Diskusi dan tanya jawab tentang penyakit asam lambung, gerd dan penyakit maag

Gastritis kronis itu sakit maag akut atau Gerd sih?

mau tanya nih lur. Gastritis kronis itu sakit maag akut atau Gerd sih? bingung definisi nya nih. padahal kalo lgi kambuh asam lambung pasti q lihat lidah bagian tengah mesti berwarna putih, dan kata dokter umum dlu gejala sakit types.. tpi sesudah di usg hasilnya Gastritis kronis. nih sakit yg emang benar2 super gado-gado rasanya.

Comment:

Micky Duta
kalo setau saya grastitis itu ada luka dilambung dan penyebab nya asam lambung juga tapi lokasinya dilambung jadi termasuk maag cmiiw y

Ferry Pepeh
gastritis kronis biasanya gejala yang berangsur lama dan lebih dominan ke rasa/sensasi sakit gak terlalu,tapi sensasi asam lambung nya tinggi,,kalau gastritis akud,,,,gejala yang datang secara tiba2 dan lebih dominan ke rasa sakit yang sangat sakit,,, akibat ulkus atau luka pada lambung,,,,dan sakit sering tiba2 menghilang,,,setau saya seperti itu,,,,

Aruel Black Coffee
Kalo di lihat dr kondisi fisik dg lidah yg brwarna putih, itu biasny dr duodenum/ usus halus sperti tipes yg mnggangu sistem pncernaan yg mningkatkan asam lambung, ciriny perut gak skit tp rsanya meriang. Pegal2 dan snsasi yg lain. Tp klo sakit yg di rasa ad di skitar lambung brarti emg lambungny yg lg brmasalah.

Moch Islachus Surur
mkash lur ats pencerahan nya.. iya ini rasa yg gak enak banget di perut kyk begah gtu tpi koq ya anehnya rasa tsbt trbawa ke sensasi2 / perasaan yg gmna gtu.. hmmm... dlu udh lama banget emg q udh pya sakit perut yg rasanya bnr2 sakit trs selang bbrpa bulan ganti sensasi sesak nafas..ke dokter prnh ngenyel lha wong sesak nafas koq di ksh obat sakit perut hbs gtu mnta cek jantung ekg Alhmdllh sehat jdi plong perasaan.. trs bbrpa bln kmdian opname di kira gejala types hsl tes darah.. dan bbrpa minggu kmdian ke dokter internist sppd dan usg hasilnya gastritis kronis.. nih sakit hilang timbul.. byk yg ngmong klo stress..dlm hati emg q mikir ya mikir apaaa.. walah2 hmmm...

Moch Islachus Surur
tadi malam ke apotik tanya2 harga obat ppi yg murmer cuma Lanzoprazol cm 10rb lha yg lain kyk Pantoprazol, nexium harganya muahal bingit hmm.. ber-macam2 obat herbal udah ke minum, pijet refleksi smp beberpa kali udah, anehnya nih sakit datang nya semaunya.. walah2.. makanya kalo merasa mo kambuh ya q buat online apa ajalah buat ngilangin perasaan / fikiran yg gak2.

Arjena Sophiana
Beda kronis sma akut apa sih ? Masih belum paham

Moch Islachus Surur
Mgkin dsni ada teman2 yg udh usg dan kena gastritis kronis yg klo aslam nya kambuh mesti lidah tengah nya warna putih dan udh sembuh / baikan bisa berbagi tips resep obat nya..

Azani
Setauku, diagnosa gastritis itu gak bs lewat usg mas. Usg kan pemeriksaan dr luar, cm bs keliatan gas lambung aja dr usg.

Moch Islachus Surur
Tpi koq di tulisan buku diagnosa nya gastritis kronis ms Azani Dhiyaurrahman trs gmna tuh.. Dan obatnya ya cm dksh sucralfat ma ppi doang..

Moch Islachus Surur
Dulu ma dokternya (dokter umum tapi udah senior) lgsg di suruh 2 test langsung usg ma tes darah dan tes darah nya kena toxo.. Hadeehh hmmm.. Terus ganti ke dokter sppd malah di uring2/marahi buku test nya di banting di meja dan bilang siapa yg nyuruh test2 kyk gtu.. Dan dokter sppd nya bilang ini cuma kena asam lambung klo di runut tanda2 sakitnya.. Dan sy pun malah Alhamdulillah dan percaya dg Dokter sppd tsbt ms cz perasaan kena sakit toxo sy buang jauh2 sampe skrg.. ya positif thinking ajlh.

Arjena Sophiana
Toxo itu sakit apa ?

Moch Islachus Surur
Walah mending gak usah tau aja mas.. Dan gak usah cari tau.. Apalagi dari gugle.

Arjena Sophiana
Serem bgt yah ??

