Sesak nafas dan perut terasa kembung apakah penyebab asam lambung?

Teman2 mau tanya..sesak nafas sama perut terasa kembung.makan gak makan terasa kenceng perutnya.apakah itu termasuk GERD? Lambung tidak terasa sakit atau perih.makan yang pedas2 atau gorengan pun biasa aza..apakah sy terkena GERD?

Comment:

Azani Dhiyaurrahman
Itu bukan ciri gerd mas. Ciri gerd yg paling utama adalah dada ato pangkal tenggorokan berasa panas, susah nelan ato gak nyaman saat menelan. Kalo refluksnya dah nyampe tenggorokan atas, bisa menyebabkan gangguan seperti mulut asem, suara serak, batuk kronis, dll..

Nugraha
Oh gtu mas? awalnya sih cuma sesek nafas aza, tapi makin lama ko perut jadi berasa kenceng. Siang ini sy mau di USG mudah2an hasilnya baik. amin.... makasih ya mas Azani Dhiyaurrahman masukannya..

Suwanti
sesak nafas juga salah satu tanda penyakit gerd, seperti saya.

Azani Dhiyaurrahman
Kalo memang mau lebih pasti apakah terkena gerd ato tidak, harus dengan endoskopi atas. Tapi kalo dari ciri yg mas Nugraha bilang itu, lebih ke sindrom dispepsia. Kalopun mas ada refluks asam lambung, itu tidak sampe mengiritasi esofagusnya. Dr usg, kalo dokternya cukup ahli, bisa keliatan gerakan lambungnya jg. Kumpulan gas dalam lambung juga bisa keliatan. Tapi dr usg, yg paling penting untuk dilihat adalah kondisi hati, kantung empedu dan pangkreasnya. Tp kalo gejalanya cuma seperti itu, kurasa hasilnya akan normal tuh.

Nugraha
Sindrom dispepsia itu apa ya mas?

Azani Dhiyaurrahman
Dispepsia itu adalah kumpulan keluhan2 di perut atas ato dada seperti ketidaknyaman, kembung, nyeri, mual, muntah, sendawa, begah ato sesak.

Nugraha
Oohh...klo dispepsia ini untuk makanannya di pantang gak mas???..obat apa yang bagus buat menghilangkan sesak nafasnya mas?

Nenny Wirodihardjo
Iya tanya saja dokter Azani Dhiyaurrahman...hi hi hi

Nugraha
Nenny Hariyani, oh beliau Dokter pantesan tau bnget. Benar2 sangat membantu informasinya.

Baca juga: Saran untuk penderita asam lambung biar cepat sembuh dan tidak kambuh

Azani Dhiyaurrahman
Waduhh, ngarang tuh.. whahaha... Aku mantan pasien hehe... Di grup ini, ada doktrr beneran, tapi dah beberapa kali dicolek2, gak mau nongol.

Azani Dhiyaurrahman
Pantangannya sama aja koq mas Nugraha seperti pantangan standar sakit pencernaan. Sesak napas tu bisa macam2 penyebabnya, misalnya karna refluks asam lambung, produksi gas dalam lambung yg berlebih, gerakan lambung yg lambat sehingga waktu pengosongan lambung jadi lambat, kram otot esofagus bawah, masalah psikis seperti cemas juga bisa bikin sesak napas. Makanya perlu diinvestigasi oleh dokter penyebabnya apa. Umumnya penyebab sesak itu mengganggu gerakan diafragma yaitu pembatas rongga perut dan rongga dada makanya bikin kita susah napas. Itu karna posisi lambung dengan diafragma itu sangat dekat. Sesaknya bukan seperti orang asma, tapi kita tetap bisa bernapas tapi terasa berat. Bahkan rasa beratnya itu bisa terasa sampe punggung.

Nugraha
Barusan saya habis di USG.. hasilnya semua normal, hanya dinding kantong empedu ada penebalan. Itu menurut Dokter USG.

Azani Dhiyaurrahman
Aku rasa itu normal2 aja mas Nugraha. Btw, mas tadi usg sehabis makan siang ya? Apa disuruh puasa dulu beberapa jam? Terus apa kata dokternya mas penyebabnya? Apa obat yg dikasi?

Nugraha
Kebetulan dari pagi saya belum makan mas, cuma mnum air putih. Obat yang dikasih Domperidone, Pariet, Rebamipide. Kalo penyebabnya sy gak tanya mas, lupa hehe..

Hadi Winata
Mba Nenny Hariyani mau tanya sedikit dong. sama mas Azani Dhiyaurrahman. itu kalo refluks asam lambung kan tenggorokan suka kaya ada yg ganjel. cara mengurangi/menghilangkan nya gimana ya? emang kadang2 saya suka makan gorengan sih...hehehehe

Nenny Wirodihardjo
Wah gimana ya? saat itu saya masih dalam pengobatan dokter...jadi ya minum obat. jika kuat lambungnya coba minum jeruk nipis peras dan teh herbal jahe kunyit pekak.

Azani Dhiyaurrahman
Minum obat anti reflux ato makan makanan alami yg bisa membantu meredakan refluksnya.. Minum herbal juga bs..

Atha Putri
obat anti refluks itu apa mas azani? dan makanan yg bisa membantu refluks apa contohnya mas?

Azani Dhiyaurrahman
Obat anti reflux itu ya kayak antasida, ranitidin dkknya, ppi, plus obat yg memperkuat tekanan les seperti domperidone dan sejenisnya. Makanan dan minuman yg bisa membantu mengurangi refluks seperti buah dan sayuran hijau tp yg mudah dicerna, gak asem dan gak menghasilkan gas lambung, teh chamomile, air seduhan kayu manis, lidah buaya, baking soda, dll... Makanan yg mengandung protein juga bisu membantu menguatkan les.

Atha Putri
ok siiip..makasiih infonya mas azani.

0 komentar