Kalau yang sering lapar itu sebenarnya maag atau gerd?

kalau yang sering lapar itu sebenarnya maag atau gerd?

Comment:

Ade Bunda Daffa Smi
apa ya.. yg jelas ketika asam lambung banjir proses mencerna makan jadi cepat.. lambung jadi cepat kosong. makanya atur makan .. sering tapi porsi kecil....

Nola Mora
yg pasti kalau cepat lapar. bberarti produksi asam lambung nya tinggi/ berlebihan.

Azani Dhiya
Tidak kedua2nya mas. Justru lebih bagus sering lapar daripada cepat kenyang. Tinggal diatur aja waktu makannya pelan2 supaya bergeser ke jarak waktu mkn yg wajar.

Fitria MMh FirLy
Kalau cepet lapar terus pas makan cepet kenyang itu gimana mas..?

Azani Dhiya
Kalo ini yg rumit. Seberapa cepat kenyangnya, sberapa cepat laparnya?

Fitria MMh FirLy
Skitar 2-3 jam lapar tp setelah baru 4-5 suap sudah terasa kenyang atau mual kalau d tambah lagi... wajar ga.?

Fitria MMh FirLy
Perut udah terasa penuh...

Azani Dhiya
Owhhh... kalo yg begini berarti lebih dominan karena mudah kenyangnya mbak. Itu bisa karna gerakan lambungnya yg lambat.

Fitria MMh FirLy
Trus cara buat nyembuhin nya gmn mas.?

Azani Dhiya
Kalo aku dulu biasanya minum obat prokinetik saja mbak biar gerakan saluran cerna bagian atasnya lebih cepat. Jadi bisa makan lagi. Soalnya, waktu sakit dulu, bb sempat turun drastis. Kalo gak bisa makan, bisa tambah habis ne badan.

Fitria MMh FirLy
Dulu mas turun berapa kg,.?

Rhyu Gha
nyimak ah.. sebagai newbie mendengrkan mentor kaya bg azani.. hehehe

Isya ArMa EVa
Saya makan sehari bisa 6-7x...๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‚sebntar" lapar, kalo gak di turutin rasanya ky orang mau pingsan

Setia Quwh
Ampe skg masih suka lapar mb....

Didik Mangku Prodjo
Isya itu bisa 50kali dulu..

Uban Fabregas
Itu saya bgt mba, saya 8 x makan sehari kalo di tahan kaya mo pingsan dan jantung debar debar

Isya ArMa EVa
Uban Fabregas udah lama gans?

Uban Fabregas
Udah 6 bulan kaya gini, itu kenapa ya mba

Didik Mangku
Prodjo Saya juga gt mas urban.. tapi anehnya kalo buat puasa kuat

Uban Fabregas
Kemaren puasa akhirnya jebol juga,, keringat dingin nahan lapar,, kalo masih bisa puasa enak bangett,,,

Arfan Ode
6-7x juga. ada kemari yg posting dia sembuh pergi ke dokter saraf.... obatnya di minum malam paginya langsung 4 jam sekli makan.

Azani Dhiya
Kalo sering2 makan tapi gak sampe menyebabkan obesitas seh gak masalah.. hehe..

Azani Dhiya
Setauku, di bidang gastro, lebih cepat lapar itu bukan suatu hal yg serius. Yg jadi masalah adalah kalo cepat kenyang. Makan sedikit aja sudah merasa kenyang dan jadi jarang lapar. Hal ini merupakan salah satu ciri dispepsia. Hal ini bisa menunjukkan bahwa gerakan saluran cernanya lambat ato gak normal sehingga waktu pengosongan lambungnya lambat. Hal ini akhirnya bs menyebabkan kita jd kurang nutrisi dan bisa bikin efek lain di badan.

Ibra Trianto
Kalo makan cepet kenyang terus bebrapa jam kemudian berasa laper lagi itu knp mas?

Azani Dhiya
Ini sama jg sm yg di atas mas.. Coba dilihat di atas..