Azani Dhiyaurrahman
Mungkn dia diagnosa berdasarkan keluhan2 mas. Gastritis kronis itukan gastritis keluhannya lebih bersifat ringan, hanya waktunya aja yg sdh berlangsung lama, berbulan2 bhkan tahunan. Kalo soal toxo itu, memang katanya bs memperberat keluhan sensasi ato keluhan ikutannya, tp bukan memperberat keluhan gastritisnya. Kebetulan aku jg pernh terkena toxo, tp skrg dah ada antibodi di badanku alias aku dah kebal, tanpa obat. Cek terakhir Igg ku positip tp Igm ku dah negatip. Waktu sakit dulu, kupikir aku terkena toxo sehingga susah sembuh, ternyata bukan. Apa keterangan dr lab cek toxo mas? Aku rasa pun mas dah ada antibodi tu di badannya. Infeksi toxo itu, kita gak bs tau, bs sprti terserang flu biasa. Bs sembuh sendiri, saat sembuh itulah dlm bbrp bulan Igg nya mulai positip dan igm nya mulai turun sampe lama2 jadi negatip.

Baca juga: Penderita gerd bolehkah minum daun sirsak?

Moch Islachus Surur
Dulu dokter sppd nya bilang kalo mo tau pasti (karna sy penasaran dan kwatir) di suruh test endoscopy.. Tapi itu bukan rekomendasi dokter sppd nya dan cuma biar sy gak galau aja.. dan dari pertimbangan akhir nya gak jadi endos toh dokter sppd nya jg gak nyuruh.. cuma di kasih sucralfat dan ppi dan kontrol yg ke 2 obat jg sama tpi dksh racikan obat penenang dan seminggu udh baikan...

Azani Dhiyaurrahman
Hehehe...toxo itu gak seseram yg dibayangkan.. Kalo cari di google ya pasti keluar yg macam2, namanya jg searching engine, semuanya pasti ditampilkan. Toxo ato toxoplasma gondii itu virus yg kalo komplikasi memang bisa menggangu kesehatan, serangan utamanya bisa mengganggu otak, kelainan katup jantung, membuat cacat genetis pada janin, ns membuat kelainan sperma jg. Tp hubungan ke saluran cerna itu masih belum bs dipastikan, hanya dugaan lemah. Kebetulan aku banyak memelihara kucing sejak kecil dmana kucing sering dituduh sbagai pembawa toxo. Tp dr survey medis, 60% penderita toxo itu bukan pemelihara kucing bhkan sama skali tidak prnh bersentuhan dgn kucing. Bnyak orang terjangkit toxo itu dr mkn mkanan yg kurang bersih ato makanan yg mentah ato setengah mateng, ato orang yg bersentuhan dgn tanah yg ada virus toxonya. Orang yg suka berkebun tanpa sarung tangan mudah terjangkit toxo.

Moch Islachus Surur
Mas Azani Dhiyaurrahman koq di buku diagnosa toxo sy gak ada kata/kalimat lgg/igm ya cuma di tulis toxo gitu aja.. Dan dokter nya pun cuma senyum2 dan bilang gpp bisa di obati koq sy pun juga pernah kena toxo (mgkn biar sya tidak terlalu terbebani) dari situ sy terus browsing2 yg hasilnya malah waduuhh parno tingkat dewa mas hmmm...

Moch Islachus Surur
Iya mas dulu dokter nya tya di rumah pelihara hewan2 ya.. Ya sy jawab iya di rumah punya ingon2 / peliharaan burung kicau dan kucing di rumah jg byk walaupun bukan pya sy...lha kan dlu wktu sy periksa panasnya itu lho yg gak turun2 wlpn tensi panasnya gak tinggi mas.. makanya dsrh langsung 2 test tadi...
Dan ini klo kambuh seperti skrg mesti lidah tengah warna nya putih ms Azani Dhiyaurrahman ini yg buat sy heran/bingung..Sbner'e nih sakit dari aslam ato types ato yg lain ato kombinasi dr sakit2 itu ato gmna ya ms.. Klo kambuh gini sy pake sucralfat dan ppi dan hasilnya Alhmdllh baikan.. Wlpn toh smp skrg sy ttep konsumsi irisan kunir putih dan temulawak ms..

Azani Dhiyaurrahman W
ahh...itu berarti kurang terbuka tu labnya ato yg di cek Igg nya aja. Itu sering positip tp dah kebal krn Igm nya dah negatip. Tp hrs dijelaskan jg koq. Tp kalo pun igg nya aja yg dicek n dah ketauan positip, dan gak ada gejala komplikasi yg mencurigakan, umumnya dokter sudah menganggap gak masalah lagi. Kalo pun igmnya masih aktip, itu akan turun terus sampe negatip, biasanya dlm waktu 6 bln. Dulu aku gak da dikasi obat apa2 krn aku dibilang dah aman n kebal, mungkn terinfeksi saat msh

Azani Dhiyaurrahman
Asam lambung kalo dah sampe kerongkongan bisa bikin perubahan di lidah juga. Kalo tipus aku gak tau..hehe...

