Diskusi dan tanya jawab tentang penyakit asam lambung, gerd dan penyakit maag

Kenapa Gerd Asam Lambung Naik Saat Hamil ya?

kenapa selalu yang terkena sakit gerd dan asam lambung naik kebanyakan selalu ibu hamil yang sudah menikah? masalahnya apa yah, kok bisa? semoga lekas sembuh.

Comment:

Anggita Eko Prawesti
ga juga sih mas banyak yg lain juga kena dan orang hamil jg sering kena karena kita ini suka makan yg macem macem, makanan jd tidak dikontrol dan akhirnya lambung sulit sekali mencernanya lalu timbulah sensasi..

Budy Hartono
Karena kehamilan bisa jadi penyebab asam lambung naik ke tenggorokan.

Anggita Eko Prawesti
yaa.. karena orang hamil sering ngidam macem macem, makanan karbo dan tepung pasti bikin nagih tapi itulah yg harus dikurangi karna lambung sulit sekali mencernanya akhirnya timbul sensasi dan reflux makannya tenggorokan jadi tidak enak bahkan seperti tercekik..

Zahwa Adhyastha Susanti
Betul karena kehamilan (mabok) memicu asam lambung makin parah. Inget banget pas hamil anak pertama gak tau kalo hamil 😂😂 setiap periksa bilangnya maag akut tapi sebulan gak sembuh2 penasaran tespek ternyata hamil. Setiap bangun pagi kudu muntah sampe kuning2nya abis baru enakan, kalo hamil beratnya disitu mual terus

Dewa Ayu
ga cuma hamil, melahirkan caesar juga... contohnya saya.. walau belum tau kena apa (gerd, dispepsia atau gastritis, karna belum endos).. sebelum melahirkan caesar sy ga pernah ada riwayat maagh, waktu hamil pun ngga ada sakit apa gimana... tiba2 2 bulan abis secar kena asam lambung.. mungkin lambung radang efek obat2an eh trs sy makan pedas atau antibiotik atau obat pereda nyeri jdlah kena asam lambung.. waullahualam..

Anggita Eko Prawesti
asam lambung itu bukan penyakit mbak melainkan mekanisme kerja lambung trsbt, gangguan asam lambung lah yg bikin sakit dan komplikasi maka dr itu kita hrs jaga lambung kita dr perbuatan hal hal yg dpt merusak lambung setiap hari, selalu dan selamnya.....Lihat Lainnya

Dewa Ayu
iya emang asam lambung bukan penyakit. semua punya asam lambung, maksud saya ada gangguan pada asam lambung saya karna saya tiba2 sekarang suka merasakan heartburn.

Anggita Eko Prawesti
iya krn smua orang yang belum sakit tidak menjaga pola makannya, apa saja di makan dan rata rata yg bermasalah dengan lambung org org yg berlebihan makan karbo dan tepung"an karna membuat kerja lambung jadi sulit serta harus diperhatikan hal hal yg dapat merusak lambung seperti makan cepat, makan sampe kekenyangan, habis makan tidur akan reflux, makan berlebihan asam dan pedas dll..

Dewa Ayu
memang penyakit yg berhubungan dengan lambung kebanyakan karna pola makan orang tsb yg salah atau jadwal makannya ngga teratur. tetapi ada juga mba yg kena gangguan lambung itu karena mengkonsumsi obat2an tertentu terutama juga orang2 yg pernah operasi besar... jadi ga cuma karna pola makan.. tapi yg namnya sakit apapun balik lagi sudah takdir Allah, yg penting skrg kan ikhtiar dan doa supaya cpt pulih...

Anggita Eko Prawesti
ya memang mbak obat juga bisa bikin lambung jd sakit, makan nya saya kl sakit selalu suka bilang kalau lagi ke dokter apa aja, lambung saya bermasalah biar dokternya pun ngerti dan bisa dikasih solusi, tapi menjaga lambung sama pentingnya minimal kita minum obat yg bikin lambung kita jd sakit tp kita tidak merusak lambung kita dengan hal yg lainnya, sakitnya bisa double hehe.. sayapun jg pernah operasi tumor payudara skrg kena gerd juga makan nya skrg disiplin banget ngerubah gaya hidupnya

Lusiana Kharisma Asfiyak
Sama mb Dewa Ayu sy jg krn mnum obat2an anti biotik penghilang rasa nyeri saya jd kena asam lambung

Dewa Ayu
Nah itu mungkin mba pencetusnya operasi itu, wallahualam yaa.. krn obat2an kimia itu kan cepat efeknya.. satu sisi menyembuhkan atau mengurangi rasa sakit tapi d satu sisi dia merusak organ yg lain.. namanya saja buatan manusia..

