Diskusi dan tanya jawab tentang penyakit asam lambung, gerd dan penyakit maag

Agar asam lambung tidak naik, ketahui dulu 2 penyebabnya ini

Asam lambung (sepanjang tidak ada radang lambung) itu naik hanya karena 2 penyebab:

1. Makan makanan yang tubuh kita belum mampu menyesuaikan (pantangan).

2. Perasaan cemas atau tertekan. ini sifatnya otomatis, cemas atau perasaan tertekan akan mengaktifkan kerja syaraf simpatik, sehigga meningkatkan produksi asam lambung anda.

jadi, kita mesti "cermat" menganalisis hal ini, kalau kita tidak melakukan kesalahan di faktor 1, maka pasti faktor ke 2.

dan untuk itu, kita mesti melakukan pe"lepepasan" emosi negatifnya. agar lambung kita "normal" kembali
Comment:

Yudi Geovani
Bukan syaraf simpatik mas tapi syaraf parasimpatik. Jadi Gini mas penjelasnya dilambung ITU ada 2 katub Dan asam lambung Naik akan meradang dari lambung ke tonggorokan Dan lambung ke usus 12 jari dan juga meradang ke syaraf parasimpatik Dan syaraf serabut serabut lambung ,Jadi Kalau syaraf parasimpatik Dan syaraf2 serabut lambung terkena efek ITU lah yang menimbulkan gejala gejala tidak menentu Dan menimbulkan anxie.

Yudi Geovani
Jadi Kalau syaraf parasimpatik Kita terkena efek asam lambung INI, semua yang ada di gambar pasti terkena efek

Jerry Deriskaa
wah begtiu ya pak Yudi Geovani.. jadi asam lambung yang menimbulkan cemas? hmm.. kalau saya memahami, dan dari referensi yang saya punya. pikiran itu memiliki keterkatian erat denga tubuh. saat (Pikiran) kita rileks, santai atau tenang maka yang bekerja adalah sistem SYARAF PARASIMPATIK....ini dtandakan denan meningkatnya produksi hormon hormon "ketenangan", misalnya endorphin., menurunkan detaks jantung, merilekskan otot2 tubuh, nafas jadi ringan, menetralkan profuksi asam lamung berlebih, dlll..

namun ketika PIKIRAN kita merasa ter"ancam", tertekan, cemas, maka otomatis tubuh akan mengaktifkan kerja ssitem SYARAF SIMPATIK. ini ditandai dengan diproduksinya hormon hormon stres, misalnya kortisol, jantung memompa darah dengan lebih cepat, paru2 jadi lebih aktif, nafas jadi tersengal2, meningkatkan produksi keringat. .....dll dan otomatis JUGA MENINGKATNYA PRODUKSI ASAM LAMBUNG.

nah, inilah yang kita rasakan sebagai suatu rasa "panas", rasa "nyeri" , atau "enggak nyaman dilambung"... jika ini dibiarkan EMOSI CEMAS DAN TAKUTNYA lebih INTENS maka tubuh akan otomatis jadi terasa LEMAS.... dan bahkan bisa SAKIT KEPALA. MEKANISME ini juga disebut dengan RESPON "FIGHT OR FLIGHT" daari tubuh kita. dan sebenarnya MEKANISME inilah yg seringkali terjadi pak, ... dalam artian ASAM LAMBUNG MENINGKAT karena PIKIRAN (CEMAS DAN TERTEKAN)

namun kurang kita sadari dan sibuk menyalahkan OBAT yang gak MANJUR, atau DIET yg SALAH. atau malah sibuk MENGURANGI ASAM LAMBUNG, tpi tidak MENGATASI SUMBER MASALAHNYA, yautu PIKIRAN (CEMAS dan TERTEKAN)

Yudi Geovani
Nggak tuh gan ,Saya terkena GERD INI sudah dari tahun 2003gan. SAya orang nya selalu happy tidak pernah merasa cemas tidak pernah memikir sesuatu yang menyusahkan pikiran Saya mas, biar mas tau mas Saya kambuh GERD INI waktu Saya laGI makan loh mas nggak ada mikir sesuatu tiba tiba langsung berdebar Dan susah nelan seperti kecekik macam tuh

