Diskusi dan tanya jawab tentang penyakit asam lambung, gerd dan penyakit maag

Pernapasan dan sesak nafas pada asam lambung begini cara mengatasinya

sesak nafas karena asam lambung
Repost.. By Azani Dhiya
Didukung oleh bbrp sumber gastroenterologi..
Maaf kalo agak panjang, semoga bermanfaat.

PERNAPASAN DAN SESAK NAPAS PADA ASLAMER

Pernapasan (respirasi) adalah suatu kegiatan untuk memperoleh oksigen dari udara bebas untuk dimasukkan ke dalam darah melalui paru2 dan digunakan oleh sel tubuh, dan mengeluarkan karbondioksida yg diproduksi oleh sel tubuh ke udara bebas melalui paru2 jg. Sel tubuh memerlukan pasokan oksigen yg terus menerus untuk mendukung reaksi kimia didalam tubuh yg menghasikan energi. Karbondioksida yg dihasilkan selama reaksi tersebut harus dikeluarkan dari tubuh dengan kecepatan yg sama seperti laju produksinya untuk mencegah fluktuasi pH (derajat keasaman) tubuh yg berbahaya. Jadi salah satu fungsi pernapasan itu adalah untuk menjaga keseimbangan asam basa tubuh karna karbondioksida menghasilkan asam karbonat yg bisa membuat darah dan tubuh jadi lebih asam kalo gak segera dibuang ke udara bebas. Sistem pernapasan berperan dalam menjaga keseimbangan pH dengan mempertukarkan oksigen dan karbondioksida antara udara bebas dan darah melalui paru2.

Paru2 menempati sebagian besar rongga dada (toraks). Dinding dada luar dibentuk oleh 12 pasang tulang iga melengkung yg berhubungan dengan tulang dada (sternum) dibagian depannya dan tulang punggung (vertebra torakalis) dibagian belakangnya. Sangkar iga merupakan tulang pelindung bagi paru2 dan jantung. Otot rangka menghubungkan struktur tulang2 ini dan menutupi rongga dada. Diafragma yg membentuk lantai rongga dada adalah suatu lembaran otot rangka yg lebar, berbentuk kubah dan memisahkan rongga dada dgn rongga perut (abdomen). Diafragma hanya ditembus oleh esofagus dan pembuluh darah yg melintasi rongga dada dan rongga perut. Sprti pd paru2, dinding dada juga banyak mengandung jaringan ikat yg elastis. Setiap paru, dipisahkan dr dinding toraks dan struktur lain disekitarnya oleh suatu kantong tertutup berdinding rangkap yg disebut dgn kantong pleura. Bagian dalam kantong pleura biasanya disebut dgn rongga pleura. Permukaan pleura mengeluarkan cairan dalam pleura (intrapleura) yg tipis yg melumasi permukaan pleura ketika keduanya saling bergesekan sewaktu pergerakan napas. Cairan intrapleura dapat dianggap sebagai perekat ato lem antara bagian dalam dinding toraks dan paru. Karna adanya ikatan perekatan tersebut, ketika bernapas, saat dinding toraks mengembang, paru2 jg ikut mengembang. Satu hal lagi yg membuat paru2 mudah mengembang adalah krn tekanan udara luar yg lebih besar drpd tekanan intrapleura.

Seperti kita ketahui sejak dulu, bahwa udara mengalir mengikuti penurunan gradien tekanan ato secara simpel sering dikatakan udara mengalir dari area bertekanan yg lebih tinggi ke area yg bertekanan yg lebih rendah. Dengan demikian, tekanan dalam paru2, harus lebih rendah daripada tekanan udara luar agar udara mengalir masuk kedalam paru2 sewaktu kita menarik napas (inspirasi) dan hareus lebih tinggi drpd tekanan udara luar agar udara bs mengalir keluar paru2 sewaktu kita menghembuskan napas (ekspirasi). Otot2 pernapasan yg melakukan gerakan bernapas tidak bekerja langsung pada paru untuk merubah volumenya tetapi otot2 tersebut bekerja dengan merubah rongga dada sehingga menyebabkan perubahan serupa pada volume paru2 karna dinding rongga dada dan dinding rongga paru berhubungan melalui daya rekat cairan intrapleura dan karna adanya perbedaan tekanan seperti yg disebutkan sebelumnya.

