Inilah 4 penyebab penyakit Gerd muncul dan cara mengatasinya

Setelah saya analisa, ternyata penyakit GERD ini tergabung dari beberapa sebab :

1. Produksi asam lambung yang berlebih
2. Terkikisnya mukosa lambung yang berfungsi sebagai pelindung lambung dari Asam akibat ulah bakteri H.Pylori.
3. Terdapat luka atau inflamasi pada dinding lambung, sehingga ketika luka tersebut terkena asam lambung, langsung muncul sakit yg luar biasa.
4. Lemahnya katup LES yang menyebabkan asam lambung naik ke esofagus.

PEMBAHASAN :

Yang harus kita benar-benar perhatikan adalah poin 3 dan 4, karena itulah akar permasalahan dari berbagai macam sakit dan sensasi yg saat ini dirasakan.

Poin ketiga dapat menyebabkan sensasi nyeri pada perut, dan sesak di daerah sekitar ulu hati. Sedangkan poin keempat merupakan sebab dari sensasi rasa terbakar di dada, irama jantung gak beraturan, dan anxietas.

Tapi sebelum menyembuhkan akar, kita harus memperhatikan poin 1 & 2. Karena poin 1 & 2 merupakan sebab terjadinya sensasi yg diakibatkan oleh poin 3 & 4. Jadi kita harus membereskan poin 1 & 2 dulu.

Poin 1, kita bisa atasi dengan mengonsumsi obat berjenis PPI (seperti Omeprazole bersaudara) dan penghambat reseptor H2 (seperti Ranitidine), karena obat2 tersebut dapat mengurangi produksi asam lambung. Sehingga diharapkan Asam lambung tidak melulu melukai dinding lambung yang sebenarnya sudah luka. Maka dari itu, jika lukanya saja belum sembuh kemudian sudah dilukai lagi, yang ada gak sembuh2.

Tapi selain menggunakan obat PPI dan Ranitidine, hal yang tak kalah penting adalah jangan membuat lambung kosong terlalu lama. Karena jika kosong, maka asam lambung akan mengacak-acak dinding lambung yang membuat dinding lambung kembali terluka. Jadi, pola makan sedikit tapi sering sangat sangat berguna sekali. Atau jika masih terasa sakit, minumlah obat Antasida, karena antasida bisa menetralkan asam lambung.

Poin nomor 1 juga sangat erat kaitannya dengan pola makan dan pola pikir. Maka sekarang pantanglah makanan2 yg mengandung minyak, makanan goreng, mengandung santan, asam, pedas, coklat, kopi, brokoli, dan makanan2 lain yang bisa memicu terproduksinya asam lambung dan makanan yg mengandung gas. Serta hindarkan lah diri dari stres, karena stres bisa meningkatkan produksi asam lambung. Untuk pola makan telah saya beritahukan ya, berikut dengan terapi2 non-obat.
Nomor 1 beres.

Poin kedua, Mukosa lambung diproduksi dengan sendirinya oleh lambung. Akan tetapi apabila masih ada bakteri H. Pylori, yang ada mukosa lambung tidak akan pernah melapisi lambung dengan sempurna. Solusinya adalah, selagi mukosa lambung bermasalah, minumlah obat yang bisa menggantikan peran dari mukosa lambung untuk sementara, yaitu Sucralfate. Juga minum Fucoidan, fucoidan merupakan vitamin lambung yang berfungsi dapat menebalkan dinding lambung, dan membunuh bakteri H.Pylori.

Poin ketiga hanya tinggal menunggu waktu, karena tubuh akan mengobati dirinya sendiri. Jadi kita sebagai penderita, hindari yang perlu dihindari, dan lakukan yang perlu dilakukan. Sudah saya jelaskan sebelumnya.

Poin keempat, Lemahnya katup LES yang menyebabkan asam lambung naik ke esofagus. Apakah katup LES ini bisa diperkuat? Jawabannya bisa. Caranya adalah dengan menjaga berat badan ideal, jika terlalu gemuk maka turunkan. Untuk mengetahui apakah berat badan kita ideal atau tidak, bisa di cek di internet, silakan di search "kalkulator BMI". Lalu lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, dsb.

HASIL DAN KESIMPULAN :
1. Minumlah obat yang berjenis PPI, Sucralfate, Rebamipide, dan Fucoidan selama kurang lebih 4-8 Minggu, jika disertai mual bisa ditambah dengan domperidone.

