Perut kembung sering sendawa dan kentut, apa itu GERD juga?

Halo, aku mau tanya. Udah seminggu lebih perutku kembung, sering sendawa, sering kentut juga. Ke dokter spesialis penyakit dalam katanya asam lambung tinggi, udah dikasih obat tapi dah mau habis juga. Kondisi masih sama kaya diatas, ditambah pas nelan kaya ada yang ganjel, pusing, lemas.

Apa itu GERD juga? Ada solusi dari temen2 biar agak enak badan? Thanks

Comment :

Ci Avuy Ronggo Lawe
Emang lama bro ga cukup berobat sekali langsung sembuh

Sony Hasan
Kalo GERD, nelen kaya ada yang ganjel gitu ya bro?

Ci Avuy Ronggo Lawe
Iya, rutin aja minum obat

Ci Avuy Ronggo Lawe
Makan teratur, jangan terlalu mikrin penyakit, malah susah sembuh,

Sony Hasan
Itu yang susah bro, kepikiran mulu karena baru sekarang kena penyakit begini..
Pola makan baiknya gmn ya bro?

Ci Avuy Ronggo Lawe
Teratur aja, kalo lapar ngemil, non minyak dulu di kukus, sayur bening ikan di kukus

Sony Hasan
Oke bro..

Sony Hasan
Ci Avuy Ronggo Lawe : bro, udah 2 hari setelah minum obat dokter saya malah jadi mencret. Lebih baik dihentikan aja dulu ya?

Ci Avuy Ronggo Lawe
Apa obatnya, bilang ama dokternya, dulu saya gunta ganti obat cari yg cocok sama lambungnya

Dewi Moech
Minum ppi dalam jangka panjang gpp gitu??

Ci Avuy Ronggo Lawe
saya 6 bulan

Sony Hasan
Dewi Moech : ppi itu apa mbak?

Ci Avuy Ronggo Lawe : obat sy lagesil sirup, lasgan (lansoprazole), dysflatyl....Lihat Selengkapnya

Dewi Moech Ppi
itu ya... seperti lanzo,ome,ranitidin..
Kayak gitu mas..

Dewi Moech
6 bulan?? sehari berapa kali mas Ci Avuy Ronggo Lawe

Sony Hasan
Dewi Moech : oh begitu, saya baru tau mbak. Emang ppi itu gak bagus digunakan jangka panjang mbak?

Ci Avuy Ronggo Lawe
2,pagi sore omeraprazol sy

Dewi Moech
Nggak tahu juga Seh mas,, saya juga nggak ngerti.
Saya paling kalau minum ppi seminggu kalau dah enakan ngk minum..

Dewi Moech
Biasanya kalau minum ppi itu nggak satu mas dikasih resep ma dokter nya.. suka ada pendampingnya.
Mas Ci Avuy Ronggo Lawe cuman ome saja tah yang diminum??

Sony Hasan
Dewi Moech : oh kambuhan gitu ya mba? Badan ada yang pegel ga mba?

maap ya banyak nanya soalnya baru sekarang sakit begini.

Dewi Moech
Wooohhh... jangan ditanya mas...
Semua berasa nggak enak mas..semua seluruh badan lara..
Iya saya mah kambuhan mas.....Lihat Selengkapnya

Ci Avuy Ronggo Lawe
Dulu banyak mba bertahap di kurangin, seminggu s x cntrol

Sony Hasan
Ci Avuy Ronggo Lawe : Mas, kalo makan tempe, tahu goreng boleh ga sih?

Dewi Moech
Saya makan segala nya mas..
Nggak pantrang,,asal jangan berlebihan.
Makan dan minum sewajar nya ya.

Sony Hasan
Dewi Moech : iya saya bingung nyokap masak pedes, saya ambil tempe sama tahu aja karena pikiran itu paling aman buat dimakan. Aku joss minum air anget mulu mba

Robby Zamora
Itu lah yg nama nya Gerd... saya udah 3 tahun seperti ini... masih berjuang

Sony Hasan
Hmm..
Mas jadi susah BAB gak?
Aku pas minum obat dokter malah mencret (maaf).. Beralih ke herbal aja apa ya?

Little Wong
Sony Hasan ane susah bab, teksturnya keras, kudu ngeden tapi ulu hati sakit kalo ngeden nya terlalu hebat

Sony Hasan
Kalo sy sebelum minum obat dokter tiap pagi pup normal, ngeden dikit aja.
Setelah minum obat malah jadi mencre* mas.
sudah berapa lama sakit mas?

Little Wong
Sony Hasan 7 bulan, saya gak mencret, keras kalo saya

Sony Hasan
Little Wong : udah berapa kali ke dokter mas?

Aryonobakung
klau menurutku Gerd tu masalahnya yang sakit itu bukan hanya lambungnya tapi ulu hati karena asam lambung tinggi sehingga naik ke ulu hati/ tenggorokan sehingga dada terasa sakit dan panasnya menyebar sampai ke pundak juga. kalau yg njnengan derita tu lbih kepada penyakit maag karena belum naik ke kerongkongan

Sony Hasan
tapi mas 2 hari yang lalu dadaku panas, terus pas malem kebangun gara2 sesak napas, ulu hati sakit, terus gemeteran juga.

Aryonobakung
kalau itu tanda-tanda gerd Mas, harus disiplin menjaga pola makan dan juga pikiran Mas. tidur min 2 jam setelah makan. posisi kepala harus lebih tinggi dari badan, karena asam lambung nya bisa naik kalo posisi tidurnya sejajar.

Sony Hasan
Iya saya baca2 katanya wajib berfikir positif ya. Btw kalo minum air hangat setelah makan boleh gak sih mas?

Little Wong
Sony Hasan sebaiknya tunggu 1 jam mas setelah makan baru minum, makan jangan terburu2

Aryonobakung
Ya betul, yg hangat saja jangan terlalu panas...

De Joe
mas njenengan sudah sakit gerd aslam sudah berapa tahun njih ?..

Wiwit Wijaksono
masih bisa aktivitas kerja dll?

Sony Hasan
Alhamdulillah bisa mas..
Cuma rasanya gak enak aja begini mas..

Aiko Zhang
Di kasih obat apa bro?

Sony Hasan
- Lagesil Sirup
- Lasgan (Lansoprazole 30mg)
- Disflatyl, ini buat kembung kayaknya

Aiko Zhang
Saya minum esomeprazol bro sudah sebulan lebih, mungkinhrs lama yg ppi nya baru ngefek, tapi kali ragu balik ke dokternya bro

Sony Hasan
Aiko Zhang : PPI itu apa mas? Sy yang lagesil sirup udah habis mas pas bgt hari ini. Jd cuma minum lasgan sama disflatyl aja, plus air anget terus.

Aiko Zhang
Ppi itu sejenis lansoprazole bro ada yg namanya omeprazol, kalo punya saya esomeprasol, kalo ppi nya memang harus terapi minimal 2 mgg bro tergantung keadaan kita, bahkan ada yg berbulan2 bro, kalo saya juga terapi madu

Sony Hasan
Aiko Zhang : oke makasih infonya mas. Tapi konsumsi obat mau saya kurangi dulu. Takut efek samping deh :(

Aiko Zhang
Esomeprazol, dosisnya juga saya kurangi bro, yg nyuruh dokternya ,katanya kalo sudah membaik disuruh ngurangi sendiri

Kazekage Mulkas
Air anget jangan lepas

2 komentar