Jerry Deriskaa
wah begitu ya mas,... Jika memang demikian, berarti ada di FAKTOR 1 mas Yudi Geovani... atau memang lambung ada Radang, ada luka tertentu,,,,,

Yudi Geovani
Nah bisa jadi mas macam tuh

Yudi Geovani
Asam lambung lah yang menimbulkan rasa cemas karena Saya yang merasakan mas

Jerry Deriskaa
"Asam lambung menimbulkancemas?" ..... bisa jadi mas, tpi kalau secara psikologis(memahami konsep psikologi yang benar), ini kuranglah tepat... saya pnya teman yang gangguan lambungnya, luar biasa mengerikan, tpi dia orangnya gak cemasan mas

Jerry Deriskaa
"Saya yang merasakan"....? tadi kalau tak salah mas mengatakan bahwa mas adalah orang yang happy? tapi kok skarang mengatakan mas mengalami cemas? saya bingung neeh mas heheh...

Yudi Geovani
Mas ini kan sekolah tinggi mas , masa mas nggak bisa memahami bahasa saya , karena naiknya Asam lambung itu lah mas timbul langsung rasa cemas saya ,jantung berdebar sesak nafas dll lah dampaknya, saya tau mas dalam ilmu pikiran lah yang mempengaruhi organ tubuh ini, tapi tanda tanya saya disitu mas , saya lagi happy lagi makan nggak mikir apa apa langsung saja timbul sensasi itu dan reda dengan sendirinya.

Garis Bayu
jadi seperti lingkaran setan ya,om om...asam lambung bikin cemas, kecemasan memicu asam lambung

Jerry Deriskaa
kalau dari pengalaman saya yang menderita asam lambung tak kurang dari 3 tahun..., dan dari pengalaman beberpa teman2 yang saya cba bantuin. saya mengambil kesimpulan bahwa konsep yang mengatakan "asam lambung mengakibatkan cemas" adalah sebuah konsep yang kurang tepat... KENAPA? karena "CEMAS ADALAH SEBUAH PRoSES PSIKOLOGIS, BUKAN FISIOLOGIS"


Garis Bayu
"CEMAS ADALAH SEBUAH PRoSES PSIKOLOGIS, BUKAN FISIOLOGIS"... nah itu dia,om. kecemasan orang bisa muncul karna faktor yg berbeda2. dan trnyata ada jg yg cemas krn asam lambung naik :D (saya jg salah 1nya)

Garis Bayu
Sebenarnya sih lebih ke efek2 sampingan dr aslam yg naik yg bikin cemas...smntara aslam nya sendiri kita gk pnh tau kapan dia naik hehehe

Yudi Geovani
Mas ini kan sekolah tinggi mas , masa mas nggak bisa memahami bahasa saya , karena naiknya Aslam itu lah mas timbul langsung rasa cemas saya ,jantung berdebar sesak nafas dll lah dampaknya, saya tau mas dalam ilmu pikiran lah yang mempengaruhi organ tubuh ini, tapi tanda tanya saya disitu mas , saya lagi happy lagi makan nggak mikir apa apa langsung saja timbul sensasi itu dan reda dengan sendirinya

Baca juga: Pengalaman mengatasi asam lambung naik dengan permen karet

Yudi Geovani
Mas asam lambung naik bisa jadi karena pikiran Dan asam lambung naik bisa jadi akibat lambung yang bermasalah akibat pola makan.

Jerry Deriskaa
nah, kembali lagi pada pemahaman dan pengalaman masing2 pak Garis Bayu,..kalau saya dan beberapa teman2 yang sdah sembuh....mulai memahami hal ini.... jadi mereka bsa lebih mudah menurunkan asam lambungnya dengan sangat cepat.....cukup dengan mengolah pikirannya...

Kenzie Adham Arsyada
bagaimana cara rileks pikiran? karna sulit bnget.. ada hal sedikit d organ tbuh ini...pikiran langsung nyambut negatif...gk ada positifx sama skali

Keyza Santoso
Lebih deket ama Allah mas,, sholat 5 wkt,,di tambah sholat sunah,,baca al qur'an,,,puasa sunah,,,nnt hati jd tenang dn ihklas ,,,lama kelamaan perasaan cemas hilang bersama membaiknya pola pikir qta,,,

Kenzie Adham Arsyada
iya mbk.. aq ingat wkt puasa kmrn...1 bulan puasa bs membuat q tenang,mraskan bs tdr mlm hari dg nyenyak,krna sbmx hmpir 2bln gk bs tdr dg nyenyak...