2. Jaga pola makan (no pantangan + sedikit tapi sering), pola pikir (hindari stres, kelola stres dengan bijak), dan pola hidup. Jika belum melewati bulan ke-6 sampai ke-12, jangan sekali-kali makan pantangan, sekalipun kondisi sudah membaik. Lebih baik sabar dulu tapi sembuh total, daripada gak sabar tapi kambuh2an.

3. Turunkan berat badan ke berat badan ideal. Bisa di cek di kalkulator BMI di internet. Disertai dengan olahraga ringan, itu semua agar katup LES kembali menguat.

4. Sehat hanya tinggal menunggu waktu.

Demikian, semoga cepat sehat semuanya.

Salam sehat, Teddy Sanjaya

Comment:

Indriani Ani
Pak saya kok dak bisa minum obat. obat apapun membuat saya tambah gemeteran setelah makanpun tambah gemeteran.

Yuli Anggorowati
Sama mb Indriani Ani saya jg gemeteran kl minum obt dokter

Indriani Ani
Iya mbak aku sampe bingung...gimana sembuhnya...

Indriani Ani
Awalnya ketika terdetek tipes.. dikasih atrical acran cefat analsik vitamin..datang kedua tetep dikasih atrical acran dan amoxilin jg analsik..saya dah bilang saya gemeteran minum obat tambah gemeteran.. trus saya disuruh tes tiroid saya dak bisa keringetan dok..katanya efek tiroid.. tp ternyata normal semua... tak hentikan semua obat tp saya dak kuat.. saya ke apotik sharing.. saya dikasih gastrucid omeprazol dan ranitidin.. tp akhire tak hentikan semua... sampe sekarang saya dak bisa ngilangin gemeteran... jd waras dak waras tp hidup kok ya dak nyaman...

Tedy Sanjaya
Sudah ke dokter? Diagnosa dokter apa mba?

Indriani Ani
Tiga kali itu ke dokter umum rs pak..tp bilange badane peyan memang lg nyik nyok bu..suruh minum susu murni madu murni(sampe sekarang itu yg saya lakukan tuk bertahan).. trus disuruh ke dokter spesialis... tp say belum kesana pak...

Tedy Sanjaya
Coba ke dokter spesialis penyakit dalam mba, firasat saya sih ini lambung. Dan memang kalau lambung ketemu Amoxicilin (antibiotik) akan bertolak belakang, terlebih kalau mba nya alergi sama antibiotik. Pasti akan gemetaran. Karena dosis antibiotik biasanya juga gak kecil.

Indriani Ani
Iya... harusnya kesana pak biar jelas kenapa..memupuk keberanian..terimakasih sharingnya.

Abrar
Pak tedy udah sehat y?

Tedy Sanjaya
Sudah 70% mas, Alhamdulillah

Hendra Sandi
Sya puji syukur gk ngerasain skit di badan cuma lemes kembung dan kadang sesak klu bnyak gerak langsung lemes,..termasuk gk sih dari apa yg om sebut diatas

Tedy Sanjaya
Iya termasuk mas.

Tedy Sanjaya
Sadar kena GERD hampir 6 Minggu, tapi gejala2 GERD seperti anxiety, perut sakit sudah dari 6 bulan ke belakang (waktu itu belom tau kalo itu GERD).

Abrar
Mbak istiqomah udah endos? Hasilnya gmn mbak?

Istiqomah
ga berani endos....tp msk th ke 3 ni....udh mendingan

Mitro Bizhot No Limit
Sy jg disuruh dokter endos tp gak berani lagian sudah banyak teman2 yg udah endos tp sampai sekarang belum jg sembuh sy jadi pusing

Arina Manasikana
Sama pak Tedy Sanjaya pertengahan pebruari saya juga awalnya perut kembung,,susah bab ehh diagnosa malah tipes(padahal gak demam sama sekali)
Kena serangan gerd nafas nyesek jantung debar 5-maret(saat itu belum tau gerd,baru tau pertengahan maret ketika browsing)

Tedy Sanjaya Motoprix Region V
Endos bukan pengobatan mas, tapi melihat seberapa parah luka dilambung sehingga bisa ditangani dan diberikan obat dengan tepat. Jadi kalau udah disuruh Endos, Endos aja.

Tedy Sanjaya Fuad Masud
iya saya juga tiap berangkat dan pulang kerja anxiety sering timbul saya pikir itu cuma psikis saya aja yg stres, karena waktu itu perut baik2 aja. Eh ternyata lambung nya bermasalah.

Mitro Bizhot No Limit
Klo pake bpjs kira2 endosnya biayanya brp?