Moch Islachus Surur
Waaahhh makasih ms Azani Dhiyaurrahman atas info dan golden gate nya ya hehe.

Azani Dhiyaurrahman
Mas Panzer Sastra Bayu, krn aku gak tau kenanya kapan, jd gak tau gmana rasanya waktu terjangkitnya. Kata dktr mungkn saat kecil. Waktu aku ngecek darah terakhir n Igg ku dihitung, jumlahnya cukup banyak, jd kata dktr kenanya sudah lama.. Laki2 jg bs terjangkit toxo mas, cm untuk wanita bahayanya saat lagi hamil ato lg program mau hamil, bs menyebabkan sulit hamil ato gampang keguguran, ato anak yg lahir bs cacat. Laki2 mmg gak begitu masalah, tp ada info jg yg mengatakan bahwa toxo bs mempengaruhi ato merusak sperma. Jadi, tetap harus hati2. Tp, toxo bs diobatin koq..

Moch Islachus Surur
Iya benar apa kata mas Azani Dhiyaurrahman saya sudah punya sakit maag udah lama dari kecil cz kofinis berat dan udah berhenti ngopi ya sejak sakit asam lambung ini mas udah mo jalan 1th ini.. Jadi klo di runut rekam jejak sakitnya mungkin inilah hasil dr akumulasi dr sakit yg dr kecil.. Lha emg lingkungan sy org kofinis berat.. Klo udh ngopi bs ber-gelas2 dlm 1hr hehe.. Bangun tidur lgsg nyruput kopi.. Ya mungkin itulah jadi gastritis kronis..

Azani Dhiyaurrahman
Mbak arjena, kalo maag akut itu maag yg keluhannya sering timbul secara mendadak biasanya segera setelah makan ato minum maknan tertentu yg bersifat mengiritasi mukosa lambung. Biasanya sensasinya timbul rasa perih ato kadang2 timbul rasa berdenyut di perut atas agak kekiri ato mmg pas di uluhati. Biasanya sakitnya itu terasa berat. Kalo maag kronis sprti yg di komenku di atas. Keluhannya ringan, tp kambuhan n berlangsung lama. Keluhannya seringnya, rasa tdk nyaman di perut atas, lekas kenyang, mual, rasa perih sebelum ato setelah makan, kadang mulut jg sampe berasa asam.

uni Anindito
Prok prooook nene...eh mz Azani Dhiyaurrahman kucingnya ksh ak doonk biar g jd kmbing hitam heheeee...kcgku bnyaaaak alhamdulillah cak cek neg lhoo ig g ig m nyoo...

Azani Dhiyaurrahman
Whahahaha....males ahh nanti hilang lagi kalo sm mbak. Kalopun dulu dibilang aku kena toxo gara2 kucing, kucing2ku pasti akan tetap di rumahku. Dah anggota keluarga tu mbak..hehehe... Kan dah aku bilang diatas, kalo penderita toxo itu 60%nya bkn pemelihara kucing. Jd ya aman2 aja. Apalagi skrg aku dah kebal, bs tidur sm kucing...wkwkwk...krn blm ada istri..hehehe... Apalagi, kucingku itu gak prnh keluar rumah kalo gak ditemanin, mknannya pun kujaga, mreka jg gak doyan mkanan mentah, gak doyan tikus jg. Mkanan mentah itu yg bs menyebabkan toxo...

Azani Dhiyaurrahman
Mas Willy Kus Setyawan, mana ne foto mbak Yuni Anindito yg terbaru? Aku mau lihat... Mosok, fotoku aja yg diedit...

Willy Kus Setyawan
Tidur sama kucing apa meniduri kucing???xixii... nanti klo mbak Yuni Anindito..mbeling saya uplotnya..hahahaa..

Andri Suryana
Sama mas saya juga,kata dokter sppd saya sehat,malah di suruh ke dental terus cumah bersihin karang gigi, terus udah beres itu di suruh ke dr. bedah mulut lah ngabisin uang saja hehe,lidah saya putih terus ada bintik2 merahnya tapi kata dokter sppd nya sehat,terus di suruh ke phsikiater juga,ah aku gak nurut mah,memang masih ada sih susah menelan sama kleyengan nya,dan rasa aneh di tenggorokan,saya gak pikirin deh mas,semoga kita semua di berikan kesehatan semua,aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar mengenai permasalahan peyakit gerd dan asam lambung yang Anda alami dibawah ini.

Copyright © 2015 Diskusi Asam Lambung - Gerd | Design by Bamz