Penyebab Kliyengan dan Berbagai Gejala Akibat Asam Lambung Tinggi

# Penyebab Kliyengan dan Berbagai Gejala Akibat Asam Lambung Tinggi Lain & Beberapa Tips Mengatasinya (Terutama Pasien Gastritis yg mengalami Acid Reflux/GERD + Anxie + Psikosomatis)

# Penyebab Asam Lambung Tinggi & Tips Mengontrolnya Secara "Alami" Tanpa Obat (PPI, Ranitidine dll)

*Di ilhami oleh postingan kang Achmad Ramjanil, hatur nuhun kang :D

Beberapa penyebab kliyengan :

1. Gass pressure perut tinggi akibat decomposing makanan oleh asam lambung tinggi menyebar ke rongga dada, akibatnya sesak & nafas terganggu -> pasokan oksigen ke otak berkurang -> pusing- kliyengan

2. (Faktor Utama Mbah Kliyengan) Gangguan sistem saraf otak akibat sensitivitas lambung bermasalah (enteric nervous system), kliyengan bertambah.

3. Kekurangan zat besi & vit
B akibat penggunaan obat lambung (ppi dll) yg bikin lemas, pegal, hormonal terganggu dll, makin kliyengan :D (dr hiromi shinya)

Beberapa tipsnya :
Poin 1 :
-Hindari makanan bergas tinggi, seperti kol, kubis, umbi2an, kacang tanah, produk gandum/ terigu (biskuit roti dll), sayur mentah (rawfood) : sayur mentah lebih sulit dicerna & memberatkan keja lambung "meskipun" sudah dikunyah halus, sehingga memicu gas berlebih akibat proses decomposing oleh asam lambung (digest proses) terutama sayur bertekstur keras seperti sawi, wortel dll blm lg resiko residu peptisida & bakteri (ganti "tabungan" enzim & nutrisi dari rawfood dgn jus buah non ampas, ingat 95% enzim / nutrisi dr sayur & buah itu dari saripatinya, ampasnya hanya sebagai serat)
- Biasakan minum air hangat sbg peluruh gas di saluran cerna, sehingga memudahkan sendawa & buang angin

*60% produksi asam lambung akibat distensi perut (penembungan lambung), karena volume makan + gas pressure yg ditimbulkan makanan

poin 2
Hindari hal2 yg mengganggu sensitivitas lambung bermasalah secara langsung, yg pd akhirnya memperburuk kliyengan, seperti :
- Telat makan / membiarkan perut kosong lama, sehingga asam lambung balik mengiritasi mukosa lambung
- Pola makan buruk : seperti pedas, asam, berminyak & produk instan/ olahan pabrik (biskuit, roti, kue, "susu" kambing bubuk dll)
- Pengawet, pengembang & zat kimia pd produk instan / olahan pabrik jika terstimulir dgn asam lambung, akan menjadi "soda api" yg menambah & memperburuk peradangan lambung (prof gastro di bandung)
- Merokok, partikel asap rokok menambah resiko perforasi lambung (pencetus kanker lambung)
- Jemur pagi, melancarkan aliran darah & efektifitas herba / obat alami

*30% dari total asam lambung diproduksi dirangsang oleh antisipasi makan dan bau atau rasa makanan. Standar acuan kritea ada di atas

poin 3
- Ketika acuan pola makan di atas dapat diatur & diantisipasi = asam lambung "terkontrol" = penggunaan obat lambung seperti ppi (pariet, lansoprazole dll), h2 blocker (ranitidine dll) terminimalisir-stop penggunaan (hanya emergency)
- Makanan sumber zat besi & vitamin b yg relatif aman & baik bagi lambung bermasalah diantaranya, pisang raja, tahu putih, tempe, ikan air tawar, ayam kampung, beras merah/ putih/ hitam, oatmeal/ havermut mentah (perlu - pemasakan non instan seduh), anjuran konsultan gizi
- Suplemen sintetis vitamin B biasanya "hanya" melengkapi, sebaiknya didapati dr sumber makanan alami

*Dalam kasus lanjut, obat penekan asam lambung seperti ppi / h2blocker lebih diperlukan ketika ada faktor eksternal/ gangguan kesehatan lain pencetus asam lambung tinggi, seperti : infeksi bakteri hpylori, gangguan liver-empedu, tumor payudara (fam), saraf, diabetes, zollinger ellison (langka), genetik dll (Rata2 dialami pasien 35 tahun ke atas)

