Puasa bisa menyembuhkan asam lambung dan gerd?

ASAM LAMBUNG dan PUASA - Sedikit bercerita... Aku pertama kali kena serangan aslam itu sekitar 2 mggu sebelum bulan Ramadhan 2013. Serangan pertama itu mmg terasa sangat dahsyat krn blm pernh punya pengalaman dan pengetahuan sblmnya. Dalam mggu2 awal kena aslam itu sensasi yg paling sering dirasa adalah nyeri dada sm sesak napas. Sensasi terus berlanjut walopun sdh minum obat, sampe memasuki bulan puasa. Saat bulan puasa itu, tetap diusahakan buat berpuasa walopun sangat berat krn mmg sdg berat2nya. Malamnya jg diusahakan ikut tarawih di Mesjid walopun sambil tetap merasakan sensasi yg menyiksa, sampe2 sering hampir tumbang ketika berdiri saat sholat. Akhirnya, krn sdh gak sanggup lagi, puasanya cm bs bertahan smpe 15 hari, tarawih di Mesjidnya jg..

Singkat cerita...selama setahun menjalani sakit dgn kondisi yg turun naik dan menjalani pengobatan, sampelah pd bulan Ramadhan berikutnya di tahun 2014. Perasaan cemas dan was2 melanda lagi. Apakah bisa berpuasa kali ini? Soalnya, sensasi msh ada walopun sdh berkurang. Tp, sebagai muslim yg berusaha taat, dgn niat dan tekad yg kuat, disertai dgn sikap ikhlas dan tawakkal, plus logika bahwa tdk ada orang yg mati krn berpuasa, puasa hrs dilaksanakan. Alhamdulillah, puasa hari pertama, justru sensasi malah berkurang dan serasa hampir hilang. Jd tambah semangat, tp msh was2 krn msh ada hari2 puasa berikutnya. Ternyata, besok2nya pun aman lancar aja smpe habis bulan puasa, puasanya full dan tarawihnya jg full. Alhamdulillah.

Sejak selesai Ramadhan itulah, semangat sembuh makin berkobar2..hehe.. Dan mulai berani mencoba sdikit2 mkn mkanan yg selama ini dihindari. Dan singkat cerita lagi, akhirnya, aku bs sembuh total dr sakitku..Alhamdulillah.

Ternyata berpuasa itu bs menjadi salah satu obat buatku. Mungkn ada jg teman2 yg begitu.

Bagi yg didiagnosa dispepsia, apalagi yg dispepsia fungsional, puasa mmg bs menyembuhkan krn saat puasa itu, seluruh organ pencernaan justru diberi kesempatan buat beristirahat. Tp tetap hrs diingat, hrs tetap menjaga batas saat mkn sahur dan berbuka supaya perut tdk kaget. Mungkn banyak kawan2 disini yg khawatir kalo perut kosong saat berpuasa, justru akan meningkatkan produksi asam lambung. Itu tdk sepenuhnya benar. Perlu diketahui bahwa secara garis besar, proses pencernaan kita itu berlangsung dalam 3 fase yaitu fase sefalik (otak), fase gastric (lambung) dan fase intestin (usus). Khusus untuk fase otak, sistem pencernaan kita itu sdh mulai aktif saat kita melihat makanan atau mencium aroma mknan yg kita sukai. Saat itu otak sdh memerintahkan lambung untuk lebih aktip dalam mengeluarkan asam lambung dan lebih aktif bergerak. Tp krn kita sdg berpuasa, kita bs mengontrol otak kita itu dgn selalu menyadarkannya bahwa kita sdg berpuasa sehingga aktifitas pengeluaran aslam itu bs kita bantu untuk diredam. Itulah salah satu contoh kekuatan fikiran dan niat yg kuat dan ikhlas dr orang yg sdg berpuasa.

Fase pengeluaran asam lambung di lambung secara umum jg melibatkan 3 reseptor hormon yaitu asetilkolin, gastrin dan histamin (H2). Asetilkolin ini sangat berhubungan dgn fase otak. Jd, kalo kita bs mengontrol pikiran kita yg selalu sadar sdg berpuasa, aktifitas asetilkolin jg bs diredam sehingga bs mengontrol produksi aslam dan melancarkan puasa kita.