Azani Dhiya
Demikian juga sebaliknya, kalo kita cepat merasa lapar, itu bisa berarti bahwa waktu pengosongan lambungnya cepat. Banyak hal yg mempengaruhi kecepatan waktu pengosongan lambung. Bebarapa dugaannya diantaranya adalah misalnya karena kelebihan hormon gastrin, mungkn secara umum kita sebut dengan kelebihan asam lambung. Gastrin jg mempunyai efek yg bisa merangsang fungsi motorik korpus lambung. Korpus itu adalah bagian tengah lambung yg merupakan tempat yg paling utama sebagai tempat penyimpanan makanan sementara di lambung. Selain itu, gastrin juga bisa mempengaruhi aktivitas pompa pilorus dan sfingter pilorus. Pilorus adalah daerah perbatasan antara lambung dengan usus 12 jari. Makin cepat daerah ini berkontraksi, makin cepat pengosongan lambung yg terjadi.

Azani Dhiya
Selain pengaruh lambung, waktu pengosongan makanan juga sangat dipengaruhi oleh beberapa aktivitas hormon dan kerja saraf yg terjadi di usus 12 jari. Usus 12 jari adalah bagian saluran cerna yg terdapat ssdh lambung. Kecepatan pengosongan makanan di lambung jg sangat dipengaruhi oleh kecepatan pengosongan makanan di usus 12 jari. Makin lambat kerja usus 12 jari, makin lambat kerja motorik lambung. Di usus 12 jari ini jg dilepas enzim pencernaan dan cairan empedu. Kualitas dan kuantitas enzim dan empedu juga bisa mempengaruhi waktu pengosongan lambung. Makanya, suplemen yg mengandung enzim dipercayai bs menaikkan napsu mkn krn dia bs mempecepat waktu pengosongan lambung. Produksi empedu yg banyak jg bs mempercepat kerja usus 12 jari sehingga akhirnya bs mempercepat waktu pengosongan lambung.

Ari
Mba AZANI, aku kan ada aslam, tapi sidah agak enakan, tp tiba2 kepala pening bangun dari tidur kaya gelap sejenak, mata rasa ga nyaman. tadi tensi yg digital diangka 89/58. harus makan dan minum apa ya ?

Azani Dhiya
Mungkn mmg krn tekanan darahnya sedang turun aja mbak. Kalo memang sering kejadian seperti itu, bagusnya periksa ke dokter aja. Makan maknan bergizi lengkap, biar tekanan darahnya bisa normal lagi.

Diccha's Mine
Dampak asam lambung juga bisa

Ari
Ya tensi 80/60 dan dampak lambung yg blom normal kata dokter puskesmas tadi pagi.cma dikasih obat ANTASIDA DEON,RANITIDIN,VITAMIN B KOMPLEK

Azani Dhiya
Selain itu, ada bbrp hormon lain di lambung dan usus 12 jari yg terlibat secara aktip ikut mengontrol kecepatan pengosongan mkanan dr lambung. Waktu pengosongan lambung jg sangat dipengaruhi oleh kerja saraf saluran cerna. Memang suatu hal yg kompleks. Hal ini tentu dipengaruhi jg oleh sistem saraf pusat di otak terutama bagian hipotalamus, bagian yg mengontrol napsu makan, rasa lapar dan kenyang. Kerja hipotalamus ini jg banyak dipengaruhi bbrp hal.

Ari
Apa pusing karna darah rendah ?

Fitria MMh FirLy
Kalau cepet lapar tapi kalau d isi cepet kenyang juga itu knp...?

Arief Rusdi
kok mas azani dhiya bisa tau semua itu sih? mas dokter ya?

Azani Dhiya
Bukan mas. Pasien..hehe..

Siva Nuri Andayani
Azani Dhiya dokter cintah dia ๐Ÿ˜‚

Azani Dhiya
Dokter anti galao..haha..

Nana Nerina
mas Azani Dhiya kalau perut bagian atas terasa keras dan selalu bunyi2 tp nggak sakit itu pengaruh apa ya,saya sudah usg abodmen sama photo torax semuanya normal

Azani Dhiya
Bs jadi cuma karena gas di saluran cerna aja itu mbak. Selain itu, saluran cerna kita itu kan memang bergerak2 dia dalam mencerna dan mendorong maknan. Adakalanya, kalo kontraksinya terlalu kuat ato sedang meremas bagian yg ada gasnya, suaranya akan bisa terdengar ke luar. Yg penting bunyi2an itu tidak dibarengi rasa nyeri, itu masih normal koq.

