Diskusi dan tanya jawab tentang penyakit asam lambung, gerd dan penyakit maag

Gimana sih cara mengatasi kembung karena maag?

Gimana sih cara mengatasi kembung karena maag ? Pengen deh makannya banyak lagi.. sekarang makan dikit aja langsung kenyang

Comment:

Azani Dhiya
Sejak kapan merasakan sensasi begitu mas? suDah minum obat apa aja..

Sansan Permana
Dah lama mas, dikasih dokter obat ppi antasid ppi episan

Nana Nerina
mas Azani Dhiya mulut terasa panas lidah agak perih dan telinga sebelah kiri juga panas, apa itu pengaruh asam lambung atau anxie

Shielvy Barnella
Minum acpulsif 5mg. bisa hilangin kembung & membantu kerja lambung plus gerd. Aku dikasih ITu Sama dokter. Lumayan bisa nambah porsi makan hehehe. di Minum sebelum makan.

Azani Dhiya
Mas Sansan Permana, kalo seperti itu keluhannya, harusnya mas ada dikasih obat prokinetik jg. Obat prokinetik itu obat yg bisa memperbaiki dan mempercepat gerakan saluran cerna, bikin tekanan lambung lebih kuat ke arah bawah dan mempercepat waktu pengosongan lambung. Keluhan mas itu bisa karna gerakan lambung mas yg lambat, jadi begitu masuk makanan, langsung terasa kenyang. Obat prokinetik jg bisa mengurangi sensasi mual. Penyebab lainnya dari sensasi yg mas rasakan itu bisu jg karena reflux asam lambung ato karena banyaknya gas dalam lambung. Obat prokinetik yang biasa dikasih dokter adalah domperidone. Yg sejenis dengan domperidone adalah metoclopramide. Acpulsif seperti yg disebut mbak Shielvy Barnella itu isinya cisapride, juga termasuk prokinetik walaupun kerjanya agak berbeda dengan kedua obat yang kusebut sebelumnya. Cisapride itu spektrum kerjanya lebih kuat dari domperidone dan metoclopramide, karena bisa menstimulasi gerakan saluran cerna sampe usus besar. Kalo domperidone dan metoclopramide, menstimulasi hanya sampe usus 12 jari. Metoclopramide mungkin sedikit lebih kuat dan sedikit punya efek sampe usus halus. Obat2 ini juga punya efek mengencangkan otot sfingter2 di saluran cerna termasuk les. Justru untuk kondisi seperti mas itu, obat2 seperti yang kusebut tadi yg lebih perlu. Kalo ppi dan antasida, karena dia punya efek menghambat produksi dan menetralkan asam lambung, akibatnya bisa memperlama waktu transit makan di lambung karena aslam yang kurang, sementara asam lambung itu berguna buat mencerna makanan. Jadi akibatnya, makanan akan lebih lama tinggal di lambung. Hal ini bisa menimbulkan mual. Tapi obat2 ini memang bisa mengurangi sensasi kurang nyaman di perut walopun punya efek memperlambat pencernaan makanan. Kalo mas gampang kenyang, resikonya jadi gak bisa makan. Kalo gak bisa makan, bisa kurang gizi dan badan jadi tambah kurus. Kalo sudah begitu bisa mengundang sensasi yg macem2. Kalo sensasinya sudah lama, sebaiknya mas ganti dokter aja, jangan dibiarin lama2 seperti itu.

Shu She
Obat itu yg mas sebutkan tadi apa bisa dibeli tanpa melalui resep dokter, saya udah banyak ganti dokter tapi selalu dikasih obat yg sama,kebetulan saya jg punya sinus,, jadi obat yg selalu dikasih seperti dexaanta, lanzo, rantdin,, tidak ada obat yg anda sebutkan itu mas.. apa obat yg dikasih dokter tersebut memang kurang kerjanya buat lambung,,

Shu She
Jadi kesimpulannya mas.. kalo kita makan cukup gizi,, terlebih banyak seratnya bisa mengurangi gas di lambung ya ?

Shu She
Saya rasa benar juga x ya,, mungkin akibat pola makan yg kurang banyak, lambung bekerja extra berat mengolah makanan sehingga menekan gas yg berlebihan,, makanya kita jadi berasa kenyang karena gas ketambah kenyang karena diisi makanan,,,

Azani Dhiya
Obat yg kusebutkan diatas dijual bebas koq mbak. Obat yg mbak sebut itu, semua berfungsi untuk mengurangi dan menetralkan asam lambung. Tidak ada obat prokinetiknya. Kalo lambung kita tidak ada cedera, belum tentu kita perlu minum obat2 seperti itu. Dokterku juga pernah bilang begitu, karena pada dasarnya kita sangat memerlukan asam lambung. Walopun lambung itu sangat asam, dia juga punya sistem pertahanan sendiri yg rumit yang bisa melindungi dinding lambung dr aslam. Aku dulu termasuk yg tidak begitu lama minum ppi. Aku lebih sering dikasih antasida dan diminum kalo perlu sampe keluhan reda, plus dikasih obat prokinetik. Obat prokinetik ini yg cukup lama aku minum karena melihat keluhan aku yg dominan apa, dan memang terakhirnya divonis ke dispepsia fungsional, walopun awal2nya ada juga gejala gerd. Maklumlah, karena aku belum sempat endos dulu, jadi semuanya dilihat dari keluhan2 yg kurasa aja.