Mungkn banyak penderita aslam yg jg merasakan sensasi2 kecil saat berpuasa, itu mah wajar. Orang sehat yg berpuasa jg akan merasakan sprti itu. Kalo cm kecil, cuekin aja. Tp perlu diingat jg, kalo sensasi itu cukup berat, sprti pd kondisi gastritis berat dan gerd berat, sebaiknya tdk berpuasa dulu, kan msh bisa diganti puasanya saat kita sehat nanti. Untuk aslamer yg mmg msh memerlukan obat untuk melancarkan puasanya, minum aja obatnya secara rutin saat sahur atau saat berbuka.

Karena bulan depan kita sdh memasuki bulan puasa, bagi para aslamer yg berpuasa, boleh aja coba dilatih puasanya dr skrg dgn puasa Senin Kamis supaya tubuhnya sdh terbiasa nanti saat bulan puasa.

Semoga puasanya dilancarkan. Amiin.

Comment:

Lea Rama
Kata doket klau kena lambung ga boleh tlat mkan..hrus sllu di isi perut..aku mau coba puasa takut ga kuat..tpi aku tetarik krna bkin smbuh lambung

Azani Dhiya
Hrs dicoba dulu mbak, supaya tau. Msh ada bbrp hr buat latihan kan.. Bisa dicoba dulu dgn puasa setengah hari..hehe..

Lea Rama
Y mas aku pngen nyoba..obt2tan udh herbal aplgi tpi ga ad hsil..mungkin ini jlan nya hrus puasa kali ya?bismillah aja lah mudah2han kuat

Azani Dhiya Amiiinn..

Azani Dhiya
Kalo sdh berhasil puasa 1 hari penuh, yg hrs diperhatikan adalah saat berbuka. Hrs dgn kesabaran jg. Jgn langsung jejali perut dgn mknan berat. Cukup dgn air putih dulu dan bbrp butir kurma.

Lea Rama
Y mas..aku udh ptus aja brobat sudh bdan aku tinggl tulang..kya ga ad smangat hdup..tpi mas stiap bngun tdur badan aki hemeteran perih stlah di skh mkan lngsung enakan adem..nanti klau awal puasa ngrasain kya gitu hrus tetep tahan mas..

Azani Dhiya
Tetap aja hrs bisa mengukur diri mbak, kalo mmg dirasa bs, boleh dilanjut puasanya. Kalo mmg sensasi yg dirasa cukup berat, boleh dibatalkan puasanya. Bs diganti di hari yg lain. Makanya bs coba dilatih dr skrg sblm memasuki bulan puasa. Kalo ada aslamer yg merasakan sensasi saat bangun tdr, itu wajar, krn perut kita sdh lama kosong. Makanya kalo puasa itu, disunnahkan untuk sahur dlm waktu yg mendekati imsak. Jgn tdr lagi ssdh sahur. Selain krn terlalu dekat waktunya dgn mkn sahur, itu jg menghindari sensasi saat bangunnya. Kalo mau tdr sbentar, ssdh sholat ashar aja. Supaya pas bangun, sdh mendekati waktu maghrib. Ini untuk mengurangi kemungkinan terjadinya sensasi yg akhirnya bs membatalkan puasa kita.

Lea Rama
Mksh ya mas infonya ini sangat mengimpirasi saya jadi semangat lg..mkcih

Yopie
Bang Azani Dhiya nyeri dada sebelah mana waktu dulu ?

Azani Dhiya
Lebih dominan terasa di uluhati tp sering jg dibarengi dgn nyeri tekan yg tersebar di dada tanpa bs kita tunjuk lokasi nyerinya.

Liz Yenny
Alhamdullilah... Saya juga sdang mnjalani puasa udah 4 hari insyaallah lancarr... Memang hari pertama.. Was2 takut gk kuat..setelah dijalani pas puasanya mlh gk ada sensasi... Begitu berbuka ada rasa perih.. Mungkin perlu adaptasi... Hari berikutnya saya tdk kepok.. Saya berpuasa lgi... Hari ke2 aman..sampe tdi siang hari ke 4 alhamdullilah.. Lancar tanpa ada sensasi... Trnyata adaptasinya cuma 1 hari azA..

Wahyu Hidayat
Alhamdullillah dengan puasa in shaa allah kita sehat. Bener sekali mba. Sekg saya lagi semangat nya puasa sunah senin-kamis dan rasa nya bugar alhamdullillah :). Silahkan di coba buat temen2 disini.

0 komentar