Tedy Sanjaya Tergantung rumah sakit, ada yg murah, ada yg mahal.

Mitro Bizhot No Limit
Klo mau urus bpjs itu diurus dikelurahan atau dmn? Klo disini blom ada yg endos harus ke ibukota provensi hampir 200km dari sini mas. Sy tanya dokter disini katanya biaya endos 3.5jt. Kemaren kata temen sy ada temen istrinya yg jg kena asam lambung tp dia udah kelihatan sehat tp dia diobati org pintar mas yg obati suku dayat mungkin bagus nya dicoba berobat kesana dulu ya sp tau cocok

Tedy Sanjaya
Waduh jauh juga ya, 4 jam perjalanan. Standarnya emang 3,5 juta. Tapi kalau di Siloam Karawaci tempat saya bisa 6-7 jutaan 😂

Mitro Bizhot No Limit
Pak tedy udah endos ya? Oh ya pak tedi gerdnya udah brp lama?

Tedy Sanjaya
Saya lagi nunggu antrian mas, ternyata banyak juga yg menderita penyakit ini hahaha. Saya baru sadar kena GERD 6 Minggu terakhir, tapi kalau gejala2 seperti perut sakit + anxiety udah dari 6 bulan ke belakang, waktu itu saya masih belum tau kalo itu GERD.

Arina Manasikana
Sama banget mas Tedy Sanjaya. Bedanya saya baru 2 bulan dengan diagnosa yang macem2

Tedy Sanjaya
Fuad Masud saya awal2 dirawat didiagnosa tipes sama dokter, tapi setelah cek darah, hasil lab menunjukkan saya gak kena tipes. Malah dikira stres, tapi akhirnya ketauan saya kena GERD.

Mitro Bizhot No Limit
Udah brp lama mas

Arina Manasikana
Waahh sama kayaknya sama saya mas Tedy Sanjaya
Saya curiga juga salah diagnosa pas tipes
Eh iya,,malah pas kena serangan gerd pertama saya di ronsen saat sedak nafas jadinya bronkhitis kronis...Lihat Lainnya

Songet Pulsa Kuota
Endos di blitar klo bpjs gratis ,tdk pke bpjs 2015 650rb klo gak salah.

Muhammad Kham
semisal untuk melapisi dinding lambung kita ganti pake tepung kanji/kerut gimana pak? dan untuk pembunuh bakteri kita pake madu murni.. dan seterusnya jaga pola makan, hindari pantangan, kelola stres dan olahraga.

Baca juga: Sesak nafas dan perut terasa kembung apakah penyebab asam lambung?

Tedy Sanjaya
Sebenarnya saya tidak menyarankan untuk tepung kanji karena belum ada penelitian ilmiah, kalau madu murni boleh.

Muhammad Kham
saya baca2 artikel di internet gitu pak, juga banyak saran dari keluarga saya, katanya banyak yang cocok.. tp menurut bapak tepung kanji itu bahaya gak sih pak buat lambung?

Tedy Sanjaya
Saya kurang tau mas berbahaya atau tidak, karena tepung kanji itu makanan sebagian rakyat Indonesia jadi sepertinya aman, tapi harus diolah terlebih dahulu. Kalau mentah gitu atau cuma dibuat larutan dikhawatirkan masih ada bakteri yang tertinggal.

Fakry Pak Tedy
Boleh tidak minum susu penambah berat badan ?

Tedy Sanjaya Harus dilihat kondisi lambungnya dulu mas, kalau masih sakit atau sering bersensasi, lebih baik jangan dulu. Silakan cek di internet apakah berat badan mas nya ideal atau tidak. Jika sudah ideal maka tidak perlu dinaikkan ya mas.

Amel Khanza
pak teddy klu sy makan udah doyan aktifitas dah bisa tpi yg ringan...tpi kok nafas masih sesek trus ditenggorokan itu kya ada lendir yg ga bisa keluar jga ga bsa msuk ...itu gman pak apa sy blm sembuh 50% atau pengaruh dri sy kurangi dosis lanzoprazolnya jadi 30 aja...

Arina Manasikana
Sama persis sama saya mba Amel Khanza..tenggorokan banyak lendir yang lengket
Mba sama pilek hidung kaya kosong gak,,gak ada lendirnya
Mba masi terapi obat,,setiap hari minum?udah berapa lama??