Otot2 inspirasi utama, dalam hal ini, otot yg berkontraksi untuk melakukan inspirasi sewaktu bernapas tenang adalah diafragma dan otot interkostalis eksternal (otot interkostalis luar). Sblm permulaan inspirasi, semua otot yg terlibat dlm respirasi berada dlm keadaan relaksasi. Pada saat inspirasi, kontraksi otot2 inspirasi membuat rongga dada membesar. Otot inspirasi utama adalah diafragma yg dipersarafi oleh saraf yg disebut dengan saraf frenikus. Diafragma dalam kondisi relaksasi berbentuk kubah yg menonjol ke atas kearah rongga dada. Ketika berkontraksi, pd stimulasi oleh syaraf frenikus, diafragma turun dan memperbesar volume rongga dada dgn meningkatkan ukuran vertikal (dari atas ke bawah). Selama pernapasan tenang, diafragma menurun sekitar 1 cm selama inspirasi, tp selama pernapasan berat misalnya saat berolahraga ato sedang dlm kecemasan hebat, diafragma dpt menurun sebesar 10 cm. Dinding abdomen, jika melemas, akan menonjol keluar sewaktu inspirasi krn diafragma yg turun menekan isi abdomen ke bawah dan ke depan. Tujuh puluh lima persen pembesaran rongga dada sewaktu bernapas tenang dilakukan oleh kontraksi diafragma. Kontraksi otot interkostalis eksternal, yg serat2nya berjalan ke bawah dan ke depan antara dua tulang iga yg berdekatan, memperbesar rongga dada dlm posisi lateral (sisi ke sisi) dan antero-posterior (depan ke belakang). Ketika berkontraksi, otot interkostalis eksternal mengangkat iga dan kemudian sternum ke atas dan ke depan. Saraf interkostalis mengaktifkan otot2 interkostalis ini selama inspirasi.

Pada akhir inspirasi, otot inspirasi melemas. Diafragma mengambil posisi aslinya yg sprti kubah ketika melemas. Ketika otot interkostalis eksternal melemas, sangkar iga yg sebelumnya terangkat, turun kembali karna gravitasi. Tanpa gaya2 yg menyebabkan pelebaran dinding dada dan juga paru2, dinding dada dan paru yg semula teregang akan kembali ke bentuk semula krn elastisitasnya, sprti balon yg dikempiskan. Sebagai catatan, karena diafragma adalah otot inspirasi utama dan relaksasinya jg menyebabkan ekspirasi, gangguan otot interkostalis saja, tdk secara serius mempengaruhi pernapasan tenang. Namun, gangguan aktifitas diafragma akibat gangguan otot atau saraf akan menyebabkan gangguan pernapasan. Untungnya saraf frenikus yg mengontrol gerakan diafragma, persarafannya berasal dari tulang belakang di daerah leher dan kemudian turun ke diafragma di dasar toraks. Karna itu, orang yg mengalami kelumpuhan total dibawah leher akibat trauma pada tulang belakang, masih dapat bernapas, meskipun mereka telah tidak dapat menggunakan semua otot rangka di lengan dan tungkainya.

Selama pernapasan tenang, ekspirasi normalnya merupakan suatu proses pasif, karna dicapai oleh kembalinya volume paru secara pasif ketika otot2 inspirasi melemas, tanpa memerlukan kontraksi otot atau pengeluaran energi. Sebaliknya, inspirasi selalu aktif krn ditimbulkan hanya oleh otot inspirasi dgn menggunakan energi. Ekspirasi dpt menjadi aktif untuk mengosongkan paru secara lebih tuntas dan lebih cepat daripada yg terjadi pada pernapasan tenang misalnya ketika bernapas saat berolahraga.

Otot ekspirasi yg paling penting adalah otot dinding abdomen. Sewaktu otot abdomen berkontraksi, terjadi peningkatan tekanan intra abdomen yg menimbulkan gaya ke atas pd diafragma, mendorongnya semakin ke atas kedalam rongga dada sehingga ukuran vertikal rongga dada semakin kecil. Otot ekspirasi lain adalah otot interkostalis internal (otot interkostalis dalam) yg kontraksinya menarik turun tulang iga ke arah dalam, mendatarkan dinding dada dan semakin mengurangi ukuran rongga dada.