# Ketika poin2 di atas tepat diterapkan, tidak menutup kemungkinan dapat mengurangi gejala2 yg diakibatkan asam lambung tinggi, seperti sakit ulu hati, mual muntah, heartburt, sakit kepala, kembung begah, lemas, pegal, sakit tenggorokan, cemas berlebihan (anxietas) dan gejala refluks (gerd), pemulihan radang lambung (gastritis) dll

# Intinya pola hidup & makan back to nature, sila dikonsultasikan dengan dokter/ ahli gizi terkait, untuk menyelaraskan kebutuhan gizi harian

Maaf kalau kepanjangan & butuh kajian lanjut, silahkan dikoreksi dengan dasar ilmiah yg dapat dipertanggungjawabkan

Sumber : Pengalaman pribadi & anjuran berbagai ahli

comment:

Fauzan Ni'am
pola pikir nya kang anu inti nya

Ahmad Abu Azmi
Mungkin dari psikosomatispun bs

Fauzan Ni'am
itu kan intinya cek saya mah ....
soal na sebelum makan pasti mikir sieun kembung jeng nyeri di lambung

Kiara Sari
bisa kang, psikosomatis = gangguan pola pikir yg mengganggu kondisi tubuh, tp dalam kondisi lambung bermasalah (gastritis, gerd dll) menjadikan pola pikir rentan terganggu, mengingat pola perawatan & pengobatan yg kurang tepat diterapkan, saya pernah membahasnya di postingan lain

Marlinah Jahja
Klo makan timun boleh ga mas Kiara Sari?

Kiara Sari
boleh, dianjurkan setiap hari, salah 1 nya tinggi vit A

Marlinah
Jahja OK tq

Eza Alvian
kalo sayur/buah yg ber vitamin b teh apa aja?

Kiara Sari
ada dipostingan mas

Reny Indah Permatasari
Kalo kumat sy makan timun gak lama reda loh. Sama air putih hangat. Timun kaya vitamin C yah dan bikin perut adem krn banyak mengandung air :)

Kiara Sari
betul juga, buah & sayur tinggi vitamin C bagus u daya tahan & pemulihan organ tubuh, termasuk lambung

Dimas Irawan
timun bagusnya di masak dulu apa langsung di makan?

Kiara Sari
pasien gastritis lanjut, sebaiknya dimasak lembek

Dimas Irawan
okeeeee nyari havermout yg mrek ligo di supermarket kaya naga/giant ada nggk ya mad

Kiara Sari
itu saya dapat dr toko bahan kue mas, tidak harus merk ligo yg penting oat/havermout mentah (non instan)

Dimas Irawan
emm berarti merk apa aja asal masaknya yg harus di masak seperti mie ya mas?

Kiara Sari
betul mas, murni oat/ haver tanpa tambahan susu, perasa dll

Dimas Irawan
sip mas, tambah madu juga enggak boleh mas?

Kiara Sari
boleh mas, tambah gula aren juga boleh, tambah sayuran seperti timun wortel tomat manis lebih bagus tp tanpa gula aren/ madu

Reny Indah Permatasari
Kalo sy langsung dimakan. Enakkk adem diperut timunnya

Dimas Irawan
jadi seperti nasi tim ya mas?

Kiara Sari
ya mas

Arl Razy
Kadang bikin bingung ada yang boleh di makan ada yang tidak seperti poin pertama 😅

Kiara Sari
kondisional mas, tergantung tingkat penyusutan mukosa lambung (gastritis)

Arl Razy
Bagaimana cara kita mengetahui penyusutan mukosa ,, dan apakah penyusutan mukosa itu bisa sembuh

Kiara Sari
bisa sembuh, ya di endoskopi mas, asam lambung tinggi yg terus menerus indikasi penyusutan mukosa lambung

Arl Razy
Saya sudah endos ada luka dan gastritis erosiva . Saya tak mudah lapar dan klo tidak banyak makan parut sakit jadi klo bangun subuh karna perut kosong dari jam 10 - 5 tidak di isi makan perut perih setelah di Isis makan nyaman

Kiara Sari
ya kang, gastritis erossiva itu termasuk kondisi penyusutan mukosa lambung, pencetus utama aslam tinggi yg beresiko acid refluks (gerd), itu pentinggnya sebelum tidur minum obat golongan mucosta protect seperti sukralfat atau herba seperti bengkoang/ apel hijau u melindungi lambung kosong dr serangan balik aslam ketika tidur, bisa disebutkan sakit perutnya : 1.di atas pusar 2.perut rusuk kiri vertikal ke bawah 3.perut kiri sebelum pinggang

Dimas Irawan sari
bengkoang di campur madu boleh enggak mas?

