Diskusi dan tanya jawab tentang penyakit asam lambung, gerd dan penyakit maag

Gimana cara menghilangkan asam lambung naik ke tenggorokan sehingga bau mulut timbul?

Gimana ya cara menghilangkan asam lambung yang naik ke tenggorokan sehingga menimbulkan bau mulut? udah tiga bulan ini tenggorokan saya kaya ada yg mengganjal sekarang mulai sakit. Tolong pencerahanya kawan2.

Comment:

Darmawan Ramadana
perbanyak makan buah seperti apel atau pepaya karna bisa menurunkan tingkat keasaman di lambung.. saat pagi coba minum air peras jeruk lemon yang hangat

Rudi Kurniawan
kalau perasan jeruk nipis gimana mas, boleh gak?

Darmawan Ramadana
saya kurang tau bisa apa tidak kalau menggunakan jeruk nipis. karena dulu saya minumnya jeruk lemon mas dan itu dulu anjuran dari dokter saya katanya untuk menambal dinding lambung yang rusak sehingga mengakibatkan asam naik ke kerongkongan dan alhasil rasa tercekik dileher dan sesak saya sudah hilang sekitar sebulanan saya menjalani minum air peras lemon dan makan buah itu..

Rudi Kurniawan
oh begitu ya mas. soalnya jeruk lemon gak ada ditempat saya.

Darmawan Ramadana
coba hunting di pasar tradisional deket situ mas Rudi.

Azani Dhiyaurrahman
Tenggorokan mengganjal itu, salah satu ciri refluks asam lambung ke kerongkongan, baik yg refluksnya terasa atopun yg refluks diam2 ato silent refluks. Semua itu karena kekuatan les yg menurun. Coba rutinin makan buah yg membuat suasana lambung lebih adem mas, seperti pepaya, pisang, melon, bengkoang, pir, dll. Makan jangan terlalu banyak dalam satu sesi. Jangan tidur ato tidur2an setelah makan. Kalo tidur, usahakan posisi kepala dan dada lebih tinggi dari perut. Rutin minum madu plus air putih.

AR Diyansyah
Wah terimakasih saudaraku Azani Dhiyaurrahman sangat detil sekali penjelasanya semoga bermanfaat buat kesembuhan saya. oh iya gimana kalau buah apel?

Azani Dhiyaurrahman
Boleh jg mas. Banyak koq yg cocok dengan apel. Cari apel yg manis seperti apel yg berwarna merah, jangan yg asem. Intinya, cari buah yg banyak airnya atau yg banyak mengandung kalium, tapi yg tidak asem.

AR Diyansyah
Oh begitu ya saudaraku terimakasih banyak ini sangat bermanfaat bagi saya. tiga hari ini saya coba minum rebusan temulawak sama mengkonsumsi apel.

Baca juga: 4 tahun Kena Asam lambung dan gerd kepala masih kliyengan

Azani Dhiyaurrahman
Iya mas, bagus itu. Dilanjutkan aja terus. Coba aja rutin selama sebulan. Harus sabar. Kalo herbal memang agak lama efeknya..

Febri Marit
mas Azani Dhiyaurrahman, apakah bau mulut disebabkan oleh GERD dan LPR atau disebabkan oleh saluran pencernaan selain lambung yg tidak sehat? mohon infonya ya karena saya penderita Halitosis parah.

Azani Dhiyaurrahman
Salah satu ciri gangguan lambung akibat terjangkit h.pylori yg bisa kita rasakan di luar adalah halitosis itu ato lebih spesifiknya, napas kita itu bisa berbau kayak amoniak. Walaupun gak semua orang seperti itu. Mas pernah cek ke dokter Atau endoskopi?

Azani Dhiyaurrahman
Selain itu, kalo memang kerongkongan atasnya juga sudah ada radang, biasanya akan menderita halitosis lemah jg. Tp kalo terjangkit h.pylori, memang baunya itu khusus seperti bau amoniak.

Febri Marit
mas Azani Dhiyaurrahman penyakit saya ini sangat jarang.. karena endoskopy hasilnya tidak lah parah hasilnya Gastritis erosive (Lemahnya Klep tenggorokan) dan sudah tes darah serta UBT tetapi hasil baktery H. Pylorinya Negatif. Saya jadi bingung penyebab Halitosis ini karena apa, kalo gejala Diabetes, Liver dan penyakit lainnya tidak ada. dari Kerongkongan selalu keluar Lendir dan sifatnya perih apabila tidak dikeluarkan.

Azani Dhiyaurrahman
Bisa jadi karna penyebab lain mas seperti bakteri jenis lain. Sebenarnya ada beberpa bakteri lain yg tahan hidup di lambung seperti dari jenis campylobacter. Tapi ini memang jarang di cek. Dokter lebih fokus sama h.pylori. Ato ada bakteri yg menyerang kerongkongan atas. Apa gak ada pengecekan lebih lanjut seperti mengambil sampel liur ato cairan lambung? Ato test dari darah juga?

Baca juga: Asam lambung naik, tenggorokan jadi sakit saat menelan

Febri Marit
Nah itu saya gak habis pikir kenapa dokter penyakit dalam senior yg meng endoskopy saya tidak ada mengambil sample atau rekomendasi selanjutnya. padahal endoscopy dan obat2an sudah menghabiskan banyak biaya. kalau memang klep kerongkonga yg bermasalah apakah tidak bisa disembuhkan sama sekali. untuk cek campylobacter apa namanya ya?

Azani Dhiyaurrahman
Kalo nama spesifik testnya aku gak tau, tapi testnya mirip dengan test h.pylori. Test juga bisa dilakukan dari pengecekan tinja dan darah. Campylobacter sering hadir di usus juga, jadi test lewat tinja sangat mendukung diagnosa.

Azani Dhiyaurrahman
Azani Dhiyaurrahman Itu ada sedikit info mengenai halitosis. Jangan parno ya, cuma sekedar info aja..hehehe.. Kalo perlu mas pindah dokter aja ke yg lebih ahli. Cari2 dulu infonya soal dokter ahlinya. Ato kalo perlu, mas berobat ke malaysia aja, sepengalamanku disana, mereka lebih komprehensif pengobatannya.

Momy Naura
Berarti yg sakit asam lambung bau mulut donk?

Azani Dhiyaurrahman
Gak semua.

Febri Marit
saya ada gabung dengan pasien lainnya, kondisi masing2 pasien berbeda. bahkan cuman saya saja waktu itu yg ada Halitosisnya padahal ada pasien yg parah, lambungnya udah Hitam.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar mengenai permasalahan peyakit gerd dan asam lambung yang Anda alami dibawah ini.

Copyright © 2015 Diskusi Asam Lambung - Gerd | Design by Bamz