Cara menaikan berat badan bagi penderita asam lambung

Untuk penderita asam lambung yang saat ini sedang berjuang buat sembuh dan sedang kehilangan banyak berat badannya, karena kita memasuki masa lebaran dan biasanya saat lebaran kita akan bertemu keluarga atau teman yg sudah lama gak ketemu, tentu saat ketemu itu, mungkin ada dari mereka yang kaget melihat penampilan kita yang mungkin keliatan lebih kurus, pucat, kurang seger, dsb.. Karena sikap mereka yang kaget dan biasanya banyak tanya soal kita dan penyakit kita, seringkali hal itu akan membuat kita jadi down atau turun semangat, minder bahkan shocked dengan komentar mereka. Apapun sikap dan perkataan mereka, usahakan jangan masukkan ke hati dan pikiran kita. Cuekin saja apapun yang mereka katakan soal diri kita dan penyakit kita. Katakan aja kepada mereka yang penasaran dan banyak tanya bahwa memang sekarang kita sedang sakit dan sedang berusaha buat pulih lagi seperti dulu. Yang penting saat ini kita tetap kuat dan sedang menikmati ngumpul dengan keluarga dan teman2. Boleh juga kita katakan bahwa saat ini sedang dalam ujian Allah dengan kedatangan penyakit ini dan Insya Allah sedang dalam tahap menuju kesembuhan dan minta juga mereka untuk ikut mendoakan kita supaya lebih cepat sembuh.

menaikkan berat badan untuk penderita asam lambung

Masalah berat badan yang turun drastis memang sering dialami oleh kebanyakan penderita asam lambung walopun banyak juga aslamer yang berat badannya tetap atau bahkan naik selama sakit. Masalah berat badan yang turun drastis ini bisa membuat kita jadi kurang pede, minder, malu, bahkan stress. Penyebab berat badan yang turun itu umumnya karena kita memantang makanan terlalu ketat, bisa juga karena memang kita gak bisa makan banyak, ditambah juga karena stress psikis karena mikirin sakit atau sering merasakan dan menahan sakit akibat sensasi yg bermacam2. Selain sebab2 yang kusebut itu, tentu ada sebab2 lain yang lebih serius yang mungkin menyebabkan penurunan berat badan yang cukup banyak dalam waktu singkat. Tapi karena umumnya kita sudah melakukan banyak pengecekan penting dan dinyatakan normal, itu berarti kita memang hanya menderita masalah pencernaan. Jadi, singkirkan semua pikiran yang memikirkan kalo kita sedang menderita sakit lain yang berat, karena pikiran itu justru bisa membebani kita dan bisa memperlambat proses penyembuhan kita dan memperlambat kenaikan berat badan kita.

Untuk menaikkan berat badan kita, tentu cara paling utama adalah dengan banyak makan. Jangan terlalu mantang makanan tapi tau batasan diri sendiri. Untuk penderita gerd yang belum bisa makan banyak dalam satu waktu, cobalah makan lebih sering dengan porsi dikurangi. Makanlah maknan dengan gizi lengkap yaitu maknan sumber karbohidrat, protein, mineral, vitamin, serat, enzim, dll.. Semua bisa kita dapat dari maeknan kita sehari2. Bila perlu minum suplemen seperti multivitamin dan mineral, atau minimal minum vitamin b kompleks. Vitamin b kompleks memang sering dianjurkan buat penderita gerd dan yang sedang turun berat badannya. Vit b kompleks sangat mendukung kerja saraf2 kita termasuk saraf2 yang mendukung kerja saluran cerna. Selain itu vitamin b kompleks juga bisa memperbaiki napsu makan kita, mengurangi sensasi2 yang timbul karena gangguan pencernaan, membantu meningkatkan daya regenerasi jaringan epidermis yang cedera termasuk kalo ada cedera di saluran cerna, membantu mencegah anemia, dan masih banyak lagi fungsinya.

Selain dengan makanan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendukung mempercepat kenaikan berat bada kita misalnya:

  1. Cukup minum air putih.
  2. Kalo mau minum susu, cari yang low fat dan aman buat kita seperti susu kambing atau susu kedele.
  3. Selain itu, cukupi waktu istirahat atau tidur minimal 6 jam sehari tanpa terbangun. Kalo bisa, 7 smpe 8 jam, lebih bagus lagi.
  4. Rutin olga 3 sampe 4 kali seminggu, cukup dengan olah raga ringan saja yang tidak terlalu membebani fisik misalnya jalan kaki, jalan cepat, jogging ringan, berenang, sepedaan, senam. Dengan olah raga rutin, aliran darah keseluruh tubuh jadi lancar sehingga transport zat gizi keseluruh tubuh juga lancar dan itu akan mempercepat proses penyembuhan dan penggemukan badan. Olahraga juga bisa menstimulasi produksi hormon bahagia pada tubuh.
  5. Kalau cocok, minumlah madu rutin 2x shari.
  6. Jangan terlalu sering nimbang badan, cukup maksimal 1 x sebulan saja kalau dirasa perlu.
  7. Jangan sering ngaca, apalagi pake kaca yang segede badan, cukup pakai kaca yang sebesar wajah saja.
  8. Jangan terlalu memperhatikan penampilan saat kondisi yang memang sedang sakit, konsentrasi saja dulu pada usaha menyembuhkan diri. Kalau kondisi sudah lebih membaik, tentu penampilan akan berubah menjadi lebih baik juga dengan sendirinya.
  9. Terimalah dulu dengan sabar dan ikhlas kondisi kita saat ini yang memang sedang kurang sehat, tapi tetap berusaha untuk terus mengobatinya. Harus tetap yakin dan optimis akan kesembuhan kita.
  10. Kalau sedang rutin minum obat baik medis ataupun herbal, harus yakin dengan obat dan pengobatan yang sedang dijalani. Keyakinan dan sugesti baik terhadap obat dan pengobatan yang sedang dijalani, bisa membuat efek baik obat akan lebih cepat terasa pada tubuh.
  11. Jangan lupa untuk selalu berusaha bahagia, walaupun mungkin kondisi fisik yang masih belum stabil. Bahagia itu ada dalam diri kita sendiri, jadai usahakan untuk selalu mengontrol pikiran kita supaya tetap happy. Sikap selalu berbaik sangka pada keadaan bisa membantu pikiran jadi tenang dan happy. Kerjakan kegiatan atau hobi yang bisa membantu menyenangkan pikiran kita dan bisa membantu mengalihkan pikiran kita dari sensasi yang dirasa. Pikiran yang happy itu akan menstimulasi fisik menjadi lebih baik.
  12. Dan jangan lupa juga untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha kuasa dan yang maha menyembuhkan segala penyakit dengan tetap menjalankan ibadah dengan bersungguh-sungguh dan khusyuk dan jangan lupa untuk selalu berdoa meminta kesembuhan di setiap doa. Perbanyak amal dalam bentuk apapun pada orang sekitar dan lingkungan sekitarnya semampu kita karena hal itu bisa menstimulasi hormon bahagia di tubuh yang akhirnya bisa mempercepat proses kesembuhan dan penggemukan badan kita.

Karena ini dalam suasana lebaran, aku sekalian mohon maaf lahir batin kepada teman2 semua kalo2 selama ini ada kata2 atau sikap yang gak pantas, kurang berkenan atau berlebihan. Dan mohon dimaafkan juga nanti kalo kedepannya juga begitu..hehe.. Selamat Idul Fitri buat yang merayakannya. Semoga yang masih berjuang buat sembuh, segera diberikan kesembuhan.. Amiiinn...

0 komentar