Diskusi dan tanya jawab tentang penyakit asam lambung, gerd dan penyakit maag

Apa itu asam lambung, benarkah bisa menyebabkan penderitanya meninggal

APA SALAH SI ASLAM? Asam lambung sering dikait2kan dengan penyebab meninggalnya bbrp artis atau orang terkenal yg bisa membuat beberapa kawan2 jd parno. Padahal belum tentu itu penyebabnya. Dari mana mereka tau kalo penyebabnya krn asam lambung. Kalo mau pasti, hrs dilakukan otopsi, tp biasanya tdk prnh ada otopsi. Yg namanya sakit maag ato reflux aslam ato sejenisnya itu adalah penyakit sejuta umat, jd bisa dibilang, hampir semua orang pd suatu waktu dlm hidupnya pernah merasakan reflux aslam, walopun mungkin lama dan intensitasnya berbeda2. Jadi kalo orang itu meninggal, apakah bs langsung dibilang krn masalah asam lambung. Penyakit asam lambung yg bagaimana yg bs menyebabkan kematian yg tiba2. Gak jelas juga. Kecuali kalo memang sudah dipastikan kalo orang itu mmg punya riwayat penyakit saluran cerna yg sdh lanjut dan mengancam jiwanya, baru kita bisa bilang penyebabnya karna asam lambung ato sejenisnya. Istilah sakit asam lambung itu pun istilah yg msh terlalu umum. Mmgnya ada apa dengan asam lambungnya. Bagaimanapun, asam lambung itu tetap diperlukan oleh tubuh buat mencerna mknan, membunuh kuman yg masuk ke lambung bersama mkann, membantu mencerna zat2 penting tertentu sprti vit b12, kalsium, dll.. Aslam itu bukan suatu yg bs muncrat kalo reflux, jd kemungkinan dia untuk menyebabkan kematian mendadak saat reflux hampir tdk mungkin. Tp reflux aslam mmg bs memicu nyeri dada dan sesak napas. Namun, selain reflux aslam, rasa nyesek tiba2 itu bs jg ditimbulkan krn gerakan saluran cerna terutama lambung yg abnormal yg krn sesuatu sebab, gerakan yg seharusnya bergelombang dan menekan ke bawah, jd sangat lambat ato kacau dan justru membuat tekanan ke atas. Sprti kita ketahui, gerakan saluran cerna kita itu adalah gerakan yg ditimbulkan oleh saraf dan otot otonom yg gak bs kita kontrol dgn kesadaran kita, terlibat kerja saraf simpatik dan saraf parasimpatik disitu. Kondisi psikis dan emosional kita jg sangat berpengaruh pd kerja saluran cerna kita. Misalnya saat kita sdg emosi, sering kita merasa nyesek di dada. Krn ada sensasi nyeri dada dan perasaan susah napas itu, dan adanya riwayat gangguan aslam semasa hidupnya, tdk bs serta merta dibilang penyebab kematian orang2 itu adalah karena gangguan aslam. Justru yg lebih mencurigakan adalah krn gangguan ato serangan jantung.