Dari uraian diatas, terlihat betapa pentingnya diafragma dalam mendukung proses bernapas kita. Secara anatomi, diafragma itu adalah merupakan otot rangka yg fleksibel yg memisahkan rongga dada dgn rongga perut sprti terlihat pd gambar di bawah. Dlm hubungannya dgn saluran cerna, salah satu yg menembus diafragma adalah esofagus yg bersimpangan dgn diafragma pada ujung bawah esofagus, tepatnya bagian yg sering kita sebut dgn LES (Lower Esophageal Sphincter). Cengkraman otot diafragma disekitar les itu jg berperan untuk meningkatkan tekanan cengkram ato memperketat les sehingga fungsi les dalam mencegah reflux isi lambung ke esofagus menjadi optimal. Itulah kenapa, pada orang yg menderita hiatal hernia tipe sliding, dimana lesnya itu bergeser ke atas dan masuk kedalam rongga dada melewati diafragma, hal ini akan menyebabkan lesnya menjadi lemah ato incompetent sehingga kemungkinan reflux isi lambung ke esofagus menjadi tambah besar.

Baca juga: Siapa yang sudah sembuh dari asam lambung kronis?

Ada beberapa point yg mungkn bisa jadi catatan dan masukan buat penderita asam lambung kronis yg sering merasakan susah bernapas, napas pendek, sesak napas dan sejenisnya, yaitu:

# Seperti pada denyut jantung, bernapas harus berlangsung dalam pola yg kontinu dan berulang untuk mempertahankan proses kehidupan dalam tubuh. Otot jantung harus berkontraksi dan berelaksasi secara berirama untuk secara bergantian mengosongkan jantung dari darah dan mengisinya kembali. Demikian juga dengan bernapas, otot2 pernapasan harus secara berirama berkontraksi dan berelaksasi untuk secara bergantian mengisi paru2 dengan udara dan mengeluarkan isinya kembali. Kedua aktifitas ini berlangsung secara ototmatis, tanpa upaya sadar. Namun demikian, sistem jantung dan paru adalah 2 sistem yg sangat berbeda. Otot pernapasan, krn merupakan otot rangka, dia hanya berkontraksi jika dirangsang oleh saraf mereka sendiri. Pola bernapas yg berirama dihasilkan oleh aktivitas saraf siklik ke otot2 pernapasan. Dengan kata lain, aktifitas pemacu yg menciptakan irama napas, terletak di pusat kontrol pernapasan di otak, bukan di paru2 ato di otot pernapasan itu sendiri. Saraf2 yg menuju ke sistem pernapasan sangat penting untuk mempertahankan proses bernafas dan secara refleks menyesuaikan tingkat keluar-masuk gas (ventilasi) untuk menyamai kebutuhan terhadap penyerapan oksigen dan pengeluaran karbondioksida.

# Salah satu dugaan penyebab sesak napas adalah pelebaran (distensi) lambung ke sekitarnya terutama distensi ke arah area fundus (bagian atas lambung). Fundus merupakan area yg sering menjadi tempat berkumpulnya gas dalam lambung. Posisi fundus itu sangat dekat dengan diafragma. Diafragma adalah otot pembatas antara rongga dada dengan rongga perut. Lambung terdapat di rongga perut dan paru2 terdapat di rongga dada. Ketika kita bernapas, diafragma akan bergerak turun naik. Secara umum, bisa dikatakan, pada saat kita sedang nyantai ato relax, pernapasan kita cenderung memakai pernapasan perut yg ditandai dengan gerakan perut yg turun naik saat kita bernapas. Berbeda saat kita berolah raga terutama olah raga yg menuntut aktifitas cardio (jantung) yg intense, kita cenderung memakai pernapasan dada yg ditandai dgn gerakan dada yg ikut naik turun, walaupun pernapasan perut juga terlibat saat itu. Pada kondisi tertentu seperti pada kondisi cemas ato panik, kita juga cenderung memakai pernapasan dada. Pada orang dengan gangguan lambung ato orang penderita sindrom dispepsia, distensi ato tekanan lambung kearah dada ini, bisa memperparah sensasi sesak napas yg dirasa. Keluhan sesak napas ini, lebih sering dirasakan saat setelah makan karna maknan adalah salah satu penyebab distensi lambung. Distensi lambung kearah atas ini, akan menyebabkan gangguan ato tekanan pada diafragma sehingga diafragma tidak leluasa bergerak dan menimbulkan sensasi susah napas ato sesak napas. Sesak napas yg dirasakan itu, bukan seperti sesak napas pada orang berpenyakit asma dimana pada asma, jalur napas ke paru yg menyempit sehingga menghalangi aliran udara yg keluar masuk.