Arl Razy
Sakit nya di atas pusar . Bengkoang di apain Mba

Kiara Sari
sebaiknya jangan dicampur apa2 mas, murni saripati bengkoang non ampas non tambahan air, fungsinya sama seperti sukralfat, melindungi saluran cerna dr serangan aslam ketika perut kosong (kerongkongan-lambung-usus halus)

Dimas Irawan
sehari berapa kali mas? dan waktu konsumsinya kapan aja?

Arl Razy
Berapa lama harus minum perasan bengkoang oh iya Mba apa bengkoang termasuk yg bergetah

Kiara Sari
tunggu sebaiknya perhatikan 4 poin pola makan lambung ini, hindari 1.pedas/ bumbu hangat merangsang 2.berminyak/ berlemak tinggi (seafood, kulit ayam ikan dll) 3.asam (non organik seperti cuka dll) 4.makanan & minuman instan (dgn unsur pengawet, penyedap, pengembang dll), itu standar yg harus diterapkan selama pengobatan lambung bermasalah, kalau tidak ya semuanya akan percuma :D

Dimas Irawan
sehari brapa kali konsumsinya mas ? waktunya kapan aja?

Arl Razy
Saya sudah pantangan cuma ada yg tidak bisa saya masih makan ikan atw ayam yg di goreng dan memakan roti dan kue. Sya pernah stop makan yg di goreng , roti dan kue hasil nya berat badan saya turun dan mudah sakit karna yg saya konsumsi nasi sama buah jujur saya tidak akan kenyang walau makan buah yg banyak. Bagai mana Mba apa kah pola makan saya menghambat penyembuhan karna 5 dokter Sppd k-Geh tidak melarang saya makan yg di goreng asal dalam kondisi normal sama tidak melarang makan roti dan kue

Kiara Sari
memang kompleks mas, bukannya mau mendebat dokternya, ibaratnya pasien gastritis+gerd butuh sinergi antara : 1.dokter sppd-kgeh 2.dokter ahli gizi (perbanyak, baik ahli gizi medis/ non medis) 3.dokter ahli saraf 4.psikolog/ psikiater (kondisional)

Arl Razy
Kadang dokter Sppd sama ahli gizi berbeda . Oh ya Mba apakah saya perlu ke dokter syarafdan psikiater . Klo boleh tau apa hubungan dokter syaraf dan psikiater dgn luka lambung saya. Karna keluhan saya cuma sakit perut apabila kondisi perut tidak di isi . Tidak ada yg lain

Kiara Sari
oh ya perut kosong itu = asam lambung balik mengiritasi lambung & bikin sakit perut, itu pentingnya tdk membiarkan perut kosong lama, untuk pola makan ya mungkin lebih bagus mengikuti dokter ahli gizi, sesuaikan dgn kondisi tubuh, kalori & nutrisinya, agar BB terjaga & pemulihan lebih cepat

Kiara Sari
lambung dengan otak ada saraf yg terhubung (enteric nervous system) itu penyebab mayoritas penderita lambung bermasalah rentan cemas berlebih (anxietas), stres, sakit kepala, pusing kliyengan dll

Adhe Nurul
klo sukam cair gmn om kiara sari, aman ga bwt asam lambung tinggi??

Kiara Sari
susu kambing cair segar relatif aman bagi lambung bermasalah, karena alkalis & mudah cerna (perhatikan juga kualitasnya) dibandingkan susu sapi, berbeda dgn "susu" kambing bubuk, selain tidak alkalis & pengurangan gizi, ditambah pengawet & zat kimia lain, bisa jd masalah bagi lambung & kesehatan

Adhe Nurul
ok om, mksi pencerahan nya, btw sebaiknya sehari brp kli minum ya dn wkt nya kpn aj, cz sy bngn tdr lgsg minum air hangat + madu.