Risa Ristiana
Mungkin itu sinus atau alergi mbak.. coba di ronsen, saya jg sprti itu.. berobat ke THT pas dironsen ada semacam benjolan di hidung.. kt dokter y sih alergi.. dikasih obat semprot hidung

Arina Manasikana
Di ronsen hidung? Risa Ristiana
Dokter udah periksa mba tapi gak komen apa2,malah bilangnya" ibu ini cemas banyakin dzikir ya" hikss

Risa Ristiana
Muka yg dironsen.. tp kitanya tenggak..

Dedew Dewi Wd
Mbak Amel Khanza..minum lanzonya mau srpan pagi sma mau mkan mlm kah?

Zampin Zampin
Obat smprot di apotek adakah mbk?Saya juga banyak lendir di tenggokan dari flu tapi kok tdk ada ingus nya,hidung juga mampet,. Nelen liur rasanya gak enak ada yang nyangkut liur nya itu jadi sakit lama2 tenggorokan.

Amel Khanza apa krna kecapekan jdi sesek trus...tpi badan sy ga gemetaran.ga deg2an. sy obatnya lapraz ama racikan ..racikanya banyak penenangnya kyaknya kepala sy malah pusing pak teddy.

Tedy Sanjaya
Mba Amel Khanza iya sama2 mba, Untuk tenggorokan seperti ada yg mengganjal itu merupakan radang tenggorokan akibat asam lambung yang naik. Solusinya coba kumur air garam hangat di mulut dan di tenggorokan (kayak iklan Listerine), karena air garam bisa membunuh bakteri di tenggorokan, juga bisa memancing keluarnya lendir. Jadi lebih baik memang terus diminum lansoprazolenya 30mg x 2 kali sehari sampai dengan 4-8 Minggu. Karena kecapean bisa, dan kurangi obat penenang racikan karena khawatir ada yg gak cocok di lambung. Ganti aja dengan Braxidin, dia sama juga obat penenang tapi ini harus dengan dosis dokter ya. Untuk gold G saya gak konsumsi karena belum terbukti secara ilmiah. Kalau saya herbal konsumsi air rebusan biang kunyit atau temulawak, dan di pagi hari setelah bangun tidur minum air lemon hangat + madu.

Amel Khanza
sy obat racikannya braxidin ama alganax pak.. kunyit perut sy ga mau nerima pak tedy tambah sakit.

Tedy Sanjaya
Braxidin lanjutin aja mba gapala, setau saya itu obat paten mba, bukan racikan.

Amel Khanza
iya jdi ama dokternya dicampur ditaroh kapsul gitu ada 3 macem yg 1 macem sy ga tau apa tpi bdn sy enakan cuma ngantuk udahanya kpla agak pusing.

Tedy Sanjaya
Braxidin diminumnya malam hari sehari sekali ya mba

Amel Khanza
oh...gitu ya sy minum 2 x soalnya dokter ngresepin gitu emang pak pola pikir yg msih agak susah

Tedy Sanjaya
Coba malam aja mba, karena obat itu mengandung obat tidur..

Amel Khanza
oh ya udah sy kurangi deh mlm aja minumnya..

Amel Khanza
klu pagi sy minum air hangat trus pak tedy..trus minum madu trus minum jelly gamad gold g

Amel Khanza
bru sarapan trus minum obat dokter tpi mkan sy ga pantang maksudnya ada rasa cabe tpi ga pdes trus syur asem tpi ga asem banget ..gpp kan klu sy pntang bner malah lemes

Amel Khanza
tpi sy ngemil seringnya buah pear hijau ama biskuit bubur kacang hijau ga pake santen trus kdang energen rasa kacang hijau

Tedy Sanjaya
Coba setelah bangun tidur minum air lemon hangat mba , cara bikinnya :
1. Ambil air panas segelas
2. Terus potong lemon menjadi 2 roda, kemudian masukan ke air panas itu.
3. Tunggu lemon menginfused air, kurang lebih 5-10 menit, sambil ditutup atas gelasnya supaya awet panasnya.
4. Kemudian campurkan madu murni 2 sendok.
5. Minum selagi hangat.
6. Setelah minum itu, 10 menit kemudian harus langsung sarapan ya.

Amel Khanza
oh...gitu ya pak caranya insyaallah nanti sy coba deh...sy kdang perut ky ga bsa buang air pdhal bisa

Tedy Sanjaya
Buah pear oke, tapi lebih baik apel merah & pepaya. Bubur kacang hijau no santan oke sebagai cemilan diantara makan besar. Biskuit dan Energen jangan dulu karena mengandung susu dan pengawet.