# Biasakanlah makan dengan porsi sedang atau cukup dalam satu sesi makan. Ini supaya menjaga agar lambung tidak terdistensi dgn lebar. Pada saat kosong atau pada saat puasa, voleme lambung itu hanya sekitar 50 ml, tp lambung bs terdistensi smpe volume maksimum 4 liter. Bagi aslamer, sangat penting untuk menjaga agar volume lambungnya tidak sampe mencapai volume maksimum. Untuk mengimbangi porsi makan yg sedikit, tambahlah frekwensi makannya dari biasanya. Banyakin jg makan makanan sumber protein, karna protein bisa menimbulkan rasa kenyang yg lebih lama tanpa harus makan dengan porsi banyak.

# Dugaan lain penyebab sesak napas yg dirasakan penderita asam lambung adalah karna gerakan peristaltik lambung yg gak normal ato lambat ato dgn amplitudo gelombang peristaltik yg lemah. Normalnya, dalam 1 menit terjadi 3 kali gerakan peristaltik lambung. Gerakan peristaltik yg gak normal, akhirnya bisa menyebabkan waktu pengosongan lambung yg lambat. Waktu pengosongan lambung yg lambat bisa menyebabkan rasa cepat kenyang, mual, begah, sesak napas. Ini jg merupakan beberapa ciri yg termasuk dalam sindrom dispepsia.

# Pada bbrp penelitian, sering terjadi, saat lambung kosong seperti saat puasa ato sebelum makan, perasaan sesak napas itu tidak ada, tapi begitu lambung diisi makanan ato minuman, rasa sesak napas itu datang. Hal ini diduga karna adanya kegagalan relaksasi fundus lambung setelah makan. Hal ini jg diduga bisa memicu nyeri dada.

# Banyaknya gelembung gas dalam lambung juga bisa membuat tekanan dalam lambung menjadi tambah besar. Gas lambung yg berlebih itu bisa membuat tekanan dalam lambung terutama pada area fundus yg kemudian bisa menyebabkan tekanan ke arah diafragma jadi tambah meningkat. Ini jg bisa menyebabkan sensasi sesak napas. Penyebab utama bertambahnya gas dlm lambung adalah berasal dr udara yg ikut tertelan saat mkn ato minum. Untuk itu, prlu diperhatikan cara mkn yg benar yaitu dgn mengunyah mknan perlahan2 dan jangan makan secara terburu2. Porsi setiap suapan pun harus dijaga secukupnya saja, jangan sampe mulut penuh makanan dalam sekali suap. Kunyahlah makanan smpe halus sblm ditelan, minimal dgn 30 kali kunyahan. Kunyahlah makanan dgn mulut tetap tertutup. Jangan makan sambil jalan, usahakan tetap dalam posisi duduk. Walopun kedengaran kurang sopan, jika terpaksa harus sendawa sesudah makan, sendawakan saja. Sendawa sehabis makan adalah sendawa yg wajar. Selain itu, penyebab lainnya adanya gas dalam lambung adalah berasal dari difusi gas dari darah yg melewati dinding pembuluh darah dan masuk ke saluran cerna, dalam hal ini, lambung. Penyebab lainnya adalah krn adanya produksi bikarbonat pd dinding lambung sebagai salah satu pertahanan alami dinding lambung terhadap asam lambung. Selain itu, penyebab gas dalam lambung adalah karna adanya bakteri yg dalam aktifitasnya menghasilkan gas yg cukup banyak. Walopun kita tau bahwa suasana lambung sangat asam dan tidak memungkinkan makhluk hidup untuk hidup, ada bakteri tertentu yg bisa bertahan hidup dalam lambung seperti bakteri yg berasal dari jenis campylobacter termasuk bakteri helicobacter pylori. Penggunaan obat2an penekan produksi aslam mmg beresiko untuk menyebabkan mudahnya berkembangbiaknya bakteri dlm lambung krn suasanya jd kurang asam. Bahkan ada bbrp ahli yg menduga bahwa salah satu akar penyebab dari refluks aslam ke esofagus adalah karna kurangnya asa lambung dalam lambung akibat adanya pertumbuhan berlebih bakteri dalam lambung.