Kiara Sari
jangan dibikin rebet lah bro, makan ketika lapar berhenti sebelum kenyang.. begitupun minum ketika haus.. hehe

Rita Purwanto
Alhamdulillah nemu obatnya,, lg pusing kliyengan mual dah 2 hr...mksh mas Kiara Sari

Kiara Sari
obatnya mudah & murah, menjalankannya yg tidak mudah & dibikin mahal :D

Rita Purwanto
Betul,,, nyatanya aq dah mulai kena sakit th 2007 dah sempat membaik br th ini mulai agak kambuh2 lg

Kiara Sari
memang mba kalau blm benar2 pulih bakal kambuhan, tp bisa sembuh "total" ko :D

Isnawaty Ibrahim
Obatnya apa mas Kiara Sari share donk

Novita Vita Aneta
om Kiara Sari dispesia bisa sembuh ?? terutama psikosomatis ??

Bk Basmin
Iya bagi resep dong..

Kiara Sari
bisa dong tante @Novita Vita Aneta .. psikosomatis itu gangguan pola pikir yg mempengaruhi organ tubuh, salah satunya gangguan pencernaan (dispepsia)

Kiara Sari
mba isnawaty & bk basmin : resep sudah ada di postingan, silahkan dicek :D

Novita Vita Aneta
caranya ??? aku udh gk ada sensasi tapi bangun tidur suka sedih sesaat knp yah hormon kah

Kiara Sari
setau aq untuk "sembuh" anxietas & psikosomatis akibat gangguan pencernaan memang tdk segampang itu tante, lanjut aja alkaline foods nya & selama therapy no cheating, ibaratnya itu detoksifikasi lah 1 bulan, disertai puasa lebih bagus, itu anggapanku lho :D

Dani Milanisty
obat mual kliyengan ap.??

Kiara Sari
"obatnya" ada di postingan mas :D

Novita Vita Aneta
aku diet 2 bulan loh om Kiara Sari

Kiara Sari
lanjut terus tante @Novita Vita Aneta, minimal 6 bulan + no cheating :D

Novita Vita Aneta
wahhhhh oce" blh ceathing asal tau batasnya. allah aja menghalalkan semua makanan asal dalam batas kewajaran hehehehehhh

Yudhistira Jodi
Bisa dijelaskan mas oatmeal / havermut mentah, apakah disupermarket ada? krn setau saya kebanyakan oatmel di supermarket yg instant semua..

Lufia Nisa
Mbk klo utk busui brp jam skali mkannya??

Kiara Sari
bebas mbak, kritea nya gini : 1.tidak bikin perut kosong lama 2.makan sedikit tp sering 3.makan berseling, nasi-buah-nasi-buah (u meringankan kerja lambug)

Lufia Nisa
Soalx klo sy mkanx 3 jm sekali diselingi ma buah jg....tp kpla k' mch ttp pusing gt yaa mbk

Kiara Sari
perhatikan jg kualitas makanannya mba, kira2 ini faktor unsur makanan penyebab pusing dll : 1.pedas/ bumbu hangat merangsang 2.berminyak/ berlemak tinggi (seafood dll) 3.asam (non organik seperti cuka dll) 4.makanan & minuman instan (dgn unsur pengawet, penyedap, pengembang dll)

Lufia Nisa
G mkan smua itu mz...tp ktanya kebanyakan makan nasi jadi asam diperut, bener g sih??

Kiara Sari
nasi = asam, sayur = alkalis/ basa, nah makannya bareng sayur mba, tanpa 4 poin di atas ya :D

Lufia Nisa
Iyaa mbk....klo tempe,tahu,ikan goreng jg g bleh kn brmnyak??

Kiara Sari
gorengan/ makanan berminyak itu : 1.sulit dicerna & merangsang aslam berlebih 2.mengendurkan otot LES, pencetus sakit ulu hati, sesak sakit dada dll

Lufia Nisa Iyaa mbk mkch

Yudhistira Jodi
artinya cara masaknya sama seperti masak mie instant (direbus) tdk diseduh dgn air panas?, waktu yg bagus u/ konsumsi oatmeal ini.. kapan mas?
Kalo yg merk "quaker oats" gimana mas?

Kiara Sari betul mas, u sarapan pagi bagus karena mudah cerna dibanding nasi & berkalori cukup terutama jika ada aktifitas tinggi di pagi hari

Kiara Sari
quaker kan oat instan, sudah "dicurangi" pengawet perasa dll pasien gastritis bisa sakit perut setelahnya & gangguan kesehatan lainnya

Dimas Irawan
nyimak terus.. jadi sarapan yg bagus pake oat, kalo laper lagi makan buah, siang baru makan nasi sayur ikan tawar yo mas kiara?