Tedy Sanjaya
Itu efek samping obat lambung, makanya sering2 makan pepaya atau kalau doyan makan oatmeal kayak quaker oats

Amel Khanza
sy pernah pak mkan apel merah ada rasa asemnya dikit malah kumat aslam sy pak mkanya ga berani mkn apel lagi pling pisang raja pepaya melon itu aja kdang jus jambu merah tpi yg manis

Amel Khanza
sy bab tiap pagi agak encer ga pernah sembelit pak

Amel Khanza oatmeal itu bukanya pake susu kya energen pak tedy

Tedy Sanjaya
Apel itu biar asam di mulut tapi bersifat basa di lambung dan bersifat anti-inflamasi juga mba, jadi yg buat lambung mba kumat sebenarnya bukan apelnya, tapi pikirannya.

Tedy Sanjaya
Beli quaker oats mba, dia gandum utuh, cara buatnya diseduh pakai air panas.

Amel Khanza
tapi bener lo pak tadinya sy sering ngemil apel karna baca ktnya bagus nah pas kebeneran sy dpt yg agak asem langsung....kumat...waktu sy pulang ke jawa justru itu pas dimobil pas mau jln.ketawang mangu..msa mau refresing pikiran jlek sy kn laper sy ngemil tuh apel agak asem2 gitu trus pas sampe tawang mangu trun dri mobil langsung lemes kliyengan gemetaran pokoknya semuanya deh sensasinya ada pdhal dri rumah sy sehat semangat krna mau jln2 kan..

Tedy Sanjaya
Iya itu dari pikiran mba 😁

Amel Khanza
iya pak nanti sy coba beli quaker dimakanya sebelum sarapan nasi atau sesudahnya pak

Arina Manasikana
Mba Amel Khanza tau ciri aslam nya ngamuk dari mana??saya udah 2 bulan kena gerd tapi gak pinter2 bedain aslam ngamuk hehehe

Amel Khanza
kan sy mau refresing jln2 kegrojogan sewu disana sy mau ngademin pikiran pak..sy plng kmpung kan seminggu mau nenangin pikiran n udara dikmpung kan adem ...beneran pak sy ga bohong krna apelnya asem langsung aslam sy dteng heheh....

Tedy Sanjaya
Kalau ada sensasi luar biasa berarti aslamnya lagi ngamuk

Amel Khanza
asam lambung klu mau dateng tuh tanpa asalamuakum mbak langsung nylonong kya maling...heheh...bdn gemeter pandangan kabur kpla 7 keliling lemes kaki tangan kya kesemutan..deg2an serba takut pokoknya ky permen nano2....mbak...nafas sesek...buanyak sensasinya...

Indriani Ani
Masyaalloh..sungguh pencerahan yg membuat semangat...pak tedy ini apa dokter yaa...

Indriani Ani
Mbak amel khanza pak tedy sanjaya..kalo asam lambung ngamuk...apa masih bisa makan..sensasi2 itu semua saya merasakan tp anehnya saya bisa makan...saya kok jd bingung...

Tedy Sanjaya
Hahaha, bukan saya bukan dokter. Saya cuma engineer. Memang dulu kebetulan pernah kerja di asuransi kesehatan, berteman dengan banyak dokter dan yang ahli di bidang kesehatan. Jadi sering tanya2.

Amel Khanza
klo sy ga biss makan udah males lihat makanan mbak

Tedy Sanjaya
Kalo Asam lambung lagi kambuh, malah justru harus makan.

Arina Manasikana
Pak Tedy Sanjaya kalo tenggorokan berlendir tapi tidak panas
Ehh tiba tiba panass,,apa artinya lagi refluk ya
Knapa ya meski udah 2 bulan masih refluk,padahal udah di minumin lanzo.

Baca juga: Saran untuk penderita asam lambung biar cepat sembuh dan tidak kambuh

Tedy Sanjaya
Fuad Masud iya itu Reflux mba, makannya gak dipantang ya? Kalau udah enakan bandel lagi gak?

Arina Manasikana
Tedy Sanjaya saya pantang banget mas..saya kena serangan gerd pertama kali baru tgl 5-maret ini..sesak dan debar jantung alhmdlh berkurang
Hanya masi perut perih,,yang paling gak nyaman tenggorokan panas,radang,banyak dahak dan pilek
Saya pantangan ketat mas..

Tedy Sanjaya
Oh berarti masih masa pemulihan, saya kira dah lama. Sabar aja nunggu paling nggak 2 bulan ya, sambil rutin minum obat dan pola makannya diperhatiin.