Azani Dhiya
Hampir semua makanan akan menghasilkan gas saat dicerna dan diolah disaluran cerna, tapi ada makanan ato minuman tertentu yg memang bisa menghasilkan lebih banyak gas. Selain itu, harus perhatikan juga cara makan kita karena sebagian besar gas lambung itu berasal dari udara yg tertelan saat kita makan. Jadi usahakan kalo makan itu harus dikunyah halus, pelan2 dengan mulut tetap tertutup. Jangan makan terburu2. Selain karena tertelan udara saat makan, gas dalam lambung juga bisa berasal dari difusi balik gas yg berasal dr darah lewat pembuluh darah dan gelembung gasnya masuk ke lambung. Istilah orang seperti masuk angin. Selain itu, gas lambung jg bisa berasal karena proses pembentukan bikarbonat pada dinding lambung sebagai salah satu pertahanan alami dinding lambung terhadap asam lambung. Jadi, setiap orang pada lambungnya memang akan menghasilkan gas ato gelembung udara karna proses itu, tapi ada yg sedikit, ada yg berlebih. Dan karna gerakan peristaltik lambung, gas2 itu harusnya turun ke bawah sebagai jalurnya yg benar, bukan tetap numpuk di lambung ato malah nekan ke atas bikin kembung begah sampe kita jadi susah makan dan mual.

Azani Dhiya
Mbak Nana Nerina, itu memang bisa karena pengaruh reflux aslam. Masalah kecemasan, secara teorinya, memang bisa juga menimbulkan sensasi seperti itu. Tapi buatku, info mengenai efek kecemasan itu memang terlalu luas, jadi terkesan kayak sapu jagad, efeknya bisa kemana2 dan jadi gak jelas hubungan sebab akibatnya, karena berhubungan dengan masalah psikologi. Coba mbak periksakan ke dokter tht aja, jadi bisa dicek secara fisik bukan psikis.. hehe.

Jeuis Al Kasih
Mas Azani Dhiya kenapa ya,Saya mkn nya sering,ngemil jg tpi ko beratbadan bukannya naik mlh turun terus,padahl udah gk Ada sensasi lgi...

Azani Dhiya
Sering aja terus makan dan ngemilnya mbak. Bb turun itu juga bisa karna pikiran yg belum tenang, masih mikirin penyakit ato mikirin soal penampilan badan yg agak berubah karena sakit. Coba usahakan lebih cuek soal bb, jangan mikirin soal bb terus, jgn sering2 nimbang badan, cukup 1 bln sekali aja, jgn sering2 ngaca apalagi pake kaca yg selebar badan, makan maknan bergizi lengkap, banyak minum air putih, rutin minum madu, cukup tidur dan rutin olga. Dan harus bisa cuek dengan apapun orang komen soal penampilan kita yg lebih kurus. Yg penting, sehat dulu. Penampilan, urusan nanti.

Jeuis Al Kasih
Hehe,itu yng saya Lakukan setiap Hari, sehari bisa 3/4x Saya gak pernah olahraga, tapi setiap Hari jalan kaki ke busstop 15mnt.. Madu yng bagus apa ya mas Azani Dhiya soalnya setaun konsumsi madu gak Ada perubahan padahal dah mencoba berbagai merk

Sansan Permana
Tapi mas perut saya memang membesar buncit kembung seperti ada gas

Azani Dhiya
Kelebihan gas di saluran cerna terutama lambung juga bisa bikin cepat kenyang karna perut terasa penuh terus.

Danny Denis
Harprian Obat untuk mengurangi kelebihan Gas di Saluran Cerna / lambung yg Cocok dan Bagus apa Bang Azani Dhiya

Azani Dhiya
Biasanya dokter memberikan disflatyl. Minum suplemen enzim ato suplemen probiotik juga bisa mengurangi gas di saluran cerna.

Danny Denis Harprian
Ok Bang Trims

Indah Widiasari
Mas Azani Dhiya aku juga gmpang kenyang makan gak bisa banyak, kalau kebanyakn pasti begah tapi anehnya gak mual apa harus minum obat jenis prokinetik

1 comments:

  1. Aku kena gerd dan dispepsia kronis...saat mkn kembung dan begah bgr rasanya. Keringat dingin dan agak pusing. Obat dari dokter hanya omeprazole,cefixime,ulsidex. Tp kok ga ngaruh ya. Tetep aja perut ga enak dan jadi depresi sendiri mengalami penyakit ini. Pdhl udh berusaha tenangkan pikiran biar ga stress tp asam lambung tetep jg dtg lg..dtg lg..harus ya biar cpt sembuh.??

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar mengenai permasalahan peyakit gerd dan asam lambung yang Anda alami dibawah ini.

Copyright © 2015 Diskusi Asam Lambung - Gerd | Design by Bamz