya cara mengobati asam lambung naik tak bisa hanya dengan menggunakan obat-obatan saja. Perubahan gaya hidup sehat juga harus segera dilakukan agar asam lambung tidak kambuh lagi.

0 komentar