Arina Manasikana
Iya... tapi saya gak terapi obat pak Tedy Sanjaya
Kalo pas butuh aja terapi obat
Kira kira kalo pengen terapi obat,,obat apa aja ya yang harus saya minum??
Awalnya memang saya sakit maag udah lama....
Terus pas sakit saya sampe di opname 2x karena diagnosa tipes+maag
Naah ketika setelah sakit maag+tipes itu,,saya kena serangan gerd tgl 5 maret

Tedy Sanjaya
Yaudah coba rutinin obat dokter dulu antara 4-8 Minggu, setelah itu baru dengan herbal.

Arina Manasikana
Kira kira terapi obat nya apa ya pak Tedy Sanjaya
Mengingat saya masih dengan gejala
1.tenggorokan dahak/lendir
2.pilek tersumbat parah
3.dahak di hidung malah keluar dari mulut
4.perut perih dan panas
5.suka berdehem karna berasa ada lendir yang lengket
6.tenggorokan kadang mendadak panas,,di pinggir lidah banyak bulatan2 dan bintik merah di lidah tengah
Kalo dada nyesek+jantung debar+ngos ngosan+rasa cemas+kebangun kalo malam krna cemas+cemas gak jelas alhamdulillah jauh berkurang

Tedy Sanjaya
- Lansoprazole 2x sehari, sebelum makan (siang, malam)
- Sucralfate 4x sehari 2 sendok makan, sebelum makan (pagi, siang, sore, malam)
- Mucosta 100mg, 3x sehari, setelah makan (pagi, siang, malam)
- Fucoidan 50/100 mg, 1x sehari setelah sarapan pagi.

Tedy Sanjaya
Untuk tenggorokan berasa ganjel itu coba kumur air garam hangat pagi sore malam, kumurnya di mulut dan di tenggorokan (kayak iklan Listerine)

Arina Manasikana
Kalo berasa ganjel sih gak mas Tedy Sanjaya tapi dahak banyak banget..kadang kalo beruntung keluar produksi lagii

Amel Khanza
pak tedy nexium diminum bareng fuciodan boleh ga pak

Tedy Sanjaya
Fuad Masud iya kumur air garam hangat ya

Tedy Sanjaya
Amel Khanza nexium sebelum makan ya, Fucoidan setelah sarapan pagi.

Amel Khanza
maaf pak teddy lemon bukanya asem bsa memicu aslam sy pengen coba tpi ga berani takut pak...

Tedy Sanjaya
Kalau lemon nya iya asam, tapi kalau dicampur air hangat + madu itu berubah jadi larutan alkali yang bagus untuk lambung.

Dedew Dewi Wd
Pak Tedy Sanjaya bisa diganti dengan jeruk nipis gak ya pak?

Tedy Sanjaya
Dedew Dewi Wd gak bisa mbak

Dedew Dewi Wd
Oh ya pak..klo cuka apel sma buah naga bisa tidak utk aslam?
Bpk klo masak sayur kyk sop gt syurnya smpai lembek atau masih keras gt?

Tedy Sanjaya
Cuka apel bisa, tapi lebih baik apel merahnya. Kalau buah naga cari yg benar2 matang ya mba. Kalo masak sayur gak terlalu keras, gak juga terlalu lembek.

Dedew Dewi Wd
Oke pak..trimakasih bnyk ya pak

Dedew Dewi Wd
Pak Tedy Sanjaya.. kenapa kalo minum sulcrafate sy jadi susah bab ya pak..?

Tedy Sanjaya
Efek samping nya memang salah satunya konstipasi mba

Amel Khanza pak teddy kalau nafas masih sesek terus solusinya apa ya ..makan dah doyan klu abis makan rasanya penuh sesek tpi klu udah sendawa lega nafasnya..perut dah ga sakit pak

Tedy Sanjaya
Bisa jadi porsinya kebanyakan atau ada pantangannya, kayak MSG itu gak bagus lho ya.

Amel Khanza
ga pak sy mkanya ga banyak klu udah rasa kenyang udah

Amel Khanza
msg itu ap ya pak apa sy udah menuju kesembuhan pak klu cuma tinggal seseknya aja.

Dedew Dewi Wd
Pak Tedy Sanjaya..beda rebapimide sama fucoidan apa ya pak? Sy kok minum rebapimide tmbh perih lambungnya

Tedy Sanjaya
Kalau Rebamipide itu anti-refluks mba, kalau Fucoidan vitamin lambung untuk menebalkan dinding lambung dan membunuh bakteri H.pylori. kedua2nua diminum setelah makan.