Karena istri teman suami saya pun 2x operasi skrg kena lambungnya dokter nya bilang sendiri apa ibu pernah operasi besar, ya itu pencetusnya...
Saya sudah berobat ke dokter umum, sppd, sppd kgeh ya dikasih obat ya sama ky rekan2 disini.. solusi terakhir di endos tapi sy belum mau.. test lab pun saya hasilnya ada alergi (kebetulan ibuu sy kerja di lab), ya semakin kuat feeling sy karna obat2an kimia inilah dampaknya ke tubuh sy... ga bisa dipungkiri memang itu faktanya.. huhu

Lusiana Kharisma Asfiyak
Ya sy 2 x operasi secar

Dewa Ayu
Nah mba bisa jadi itulah pencetusnya, nah disini saja sudah ada 3 orang kan yg pernah riwayat operasi besar dan kena gangguan lambung.. saya, mba Lusiana Kharisma Asfiyak, mba Anggita Eko Prawesti .. wallahualam begitulah faktanyaa

Lusiana Kharisma Asfiyak
Iya bner mb

Anggita Eko Prawesti
ya mbak krn obat bisa membuat kerja lambung jd berat.. jd intinya kita ga usah lihat ke yg dl lagi kl kita pernah oprasi besar atau tidak intinya kita tetap ikhitiar atau tetap jaga badan kita aja supaya selalu sehat, minimal kita sudah menjaga krn memang harus dijaga kan perintah-Nya, semua kehidupan sudah diatur oleh-Nya sampe ke tata cara makan juga.. lbh parah mana udh oprasi besar tp ttp tidak menjaga lambung, mksd saya itu hehe.. kita hrs bisa meminimalis sakitnya, minamal kita sakit krn prnah operasi besar tp kita tidak sakit krn hal hal yg merusak lambung lainnya yg tadi saya sebutkan, mbak pola makan nya gimana?

Dewa Ayu
iya mba sekarang kita2 yg sudah punya riwayat operasi besar istilah ibu saya sih "lambungnya sudah ga kaya dulu lagi" hiks. jd makanan harus dijaga..
Ibu sy pun riwayat operasi besar tapi Alhamdulillah ga ada gangguan lambung.. bisa jadi karena pola makannya benar.. jd insyaAllah kita yg sekarang sakitpun bisa sehat lagi asal pola makan dijaga Aamiin..
kalo sy lagi ikutin fc mba, pagi sarbu, siang ke malam ya ikutin aturan fc (makan karbo hny dg sayuran, makan prothew hny dg sayuran, ga nyemil makanan mengandung gluten, makan lalapan/sayur mentah) mudah2an membaik mba... kita semua disini apapun ikhtiarnya, Aamiin

Anggita Eko Prawesti
Aamiin allahuma aamiin.. iya mbak minimal kita tidak menambahkan kerja lambung jd semakin berat lagi karna tidak menjaga pola makan nya.. InsyaAllah yah mbak yg penting kita tetap sabar dan tawakal aja.. lambung itu emang ibarat dapur bagi tubuh kita, smua makanan yg kita makan pasti dicerna dsitu jd kita jg hrs menseleksi apa yg kita makan, kl mau bandel pun pas bnr bnr udh ngerasa sembuh dan dibikin saja jadwal cheating seminggu skali / pas weekend biar ga bablas dan tetap ter kontrol karna sakit juga ter akumulasi dari kebiasaan buruk kita tiap hari nya..

saya jg dl pernah "FC" 2 bulan, trus "pantang diet" 3 bulan tapi skrg udah ga lagi, lbh merujuk ke sunah dan adab makan saja, udh bs makan apa aja lagi tp ttp masih mau inget rasa sakitnya biar ttp sehat..

mbak gerd juga kah? kl gerd otot les nya sudah kendor jadi musti latihan diagframa / meditasi juga untuk mengembalikan otot les yg kendor agar aslam tidak mudah naik..