Kiara Sari
sarapan oat bagus, diawali jus buah non ampas lebih bagus.. ya mas semua protein hewani sebaiknya dimakan siang hari, ayam kampung ikan air tawar, daging sapi murni non lemak jg boleh (terutama bagi yg kekurangan BB)

Yudhistira Jodi
bedanya apa ya mas? oat yg dikonsumsi mas Kiara Sari dengan merk yg saya sebutkan.. kalo kasat mata sich gak ada bedanya sama2 keluaran pabik makanan, ada campuran pengawet dan bla..bla..bla..

Dimas Irawan
saripati bengkoang, sarapan oat, cemilan buah, makan nasi sayur ikan, cemilan buah,nasi sayur ikan,oat.. mudah ya mas hehe

Kiara Sari
mas yudhistira : oat instan seperti merk qu*ker itu sudah diproses lanjut & fortifikasi susu, perasa, pengawet & bahan kimia lain, mengingat zat kimia tsb berdampak langsung pada lambung (apalagi pasien gastritis).. kl merk yg saya sebutkan itu murni oat/ haver, ibaratnya beras yg dikemas pabrik

Kiara Sari mas dimas : sangat mudah & murah mas, kalau ditanya orang "apa herbalnya" ya itu :D

Dimas Irawan
fix saya baru ketemu ilmunya mas setelah lama nanya sama mas "kiara" wkwk karbo,protein,serat dapet semua dalam sehari ya mas

Yudhistira Jodi
tapi susah untuk konsisten, kalo dirumah okelah tapi kalo sdh dikantor hadeehh :(

Kiara Sari
mas dimas : hehehe ssst.. ya tidak ada itu istilah "kurang gizi", meskipun "tidak mantang" :

Kiara Sari
mas yudhistira : ya sebaik2nya pengobatan kembali lg pd diri sendiri mas :D

Dimas Irawan
whehehe iya mas jadi semua yg di butuhnkan tubuh kita dapet semua.. terapin mulai sekarang.. tunggu 5/6 bulan yo mas hehe

Kiara Sari
sip mas, 1-3 bulan jg enakan, seimbangkan jg dgn 1.jaga stres 2.jemur pagi & berkeringat (olga) 3. empat (4) poin pantangan yg sy share di grup bbm :D

Dimas Irawan
sip mas olga jemur pagi udeh di lakuin mas.. tinggal resep itu yg belom hehe

Kiara Sari
ya bertahap aja mas

Dimas Irawan
Mas saya beli yg merek quaker oats cuma bukan yg instan, tapi yg di masak dulu seperti mie.. boleh kan ya?

Kiara Sari
saya tidak tau & blm coba, liat aja komposisinya atau share foto disini

Yudhistira Jodi
saya juga quaker oats yg sperti itu

Kiara Sari
nah bisa itu, sorry saya pikir quaker yg seduhan, saya baru tahu ada quaker non instan juga soalnya saya blm coba & baru coba oat ligo itu (karena murah :D), kalau bisa foto kan komposisinya mas, itu hanya AKG

Martua Naibaho
Kalo quacker oat pilih yg warna biru, krn yg warna merah sdh ada tambahannta spt gandum jd mengandung gluten. Kalo yv biru 100 persen oat.

Eko Nurcahyo Yusmantoro
Kentang rebus aman mbk???

Ahmad Abu Azmi
Kentang rebus aman, sy suka makan sama steak sapi

Dimas Irawan
sebaiknya kentang rebus di makan pas dingin.. kalo anget/panas kandungan karbonya ngalahin nasi.. betul nggk mas
Kiara Sari aman mas eko, makanan yg beresiko itu ber unsur : 1.pedas/ bumbu hangat merangsang 2.berminyak/ berlemak tinggi (seafood dll) 3.asam (non organik seperti cuka dll) 4.makanan & minuman instan (dgn unsur pengawet, penyedap, pengembang dll)

Eko Nurcahyo Yusmantoro
Klo madu sebenarnya boleh apa gak? Klo boleh minum yg pas gmn? Trus jeli gamat gmn ya? Sy konsumsi itu jg.. O iya kecap boleh gak mb?