Dedew Dewi Wd
Oww gt yaa sy dresepin jg sii sma dokter rebapimide 2 kali sehari..tp fucoidan mahal bgt pak..sebiji dtempat sy 15ribu hehe..gak snggup beli pak..
Bpk sdh minum obt ppi brp lama ya pak?

Tedy Sanjaya
Fucoidan di tempat saya 39ribu dapat 10 kapsul mba ... Saya hampir 6 Minggu mba

Dedew Dewi Wd
Kok murah pak?itu yg brp mg pak?
Trs gmn prkembangannya?oh ya bapak minum rebapimide jg kh pak?

Tedy Sanjaya
Iya kalo Rebamipide mahal, 55rb 10 tablet. Fucoidan yg 50mg. Lebih enakan setelah minum 2 itu.

Dedew Dewi Wd
Klo dt4 sy trbalik pak fucoidan yg mahal hehe...itu bs dminum barengan kah pak?sy sii lmbung uda g bgtu perih tp msh sering ada rasa ngeganjel di dada pak..kyk ad btu bsr yg nekan gt pak

Tedy Sanjaya
Iya berbarengan setelah makan, itu karena asam lambung mba, PPInya minum terus ya.

Dedew Dewi Wd
Tp ppi dresepin sekali aj sma dokter sblum tdr pak..oh iya pak bs mnta pola makan bpk kh? Klo pagi bpk srpan buah aj spt yg dgrup atau bgaimana?bpk konsumsi omega 3 dan vit b kompleks jg kh?

Tedy Sanjaya
PPI maksimal memang 60mg sehari, atau setara dengan 2 tablet lansoprazole, atau 3 tablet omeprazole.
Pola makan :
-No goreng
-No Asam
-No pedes
-No Santan
-Hindari : Kopi, coklat, teh, susu sapi tinggi lemak.
Sayur : Bayam, Wortel, Labu Air.
Buah : Apel merah, pepaya, melon.
Makanan diantara makan besar : Bubur kacang Ijo no santan
Terapi herbal : Air lemon hangat + madu di pagi hari setelah bangun tidur sebelum sarapan. Setelah minum itu, 10 menit kemudian sarapan.
Terus konsumsi air rebusan temulawak atau biang kunyit sehari sekali, beri waktu 2 jam setelah minum obat dokter.
Kalau pola makan saya :
-Setelah bangun tidur saya minum air lemon hangat + madu, 10 menit kemudian saya sarapan pakai sop dada ayam.
- Setelah sarapan, saya minum vitamin Fucoidan dan Rebamipide.
- makanan antara makan besar saya makan bubur kacang hijau no santan, atau buah2an seperti pepaya apel melon, atau quaker oatmeal.

Dedew Dewi
Wd Oww oke pak..bapak gak pakai sulkrafate ya pak?

Tedy Sanjaya
Saya udah abis 3 botol mba.. jadi diberhentikan..

Dedew Dewi Wd
Oww gt ya pak..ktanya maksimal 8 minggu ya pak

Tedy Sanjaya
Iya, cuma saya berhentikan sendiri, karena udah mendingan, jarang perih2. Jadi sekarang yg masih jalan itu PPI nya aja.

Dedew Dewi Wd
Oww gt..ini sy mulai perih2 lgi..makanya pakai itu dlu

Dedew Dewi Wd
Oh iya pak edi buah naga boleh tidak ya utk penyakit gastritis?

Dedew Dewi Wd
Oh iya pak Tedy Sanjaya..minum ppi brp kali sehari terus diminum kapan pak?

Tedy Sanjaya
Standarnya 60mg per hari mba, kalau dijadikan obat itu omeprazole 3x sehari atau Lansoprazole 2x sehari. Kalau saya Sebelum makan siang sama sebelum makan
Tedy Sanjaya Saya minum lansoprazole, jadinya 2x sehari, soalnya paginya saya pakai herbal air lemon hangat. Kalau mba mau 3x sehari, pakainya omeprazole ya.

Dedew Dewi Wd
Minum sulcrafate dlu atau lanzo dly pak?

Tedy Sanjaya
Mana aja gapapa mba, toh sama2 sebelum makan.

Tedy Sanjaya
Tapi kalau sucralfate itu 4x sehari ya

Dedew Dewi Wd
Jdi bpk gak.minum vit b kompleks dan omega 3 spt dgrup kah pak Tedy Sanjaya?

Tedy Sanjaya
Enggak mba, karena Alhamdulillah saya sudah mulai bisa mengelola stres dan anxiety.