Mmg gejala ato sensasi nyeri dada antara yg disebabkan oleh nyeri dada bukan jantung dan nyeri dada krn jantung mirip2, tp ada bedanya. Nyeri dada atau rasa tdk nyaman di dada merupakan alasan terbanyak untuk orang datang ke ugd. Menghadapi pasien dgn keluhan nyeri dada merupakan suatu tantangan bagi petugas medis di rmh sakit, tempat praktek dktr maupun ugd, krn sebagian besar bukan suatu kegawatan, hanya sekitar 15 smpe 25 % yg merupakan sindrom koroner akut ato gangguan jantung. Jd dituntut kejelian dan pengalaman petugas medis untuk mengidentifikasi keadaan pasien tersebut. Salah satu cara yg mudah dan cepat adalah dgn melakukan ekg. Ekg ini bs menjadi petunjuk awal mengenai penyebab nyeri dada si pasien. Kalo hasil ekg nya normal, berarti penyebab nyeri dadanya adalah krn hal lain, dan yg paling sering adalah krn gangguan pd sensasi saraf, otot dan mukosa esofagus. Kondisi ini sering disebut dgn nyeri dada non kardiak (nyeri dada bukan jantung) ato kadang disebut jg dgn nyeri dada esofagus. Penyebab tersering nyeri dada esofagus adalah reflux isi lambung yg asam ke esofagus (reflux gastroesofagus) yg menimbulkan rasa nyeri di dada, rasa panas di dada atau kesulitan menelan. Penyebab lain yg berhubungan dgn esofagus adalah krn esofagus mengalami kram (spasm) hebat yg disebabkan krn kelainan gerakan (motilitas) esofagus, terutama pd esofagus bagian bawah. Penyebab lainnya adalah ketidaknormalan fungsi sensorik esofagus yg disebut sebagai hipersensitifitas esofagus yg menyebabkan saraf, otot dan reseptor2 di dinding esofagus menjadi lebih sensitip. Penyebab lainnya adalah krn serangan panik ato cemas yg bs menimbulkan sensasi nyeri dada pd orang tertentu.

Ciri2 nyeri dada yg berhubungan dgn jantung mmg mirip dgn ciri2 nyeri dada yg bukan jantung sprti yg sering dirasakan aslamer. Keluhan nyeri dada akibat sumbatan (iskemia) atau cedera otot jantung disebut angina pektoris. Angina pektoris adalah salah satu gangguan jantung yg paling sering menyebabkan serangan jantung mendadak. Nyeri dada angina ini bersifat viseral, yg artinya, tdk dpt ditunjuk posisi nyerinya dgn tepat pd suatu area yg kecil (nyeri yg tersebar), lokasinya terasa dalam (retrosternal), digambarkan sprti rasa dada yg ditekan, berat dan terjerat, terkadang bs berupa nyeri ato panas. Keluhan tersebut dpt disertai dgn penjalaran sensasi ke leher, rahang, gigi, bahu dan lengan krn jantung dan sekitarnya mempunyai asal persyarafan sensorik di area saraf tulang belakang yg sama.

Nyeri dada esofagus jg bs bersifat viseral, berlokasi retrosternal, dan jika nyerinya cukup hebat, dia dpt menjalar ke lengan, leher, rahang dan punggung. Nyeri ini sering digambarkan sebagai rasa terbakar dan tertekan. Rasa nyerinya dpt hilang dlm bbrp menit smpe bbrp jam atau dpt jg timbul secara berulang selama bbrp hari. Rasa nyeri yg hebat dpt diikuti dgn muka pucat dan keringat dingin.

Dr info di atas, walopun ada kemiripan antara nyeri dada angina dgn nyeri dada esofagus, ada bbrp point yg bs membedakan keduanya diantaranya,

× Pada nyeri dada angina, penderita biasanya akan merasakan rasa berat dan terjerat sehingga si penderita bs merasakan sprti tdk bs bergerak saat serangan datang. Pada nyeri dada esofagus, umumnya tdk akan merasakan rasa berat dan terjerat itu, dan umumnya si penderita msh bs bergerak, berjalan, berlari, naik turun tangga, bahkan msh sempat2nya mainin gadget dan update status di grup..hihi..

× Pada nyeri dada angina, kalo dilakukan test ekg, hampir selalu akan ada kelainan gelombang irama jantung yg cukup berarti. Pada nyeri dada esofagus, umumnya hasil ekg nya akan normal. Makanya aslamer yg merasakan nyeri dada sangat dianjurkan untuk melakukan ekg dulu minimal 1 kali untuk menyingkirkan kemungkinan gangguan jantung.

× Pada nyeri dada esofagus, pada sebagian aslamer, nyerinya itu sering lebih terpusat di uluhati (nyeri epigastrium), walopun rasa tersebar itu tetap ada. Pada nyeri dada angina, rasa nyeri yg tersebar itu cukup dominan.