Kiara Sari
madu boleh, pola makan saya mengacu pada 4 poin di atas, sudah endoskopi & general check up mas?

Eko Nurcahyo Yusmantoro
Sdah semua mas, eco jantung, scan kpla, rongsen cek gula puluhan kali. Yang rapornya jelek endosnya mas.. Jli gamat gmn mas?? Prnh pake mas?

Kiara Sari
ya mas apa hasil endosnya? jeli gamat blm coba, tp testimoni bbrp member yg sudah pernah coba tdk begitu efektif, karena pengalaman sy pengobatan lambung itu tidak bisa fokus 1,, tp melibatkan semua pola makan & stres

Eko Nurcahyo Yusmantoro
Hasil endos gastritis kronis erosiva, tidak ditemukan koloni helicobacter dan duodenitis kronis aktif. Kata dokter katogori sedang. Ini dah berjalan 3 bulan mas.. Tapi yang 2 blan sy divonis jantung. Sampe sy general cek-up. Baru ditemukan penyakitku mas. Kecap boleh ms??

Kiara Sari
oh.. sudah duodenitis kronis ya, bile reflux juga kah? kalau penjelasan konsultan gizi saya sih semua produk instan/olahan pabrik yg berpengawet, penyedap pengembang perasa dll tidak baik bagi lambung mas, apalagi pasien gastritis, memang kadang kalau konsumsi "sedikit' tidak akan langsung timbul sakit perut, tp tau2 perut terasa kembung, panas, badan pegal dll dan jika jd kebiasaan kan kurang baik, mengganggu pemulihan lambung yg berjalan tdk sebentar

Kiara Sari
jd anggapan saya kecap tidak boleh selama pengobatan, seperti penjelasan prof julianto di bandung, pengawet & pengembang pada biskuit, kue & roti jika terstimulir dgn asam lambung (proses cerna), akan jadi semacam "soda api" yg beresiko balik mengiritasi mukosa lambung, dan memperburuk peradangan.. ya beliauenganjurkan pola hidup back to nature

Eko Nurcahyo Yusmantoro
Ya mas mmng iya klo makan roti dkk. Perut luar biasa.. Skrng sy seringnya mkan kentang rebus.. Hbis bingung mau mkn apa.. Obat yg tk konsumsi prosogan, redacid, guarposid. Braxidin sdh seminggu dihentikan.. Dan yang lain sdh dikurangi. Ktnya hasil usg perut sdh membaik. Tiap kontrol selalu diusg

Eko Nurcahyo Yusmantoro
Sy dari sakit tidak pernah muntah.. Sensasi tenggorokan sangat jarang. Dan skrng panas didada hampir tdk pernah.. Hnya rasa nyeri tapi itupun hnya bentar. Yang masih sring.. Yang dikatakan mas itu.. Perut panaas, kenceng.. Mkn dikit tapi terasa penuh..Badan terutama punggung pegal.. Mohon pencerahannya mas

Eko Nurcahyo Yusmantoro
Jam 6.30 kentang+ telur rebus. Jam 9 kentang lagi. Jam 11.30 mkn bubur+tahu. Jam 14.00 kentang lagi. Jam 16.00 buah pepaya. Jam 18.30 bubur+tahu. Jam 21 kentang sdikit minum madu+jeligmt. Mohon pencerahanya mas.. Sy bosan dan bingung.

Kiara Sari
memang mas, analisa sy pada pasien gastritis seperti mas butuh penanganan ketat antara menjaga stres & terutama pola makan, pola makan mas di atas sudah aman, cuma masalah lengkap bumbu yg dipakai saya tidak tahu, sedikit saja memakai bumbu "pantangan" beresiko membuat perut sakit panas perti yg mas sebutkan sebelumnya

Kiara Sari
untuk jelly gamat saya tidak tahu apa turut meningkatkan frekuensi aslam/ tidak, untuk pola makan arahan konsultan gizi saya : Daftar makanan yg dianjurkan u organ cerna : Karbo : oatmeal, beras putih /merah/ hitam Buah : pisang raja, pepaya, bengkoang, apel hijau/ fuji melon semangka buah naga merah Sayur : tomat manis, timun bayam tahu tempe wortel brokoli Hewani : ikan air tawar (jgn lele), ayam kampung, daging sapi murni non lemak terutama u menaikan BB, tanpa kulit & air rebusan, tanpa 4 unsur pantangan sebelumnya

Eko Nurcahyo Yusmantoro
Tak catat semua mas ini, tak tempel didapur. Mmng klo hbis makan lele perut gak karuan.. Gak enak. Tak kira bkn lelenya.. Tapi mas kt bnyak orang brokoli gak boleh termasuk dokter sy..