Dedew Dewi Wd
Oww gt ya pak..baiklah pak..terimakasih..sy msh bs menerapkan pola alkaline pak..lemes badan heehehe..srpan g cmn bs makan buah aja..srpan sy biasa kentang rebus..trs nnti cmlannya buah..siang sma malam bru menu lengkap.

Vta Peron
1. Minumlah obat yang berjenis PPI, Sucralfate, Rebamipide, dan Fucoidan selama kurang lebih 4-8 Minggu. Ini anjuran jenis obat atau resep ya??? Tolng dong disertakan jadwal minum'y. Trims

Tedy Sanjaya
Jenis obatnya mba ;
1. Sucralfate 4x sehari 2 sendok makan, sebelum makan (pagi, siang, sore, malam)
2. Rebamipide, 3x sehari setelah makan (pagi, siang, malam)
3. PPI, kalau untuk lansoprazole 2x sehari sebelum makan (siang, malam), kalau omeprazole 3x sehari sebelum makan (pagi siang malam)
4. Fucoidan, sehari sekali setelah sarapan pagi.

Dedew Dewi Wd
Pak Tedy Sanjaya..maaf pak mau nanya lgi itu lanzoprazol yg diminum 2 kali brpa mg ya pak?sy dresepin dokter 30mg sehari

Tedy Sanjaya
Iya kalo lansoprazole 2x sehari 30mg, kalo omeprazole 3x sehari 20mg. Karena maksimal sehari 60mg.

Dedew Dewi Wd
Ini mulai perih2 lgi perut sy pak.

Tedy Sanjaya
Kalau punya lemon, bagusnya pagi gini terapi air lemon hangat.

Dedew Dewi Wd
Mahal bgt lemon dt4 sy pak

Dedew Dewi Wd
Sulcrafate fungsinya utk apa ya pak Tedy Sanjaya?

Tedy Sanjaya
Melapisi lambung pengganti mukosa lambung sementara

Dedew Dewi Wd
Bapak sebelumnya juga perih2 ya lambungnya terus minum sulcrafate jdi gak perih2 lgi kah pak?
Oh iya pak rebapimide boleh dkunyah kh minumnya?

Tedy Sanjaya
Iya, minum sucralfate & lansoprazole sebelum makan. Rebamipide Setelah makan diminum pakai ait

Dedew Dewi Wd
Pak Tedy Sanjaya bisa minta resep herbal air rebusan temulawak kah?itu yg kering atau yg msh basah ya pak?sbrapa bnyak temulawaknya?

Tedy Sanjaya Temulawak basah atau kering gapapa, dikasih air seperlunya minum aja. Terus iris2 temulawak jangan terlalu kecil jangan juga terlalu besar, abis itu direbus deh sampe berwarna kecoklatan.

Dedew Dewi Wd
Klo basah katanya bkin perih dlambung ya pak?bner kah itu pak

Dedew Dewi Wd
Temulawaknya seberapa bnyk pak..sy ada yg keringnya aja pak

Tedy Sanjaya
5-10 potong sedang boleh dicampurin 1 liter air

RA Manalu
Pak Tedy Sanjaya saya ingin bertanya,saya sering keluar masuk rumah sakit karena merasakan pernyataan pada point 3 dan 4.Dokter menyatakan saya pembengkakan pada jantung dan ada cairan pada organ jantung,paru dan ginjal.Pertanyaan saya adalah apakah saya terkena penyakit Gerd? Obat apa akah yang harus saya beli karena dokter hanya memberikan obat jantung saja.Saya ucapkan terima kasih sebelum nya

Tedy Sanjaya
Banyak faktor bu, tapi kalau GERD sepertinya kecil kemungkinan. Bisa jadi karena pneumonia, edema, atau dari infeksi bakteri. Tetep minum obat jantungnya ya Bu.

Tedy Sanjaya
Melidox itu obat lambung yg ada penenangnya seperti Braxidin. Kalau meprobal itu vitamin b12 isinya.

Sari Asthy
Teman saya sdh s2 farmasi saja beliau tdk menganjurkan saya untuk minum obat kimia,tp klo sdh parah benar tdr apa2 selama sakit ny bs si tolerir lupakan obat kimia, msh byk obat herbal alami di sekitar kita sebagai penunjang penyembuhan, terapakan 3 pola saja( mkn, pikir dan hidup) inshaallah akan sembuh.

Ahmad As'ad
Minum obat medis selama 4-8 minggu berturut turut apa gak bahaya mas Tedy Sanjaya?tnp resep dokter apa boleh?

Tedy Sanjaya
Gak bahaya, boleh.

0 komentar