Azani Dhiya
Walopun rasa lapar itu melibatkan otak dan bagi orang tertentu sangat susah mengontrolnya, tp sebenarnya bisa kita kontrol secara alami, dengan niat dan usaha yang kuat. Sebelum sakit, kita kan orang yg makanannya normal, dan kalo buat yg muslim dewasa kan biasanya aman2 aja kalo disuruh puasa. Kenapa saat puasa kita bisa nahan makan sampe lebih dari 12 jam. Itu membuktikan kalo kita bisa mengontrol keinginan makan kita dengan niat yg kuat yg mengontrol otak kita supaya tdk membuat lambung dan saluran cerna lainnya untuk mengeluarkan sinyal lapar yg berlebihan. Pada kondisi sakit pencernaan pun yg mengharuskan kita sering2 mkn, sbnarnya kita bs mengontrol keinginan mkn itu dgn cara memanjangkan jarak antar waktu mkn kita sdikit demi sedikit, misalnya kalo sblmnya kita hrs mkn tiap 2 jam, berikutnya kita bisa memanjangkan jaraknya menjadi 2,5 jam. Begitu terus dilakukan selama 2 minggu ato sampe bener2 terasa biasa. Kalo dah biasa dengan jarak 2,5 jam, berikutnya bisa kita naikkan lagi jadi 3 jam. Begitu seterusnya smpe kita bs mkn dgn mkn utama sebnyak 4 x sehari, ato 3 x sehari dgn 1 x mkann ringan. Kalo gak salah, cara sprti ini pernah diomongkan dengan mbak Isya ArMa EVa, gak tau apa pernah dicoba..hehe.. Dengan cara begitu kita yg mengontrol otak kita, bukan sebaliknya. Kita jg harus nyingkirkan perasaan cemas kita kalo telat makan sebntar langsung bisa pingsan. Tidak akan pingsan kalo cuma terlambat setengah jam. Pikiran seperti itu juga harus kita kendalikan. Harus mau mempelajari tubuh kita sendiri. Kita yg take control..

Ari
Kenapa mas ? Diperut, uluhati ada suara ky bergerak bunyi krukuk krukuk ?

Azani Dhiya
Baca komenku yg di atas mbak.

Azani Dhiya
Bentuk maknan yg kita makan juga mempengaruhi waktu pengosongan lambung. Makanan semi padat tentu akan lebih cepat dicerna lambung dibandingkan dengan maknan padat. Waktu pengosongan lambung orang normal yg makan makanan padat dengan porsi pas, disepakati berkisar antara 4 smpe 6 jam. Jd, untuk yg gampang lapar, coba perhatikan menu makan utama yg kita makan, apakah cukup padat. Maknan yg mengandung lemak berkalori tinggi sangat efektip untuk memperlambat waktu pengosongan lambung. Walopun maknan berlemak tinggi cukup dilarang untuk aslamer, tp buat aslamer tertentu yg terlalu cepat laper, bisa dipertimbangkan untuk menambah konsumsi lemak dlm menu dietnya. Selain lemak, yg cukup efektip buat menunda lapar adalah dgn mengkonsumsi banyak protein. Protein jg cukup aman buat aslamer yg gak bisa terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Isya ArMa EVa
SUper ๐Ÿ˜€๐Ÿ‘๐Ÿ‘pak

Azani Dhiya
Super apa? Dah dicoba belum tuh?

Isya ArMa EVa
Wkwkwkwkkk.... udah pak, tp anxieQ masih tinggi, jd gemter" gtu.taaaakutttt lagi. makan dah

Azani Dhiya
Asal gak bikin obese, gpp mbak... Tapi pasti besar banget yah biaya memelihara mbak... bentar2 makan..haha..

Isya ArMa EVa
Obesitas itu jadi gemuk oveeerr gtu ya mksdx?
Lha aq gak bisa gemuk"e... padahal makan banyak jg☺

Azani Dhiya
Iya mbak.

Isya ArMa EVa
Waah... justru aq pingin banget gemuk. tapi tetep kurus

Azani Dhiya
Kurusnya sudah bawaan badan dari dulu kan mbak? Sebelum sakit jg begitu kan?

Isya ArMa EVa
Dulu gemuk pak... makan sehari sekali aja tetap gemuk.. tp setelah sakit turun drastis,& belum bisa nambah lagi BB nya

Azani Dhiya
Asalkan bb nya gak turun terus, msh aman. Pikiran yg suka cemas dan stress, bs bikin susah naik bb walopun sdh mkn banyak. Hrs cukup tdr jg. Disana dah jam stengah 2 tu..koq blm tdr?