Kiara Sari
sip mas, cara masak & bumbu nya perhatikan 4 poin sblmnya ya, mayoritas lele diternak jorok jika menemukan yg bersih silahkan & yg dimakan pun hanya dagingnya saja, buang kulit & air rebusannya, karena itu tinggi lemak sulit dicerna & bikin perut perih panas dll

Kiara Sari
brokoli tempe tahu putih memang sedikit bergas di lambung, tp di sisi lain kita butuh gizi nya, tips u mengurangi gas nya bisa dgn rebus sampai lunak agar mudah dicerna, tdk terlalu banyak makan 3 menu tsb dlm 1 waktu, biasakan hanya minum air hangat sbg peluruh gas di lambung & saluran cerna, u memudahkan sendawa dll

Eko Nurcahyo Yusmantoro
Sebagai pemula yg kena gerd sy ucapkan terima kasih atas semua infonya.. Sudah 2 bulan lebih sy mnderita ini.. Opname dirmh skit 4 kali.. Setiap opnam dokter sy selalu bilang ini gak perlu dirawat dirmh skit, bs diatasi sndri dirumah. Yang dimaksud dokternya mungkin yang disarani mas ini ya??

Kiara Sari
sama2 mas, ya bisa jadi mas, bagi saya ini hanya pengaturan pola hidup saja seperti pola makan yg sehat & tepat, sedikit saja melenceng efeknya besar.. diimbangi jaga stres, jemur pagi & olah raga ringat juga membantu

Dimas Irawan
jahe merah aman kah mas kiara? makan sayur brokoli berarti tidak bisa di campur dengan makan tahu & tempe?

Kiara Sari
jahe merah aman mas, ini lg saya bahas di grup bbm, brokoli tahu tempe boleh dimakan bareng tp ya jangan kebanyakan karena ke 3 makanan tsb sedikit bergas

Dimas Irawan
beneran mas? mas kiara udeh coba? penasaran mode on hehehe

Kiara Sari
saya dulu minum jahe merah berbulan2 & hasil endos malah bagus, udah ente fokus pola makan aja dulu :D

Dimas Irawan
wkwkwk iya mas iya, pola makan sedikt sedikit udeh mulai bner mas.. mana yg bisa di mix mana yg enggak whehe

Suwandi Ran
Sy masalahnya di malam hari nih. Tidur maksimal cuma 3 or 4 jam. Abis itu kebangun. Perut perih kadang kyk di lilit. Kaki dan tangan kayak kesemutan. Di dada kyk panas2 gt. Setelah itu ga bs tidur lgi. Tenggorokan jg sering terasa kering smpai hrus telan ludah dlu bru enak. Itu kenapa sih? Klo perut di isi makanan dikit baru enakan

Kiara Sari
itu kondisinya gini : ketika perut kosong, asam lambung balik mengiritasi lambung-> perut perih melilit, dada panas dll... dlm kondisi mas biasanya dokter meresepkan 1.obai ppi sblm makan malam (mengontrol aslam tdk berlebih, pencetus masalah tenggorokan dada) 2.obat mucosta protector seperti sukralfat/rebamipide, setelah makan malam/ sblm tidur (melindungi serangan balik aslam terhadap lambung, pencetus sakit perut ketika perut kosong sewaktu tidur) 3.jaga pola makan (wajib, kalau tidak poin 1&2 percuma)

Suwandi Ran No 2 gk ad. Cuma ad ppi aja. Pola makan ud di jaga trus. Tp perihny kian hari kian nambah. Makan ga makan ga enakan trus. Itu apa samaa dgn mag kronis? Mualny spnjang hri meskipun ud minum ppi

Kiara Sari silahkan perhatikan lg penjelasannya mas / lebih bagus konsultasikan obat dgn dokter, u pola makan yg standar aman, bisa dicek 4 poin pantangan di komentar sblmnya, karena antara pola makan & pengobatan hrs seimbang, jika tidak ya percuma, sensasi timbul juga :D

Suwandi Ran Ok mas. Dlu mas sakit gini, perut ad perih ga?

0 komentar