# Refluks aslam ke esofagus, selain bs menyebabkan nyeri dada, jg diduga bs menjadi penyebab sensasi sesak napas akibat iritasi aslam yg mengenai pangkal esofagus bawah.

# Ada perbedaan mendasar yg perlu kita ketahui antara sesak napas yg disebabkan krn gangguan pd saluran napas ke paru2 ato gangguan pd paru2nya itu sendiri, dgn sesak napas yg ditimbulkan oleh gangguan pd saluran cerna. Biasanya, sesak napas pd gangguan pada paru dan saluran napas, rasa sesak ato susah napasnya itu terjadi lebih dominan pd saat proses ekspirasi, sedangkan pd sesak napas yg disebabkan oleh gangguan pd saluran cerna, sesak napasnya itu terjadi lebih dominan pd saat proses inspirasi.

# Sesak napas jg diduga krn adanya kram atau kaku otot diafragma atau otot sekitar diafragma misalnya otot interkostalis internal dan eksternal, yg akhirnya bisa menggangu fleksibilitas otot2 yg terlibat dlm pernapasan tersebut, bahkan sensasi berat napasnya bs terasa smpe ke punggung. Rasa kram atau kaku itu jg bs menyebabkan nyeri dada, pegel2 di dada dan di punggung, bisa jg menjalar ke pundak, leher belakang dan ke kepala.

# Sikap yg paling penting yg bs diambil ketika sedang kambuh sesak napasnya adalah tetap tenang. Karna kalo kita panik, sensasi yg dirasa semakin terasa. Yakinkan diri bahwa sensasi ini, penyebab terseringnya adalah berasal dr masalah di saluran cerna yg menyebabkan gangguan pd otot diafragma dan sekitarnya, bukan masalah di jantung atau paru2.

# Walopun kita sdg merasakan sensasi sesak napas, cobalah usahakan untuk mengalihkan perhatian dr sensasi misalnya dgn nntn tv, kerjain hobi, main game, dll.. Kerjakan hal2 yg menyenangkan pikiran kita, tp tetap hrs diobati.

# Cari posisi badan yg enak yg bs membuat sensasinya jd berkurang misalnya dgn posisi duduk bersandar di dinding dgn punggung lurus, dgn posisi rebahan, dll.. Longgarkan ikat pinggang ato kenakan celana dan baju yg longgar agar tdk memberi tekanan kuat pd daerah perut dan dada yg bs memperberat sensasi. Bernapaslah dgn tenang, gunakan pernapasan perut.

# Mungkn pada sebagian orang, terutama yg perutnya buncit, ada kebiasaan untuk menarik kedalam posisi perutnya agar perutnya keliatan lebih datar. Pd aslamer yg gampang atau sedang sesak napas, hal ini sangat tdk baik krn bs memperparah kondisi. Dgn kebiasaan menarik perut ke dalam, tekanan terhadap diafragma jg tambah besar. Kalo mau perutnya terlihat lebih datar, berolahragalah dgn rutin.

# Pada bbrp penderita asam lambung, minum air hangat saat sesak napas bisa membantu meredakan sensasi yg dirasakan. Pantas dicoba. Minum air hangat sedikit2, pelan2. Bisa jg dengan mencampur air hangatnya dgn sesendok madu.

Baca juga: Batuk akibat asam lambung tiap malam kambuh

# Minumlah obat asam lambung yg biasa kita minum saat sensasi sesak napas datang. Untuk sesak napas yg diduga disebabkan krn reflux aslam, bs minum obat penetral aslam atau obat penghambat produksi aslam sprti antasida, arh2 atau ppi. Untuk sesak napas yg diduga disebabkan krn gerakan lambung yg kurang bagus ato lambat, bs minum obat prokinetik. Untuk sesak napas yg diduga disebabkan krn banyaknya produksi gas dlm saluran cerna terutama lambung, bs minum obat peluruh gas lambung dan minum suplemen probiotik. Untuk sesak napas yg diduga disebabkan krn kekurangan enzim pencernaan, bs minum suplemen enzim pencernaan. Bila sesak napasnya jg berhubungan dgn kecemasan, bs minum obat anti cemas jg. Walopun tdk bs langsung mengobati akar penyebab sesak napasnya, setidaknya obat2an tersebut bisa meredakan sensasi sehingga bs memberi kita kompensasi waktu untuk memperbaiki hal2 yg bs menyebabkan sesak napas.