Isya ArMa EVa
Om Azani Dhiya aq susah tidur juga... apa pengaruh ke berat badan y??

Azani Dhiya
Pengaruh mbak. Orang yg kurang tidur itu bisa membuat metabolisme tubuhnya jd tinggi sehingga pembakaran lemak didalam tubuhnya bisa tinggi. Kurang tidur jg bisa menyebabkan stress fisik dan psikis, jd orang susah gemuk.

Isya ArMa EVa
Lahh... itu mungkin penyebabnya, tidur malam di atas jam 12 e... tidur sore gk bisaaa

Isya ArMa EVa
Omeprazole di minum sebelum atau sesudah makan sih sebenarnya pak?

Isya ArMa EVa
Kok aq di resepin sesudah makan

Azani Dhiya
30 menit sampe 1 jam sebelum makan mbak.. Siapa yg ngeresepin begitu?

Isya ArMa EVa
Sppd...

Isya ArMa EVa
Kalo misalnya sekarang kita lagi makan nasi..tunggu berapa jam lagi baru minum omeprazole

Azani Dhiya
Mungkin dia lupa sama pelajarannya waktu kuliah dulu..haha..

Didik Mangku Prodjo
Kl saya laperan jg.. kalau ga segera diisi nasi kliyengan.. sensasi kaya masuk angin lemas lunglai.. terus kadang mual. kalau diisi nasi biasanya langsung enakan

Rey Handi
Wah sama brow saya juga lagi ngalamin kaya gtu

Rey Handi
Apa ada mau sendawa tapi susah gtu...

Uban Fabregas
Saya tiap 2 jam harus makan kalo ngga kaya mo pingsan,, keluar rumah z mesti bawa bawa nasi,,,

Nana Nerina
mas Azani Dhiya kalau kita kurang tidur bisa mempengaruhi asam lambung ya?

Azani Dhiya
Pengaruh mbak. Kalo bisa tidur minimal 6 jam sehari, tanpa putus. Kalo bisa smpe 8 jam, lebih bagus lagi, memperbesar kemungkinan jadi cepat sembuh.

Indra Putra Zega
kalo kurang tidur bisa kena jantung koroner dan hepatitis loh mbak. usahakan tidur nyenyak

Azani Dhiya
Bagi yg masih harus sering2 makan, coba atur makananya seperti yg kusebut diatas, pelan2 dengan tekad kuat, Insya Allah, bisa.. Kalo jarak waktu makannya dah bisa lebih jarang, porsi makanannya bisa juga ditambah sedikit2..

Arfan Ode
tetap gak bisa...., kalau sudah lapar harus makan gak bisa untuk di tahan2 ..

Isya ArMa EVa
Makan sehari 6-7x tp gak gemuk"๐Ÿ˜€parnoooo

Azani Dhiya
Waktu sakit dulu, aku juga harus makan 6 x sehari, karna gak bisa makan banyak dalam satu sesi makan dan efeknya memang terasa lebih cepat lapar, jadi harus makan. Tp karena cukup mengganggu kerja, karena harus jaga makan terus, pelan2 memang harus dilatih supaya mendekati pola makan normal. Yg paling lama adalah ketika harus makan nasi 4 x sehari. Tp sekarang dah bisa 3 x sehari. Tp tetap dibiasakan ngemil dikit diantara waktu makan, biasanya cuma makan roti kering aja.

Nala Naura
Roti kering itu bagelan ya? Yg ada kejunya itu? Beuhhhh... Fav. Aku bgt itumah

Azani Dhiya
Koq roti kering? Bukannya aku favorit kamu..?..haha.

Rickyy Tobinkk
bro azani antimo aman gak untuk lambung

Azani Dhiya
Aman mas.

Aiko Zhang
Mas Azani Dhiya ,akhir2 ini saya sering lapar dan sering bab tapi bukan diare ya bab biasa, apakah ini pertanda saya mulai membaik? Saya didiagnosa gerd grade A melalui endoskopi dan dokternya bilang gas di lambung saya banyak, setelah terapi lansoprazol 2 minggu lebih dan mucosta serta setiap makan selalu ada sayur srgnya wortel dan saya jg makan buah, akhir2 ini saya jarang kembung, sudah bisa bab dan mudah lapar

0 komentar