Dewa Ayu
saya ga tau mba detailnya sakit sy tuh apa, krn kan belum endos.. cuma sih kalo kt dokter sppd blgnya asam lambung reflux.. dokter sppd kgeh curiganya gastritis trs sy ada alergi jd dilarang mkn udang sm tongkol sm dokter..

yg saya rasa y heartburn, awal kena tuh tensi sy naik kdg rendah gt ngaruh k tensi kl sy (tp di ekg normal), trs awal kena pernah sesak nafas (tp di rontgen pun hslny normal bersih paru2 sy), skrg yg msh nempel sensasinya ya uluhati nyeri2 gaenak kdg heartburn.. pernah makan cabe dikiit waktu kirain dah sembuh eh perut langsung sakit berhari hari perih dan mual dikit tp alhmdulillah ga pernah muntah...

Dewa Ayu mb keluhannya ap?
kalo mba Lusiana Kharisma Asfiyak ?

Anggita Eko Prawesti saya jg dl sempet dbikin bingung mbak sama sakitnya memang saya ada iritasi lambung dan selalu ngira ga mungkin lah maagh bisa sampe separah itu, selalu mikir sakit yg lain sempet takut ke dokter lagi karna tes darah trombosit agak tinggi di rujuk ke dharmais untuk tes darah lebih lanjut krn dsitu bagus maksud dokternya tapi karna saya udh parno dluan krn oprasi tumor kan dl jg dsitu yaudah saya smpet diemin aja tp ttp ga menjaga pola makan krn masih ngira bukan dari maaghnya akhirnya sakitnya meningkat terus dan udh srg ngrasain sensasi yg berasa ky mau mati dsitu br kapok dan akhirnya ketaun gerd, ternyata lambung sebegitu dashyatnya sakitnya, yg sll disepelin ternyata bisa jadi bumerang..

iya mbak yg itu td saya bilang asam lambung itu bukan penyakit melainkan mekanisme kerja lambung trsbt jd kl kita ga jaga lambung kita lagi pasti bakal sakit lagi maka dr itu jadawal cheating sminggu sekali / pas weekend itu penting selain kangen nya bisa tersalurkan dan kita jg ga bablas ngerusakin lambung lagi terkadang orang kalau udah sehat suka lupa diri mbak..

coba deh mbak rajin latihan diagframa, bisa bikin tenang dan sakitnya berasa akan ringanan..

Anggita Eko Prawesti
oiya alergi juga bisa dari lambung mbak, dl saya alergian banget + jerawatan semuka ternyata dari peradangan lambung trsbt, Alhamdulillah skrg udah ga pernah alergian lagi dan bisa make sabun apa aja, jerawatnya juga udh ga pernah.. itu semua dari lambung kita yg kotor..

Dewa Ayu
mba tau gerd itu dari hasil endos kah? atau hanya diagnosa awal dari dokter?

iya mba saya jg kalo sesak/jantung berdebar yah sama sensasinya ky orang mau end , astaghfirullahhh..

minta maaf ama suami jg udah.. suami sy jg sempet kena asam lambungnya, tapi dia karna pikiran aja jd cepet sembuhnya dan makan cabe jg g perih perutnya.. yg drasa ya heartburn, sesak, tensi naik, bb turun 10 kg.. tp alhmdulillah dari juni skrg udh sembuh tuh krn cm dari pikiran..

iya mba pgn nyoba latian diafragma biar pikiran tenang ga mikirin penyakit lagi, hehe..

Iya feeling sy gt pokonya berkaitan si alergi ini sama lambung sy dan obat2an kimia itu.. nah mba herbalnya apa? saya obat dokter dah stop... beralih ke obat herbal aja sy, lebih aman ga ada efek samping.. terus bb turun jg ga mba? sy udah 10kg turunnya, mmg sy susah gemuk sih orgnya aplagi kl sakit lgsg deh bb drop.

Dewa Ayu
btw mbanya bekasi juga ya? deket dong , sy juga bekasi mba hehe

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar mengenai permasalahan peyakit gerd dan asam lambung yang Anda alami dibawah ini.

Copyright © 2015 Diskusi Asam Lambung - Gerd | Design by Bamz