# Seperti dijelaskan diatas bahwa sesak napas pada penderita asam lambung itu mayoritas diduga kuat berhubungan dengan gangguan pada otot diafragma dan otot interkostalis internal dan eksternal, relaksasi buat otot dan tulang tersebut bisa dibantu dgn melakukan pemijatan di area punggung. Pemijatan ini bertujuan untuk membuat otot2 yg terlibat dalam pernapasan menjadi lebih relax.

# Sering jg sebagian kita merasakan sesak napas bersamaan dgn nyeri dada. Nyeri dada yg dirasakan bs terasa smpe menembus punggung, lokasinya terasa dalam dan nyerinya tersebar alias gak bs kita tunjuk dgn tepat posisinya dimana. Sering jg sensasinya itu terasa sprti pegel dan kaku otot. Pemijatan di punggung mungkn bs mengurangi sensasi. Pemijatan di punggung jg bs memancing sendawa. Sendawa yg dalam dan plong, biasanya bs mengurangi bahkan menghilangkan sensasi sesak napas maupun nyeri dada akibat dr berkurangnya tekanan gas dlm lambung.

# Bagi aslamer yg msh mudah terserang sensasi sesak napas, pandai2lah mengontrol emosi dan pikirannya. Selalu usahakan agar hati dan pikiran selalu ikhlas dlm menghadapi suatu masalah dan usahakan agar mencari solusinya dgn tenang. Mungkn ada aslamer yg pernah merasakan sesak napas atau nyesek di dada yg tiba2 saat kondisi emosi. Itu membuktikan bahwa pikiran bs dgn sangat cepat mempengaruhi pencernaan dan pernapasan kita.

# Perlu disadari bahwa saluran cerna kita itu merupakan saluran satu jalur dan satu arah dr mulut smpe anus. Walopun terdapat sekat2 ato katup antara saluran cerna bagian atas, bagian tengah dan bagian bawah, kalo terjadi mampet ato masalah di saluran cerna didepannya, lama2 bisa bikin masalah di saluran cerna dibelakangnya, terutama berhubungan dgn waktu transit (pergerakan) mkanan yg melambat. Kalo ada mampet atau waktu transit yg lambat di usus misalnya saat sembelit, lama kelamaan bs bikin sensasi begah di perut atas dan akhirnya bisa memicu sesak napas. Karna itu, perlu untuk menjaga saluran cerna kita tetap lancar misalnya dgn rutin mengkonsumsi makanaen berserat seperti buah dan sayur yg aman buat asam lambung, dan banyak minum air putih.

# Menurutku, berdasarkan pengalaman sendiri jg, olahraga rutin adalah suatu yg wajib bagi penderita asam lambung yg sering merasakan sensasi sesak napas karna olahraga itu melatih fleksibilitas organ dan otot yg terlibat dalam pernapasan. Pilihlah olah raga yg melatih cardio ato kerja jantung karna olahraga yg seperti itu juga melatih otot2 yg terlibat dalam pernapasan, misalnya jogging, jalan cepat, bersepeda, berenang, senam. Olahraga2 seperti ini bisa kita atur sendiri intensitasnya sesuai kemampuan kita. Lakukan olga rutin 3 ato 4 x seminggu. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum memulai dan pendinginan ssdh olga.

# Perlu diingat, bahwa makanan ato minuman tertentu bisa menghasilkan gas yg banyak di lambung yg akhirnya bisa memicu sesak napas. Hindarilah makanan dan minuman tersebut.

# Mungkn ada dari penderita asam lambung yg pernah merasakan sesak napas yg tiba2 datang saat tidur yg membuat kita langsung terbangun dan merasakan sensasi megap2. Dalam dunia medis, itu dinamakan sleep apnea. Sleep apnea ini terjadi karna tidak adanya pernapasan spontan dalam suatu saat ketika sedang tidur. Mengenai sleep apnea ini akan kita bahas lebih detil kapan2..