× Pada nyeri dada esofagus, bila pasien datang ke ugd dgn keluhan nyeri dada, biasanya si pasien akan merasa enakan bila disuntik obat2 penekan aslam. Pasti hal ini sering dirasakan para aslamer yg datang ke ugd dgn keluhan nyeri dada dan sesak napas. Pada nyeri dada angina, nyerinya tidak akan mereda kalo diberikan obat2 penekan aslam, tp umumnya akan mereda setelah pemberian Nitrat atau Nitrogliserin.

× Umumnya, pd nyeri dada angina itu, proses serangannya berlangsung lebih singkat dibandingkan proses kekambuhan pd nyeri dada esofagus.


Kembali ke bahasan awal, soal artis ato tokoh yg meninggal yg dikaitkan dgn isu aslam, gak perlu lah kita jd terlalu terbawa perasaan, krn itu blm tentu benar. Walopun begitu, kita tetap boleh berempati tp jgn terpengaruh sm isu yg blm tentu benar. Soal hidup mati seseorang itu, urusan Tuhan. Setiap menit banyak orang yg berpulang dan setiap menit jg banyak yg dilahirkan. Anggap itu hal yg biasa aja, krn mmg biasa. Itu semua sdh ketentuan dr Tuhan. Untuk meninggal, tdk mesti hrs sakit dulu. Jalanin aja hidup kita dgn selalu berbuat kebaikan, ikhlas dan tawakkal. Tetap berusaha untuk sembuh dan selalu optimis.

Demikian dan semoga bermanfaat.

Semoga teman2 yg msh berjuang, segera diberikan kesembuhan. Amiiin..


Comment:

Farhan Ibrahim
sebelum ajal belum datang pasti kita gak akan mati,karna penyebab mati itu karna ajal sudah datang bukan karna penyakit,lah contohnya saya udah 8 tahun sakit gerd,tapi belum mati juga karna ajal ku belum datang,dan sebelum ajal datang kita harus selalu berusaha berobat dan harus optimis pasti bisa sembuh,,amin,

Arifah Isnaeni
Setuju tuh,soalnya pernh ada kejadian org difonis doktr sakt gastritis,gak lama kemudian dy sakt lg trnyata dy kena gagal ginjal,jd dktr slama it salah vonis,karna rata2 semua penyakt itu gejala umumnya hampir sama kaya asam lambung.

Baca juga: Cemas berlebihan dan nyeri sampai punggung apakah penyebab asam lambung?

Abdul Febriyanto
Beberapa bulan yg lalu cek ekg dan treadmill di rs hasilnya ok... belum lama cek ekg di klinik hasilnya gangguan (pengecekan sampai 2x karna penasaran)....jadi bikin bingung??? klw menurut tukang therapi sy sumbernya dari angin.yg di buat oleh lambung...trus ngumpul di dada jd nyesek dan jantung sakit.

Azani Dhiya
Saat ekg itu, seharusnya kita tetap tenang dan jangan cemas. Cemas itu bs mempengaruhi irama jantung dan bs bikin hasil ekg yg salah. Penyebab tersering nyeri dada buat aslamer itu adalah apa yg sering disebut sbagai diffuse esophageal spasm ato kram otot esofagus yg menyebar. Penyebabnya bs krn reflux aslam yg menyentuh les ato pangkal esofagus bawah, kemudian bs mengiritasi ato memberi tekanan pd area tersebut, sehingga menyebabkan kram yg akhirnya bikin nyeri dada. Gas lambung yg berlebih jg bs bikin tekanan pd pangkal esofagus bawah. Hal ini jg bs bikin kram dan rasa nyeri. Sensasi kram esofagus tersebut bs menyebar ke sekitarnya dan membuat kram otot sekitarnya termasuk mengganggu diafragma. Diafragma itu adalah lembaran otot rangka fleksibel yg membatasi rongga dada dgn rongga perut, yg terlibat aktif dlm proses bernapas kita. Kalo diafragma ini terganggu, kita akan merasakan susah bernapas ato sesak napas ato napas pendek.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar mengenai permasalahan peyakit gerd dan asam lambung yang Anda alami dibawah ini.

Copyright © 2015 Diskusi Asam Lambung - Gerd | Design by Bamz