# Ada satu lagi gangguan napas yg mungkn pernah dirasakan oleh penderita asam lambung yaitu yg istilah medisnya disebut dispnea. Secara simpel, dispnea ini bisa diartikan dengan kesulitan bernapas. Orang yg mengalami dispnea merasakan gejala subjektif bahwa mereka kurang mendapatkan udara dan karna itu mereka merasakan sesak napas. Dispnea adalah keadaan mental yg berkaitan dgn keinginan tdk terpuaskan untuk mendapatkan aliran udara yg cukup. Hal ini jg sering ditimbulkan krn adanya rasa cemas akan kekurangan aliran udara dan sering menyertai sesak napas yg disebabkan karna adanya gangguan fisik seperti yg sudah diuraikan diatas, ato dia bisa berdiri sendiri sebagai rasa sesak napas yg mmg disebabkan murni krn kecemasan. Penyebab diapnea ini mmg lebih ke masalah psikis akibat beranggapan bahwa mereka kekurangan aliran udara padahal sebenarnya tidak.

Demikian dan semoga bermanfaat. Semoga yg masih berjuang buat sembuh, segera diberikan kesembuhan, Amiinn..

Comment:

Dwee
Bagus bgt infonya lo, klo kata dokter saya bilang gn ibu bukan sesak nafas by tapi nyesek itu beda katanya.

Erlita Prihati
Sangat bermanfaat sekali infonya...tengkyu mas Azani Dhiya, karna sensasi yg masih tertinggal ya sesak napas ini, susah bgt ilangyaa.

Ahmad Noor
Apakh berbeda sesak nafas dngn sesak dada..

Azani Dhiya
Kalo buat aslamer, biasanya disebut sesak napas itu kalo bernapasnya yg serasa susah, tidak bs plong, napasnya pendek2, dan bisa terjadi tanpa ada sesak di dada. Sesak dada itu mungkin maksudnya perasaan tertekan di dada tanpa kita bisa tunjuk dgn tepat posisinya karna terasa menyebar di dada atau perasaan tertekan di uluhati. Nyeri tekan di dada atau sesak dada itu memang bisa memicu sesak napas.

Ahmad Noor
Ooh berarti beda mas yaa.. Saya akhir" ne sering merasa dada sesak..

Wenny Fi
Klo saya karna zat asam darah sering ngedrop jadi perlu tabung oksigen

Azani Dhiya
Maksud dari zat asam darah tu apa mbak?

Wenny Fi
Kurang tau jg sy kalo dijelasin karna ga boleh capek kadang kram gampang pusing muter2 mau pingsan.

Azani Dhiya
Mungkn maksudnya itu nilai saturasi oksigen?

Wenny Fi
Kurang tau jg. Selalu dijelasin zat asam turun karna pengaruh cuaca dingin. Mutu, banyak sirkulasi darahku kurang bagus. Jadi sensitif dengan cuaca. Aliran darah ke ginjal jg kurang maksimal. Dulu juga pernah bilang darah merah kurang mengikat oksigen jadi ampeg nafasnya

Wenny Fi
Tp sebelumnya pernah bilang darah saya turun asam 95%, ntah sy salah dengar atau karna sy kurang paham masalah darah, dia yg ngerti karna terapis syaraf.

Endah Septiningsih Eppy
Bagus infonya jadi ngeh. Tolong kalau ada infonya yg berhubungan dengan jantung berdebar.

Luhur Yuswan Ramadhan
bagi pederita gerd terkadang ritme jantung terganggu dan membuat jantung berdetak kencang atau berdebar, hal tersebut dikarenakan oleh iritasi saraf atau nervus vagus yang berjalan di samping kerongkongan terus ke bawah melewati lambung oleh makanan bercampur asam lambung yang naik ke atas (regurgitasi). Gangguan ritme ini dirasakan seperti jantung berdebar-debar.

Rudi Abu Levy
jadi solusinya gmn om

Azani Dhiya
Solusinya kan sudah ada juga di tulisan di atas.

Rudi Abu Levy
kepanjangan om, mata ngblur sama pusing.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar mengenai permasalahan peyakit gerd dan asam lambung yang Anda alami dibawah ini.

Copyright © 2015 Diskusi Asam Lambung - Gerd | Design by Bamz