Jerry Deriskaa
me"rileks"kan pikiran itu adalah teknik universal pak, dan ia sngat mudah dikuasai, misalnya saja respon relaksasi dari herbert benson.

Yudi Geovani
Lambung itu bisa dibilang bom waktu mas , dan penyakit gerd ini bisa dibilang penyakit lingkaran setan .lambung dan pikiran kita hubungan nya sangat erat mas

Jerry Deriskaa
nah...sbenarnya "sulit itu relatif" pak Kenzie Adham Arsyada... sesuatu yang sulit, hampir selalu bisa dibuat mudah..... contohnya saja, bagi orang awan, membongkar dan memasang kembali komputer itu adalah sebuah hal yang sangat sulut. tapi bagi seorang teknisi komputer, membongkar komputer, dan memasangnya kembali , baginya, sangat mudah. begitu jga mengei mengolah pikiran "bisa dibuat mudah" pak..

Kenzie Adham Arsyada
kadang pngenx it aneh utk mnetralisir fikiran...pngn nyantri lah,kmpul dg org2 soleh...tp tdk trcapai,krna sudah jd pmimpin rumah tangga...gk mungkin utk d bwt it,blm lg pkerjaan mnnti stiap hari...

Jerry Deriskaa
wah.. ngolah pikiran gak perlu pakai nyantri pak.. karena bukan "nyantari yang bisa bikin tenang" kalau "nyantri" bisa bikin "tenang".... pastilah "para ustadz dan lulusan pesantren" pada bahagia semuanya....

Kenzie Adham Arsyada
hanya keinginn dlm hati utk merobah pola pikir

Garis Bayu
pikiran itu liar. sngt sulit utk mengendalikan,krn pikiran gak spt mata yg bisa merem kl gk pengen lihat sesuatu...makanya kalo saya,saat gejala anxie mulai rada2 gimana gt, saya alihkan dng ngapain kek,biar pikiran teralihkan (gak bisa dikendalikan,ya kita alihkan)

Jerry Deriskaa
Kenzie Adham Arsyada selain jga keinginan, jga butuh TEKNIK atau METODE pak agar berhasil

Jerry Deriskaa
Garis Bayu saya dlu, waktu masih axiety, pakai teknik pengalihan tapi, biasanya itu hnya menuntaskan masalah sesaat, esok muncul lagi pak....

Garis Bayu
muncul lagi,alihkan lagi,om hahaha

Jerry Deriskaa
hehe.. Capek om,,kalau saya , lebih suka cara yang permanen "enaknya"

Garis Bayu
jadi seperti idiom duluan mana ayam ama telur :D... terus yg mesti kita benahi mana dl nih?

Yudi Geovani
Betul Sulit pilih 1 atau 2 yang Mau diledakan haha

Jerry Deriskaa
jjika benar "lingakaran setan" lantas mengapa ada orang yang bisa sembuh? contohnya saya, saya kalau asam lambungnya naik, saya bisa turunkan hanya dalam waktu kurang dari 1 menit, tanpa menggunakan obat apapun. cukup dengan mengolah pikiran" saya saja.. umumnya yang berlatih meditasi, bisa dengan mudah melakukan ini pak...

Yudi Geovani
Mas mas mas mas,, ada 2 faktor dengan Aslam INI
1. Asam lambung bisa sembuh dengan pikiran Kalau dilambungnya tidak ada masalah
2.Asam lambung bisa sembuh dengan menyembuhkan masalah pada lambungnya seperti Luka ketika Luka lambungnya sembuh Aslam anxie pun juga hilang

Jerry Deriskaa
kalau saya, mesi dibenahi dua2nya pak.. dalam artian, lambungnya jga di"genjot". tapi pikirannnya jga mesti di"sembuhkan"

Yudi Geovani
Memang mesti dibenahi Dua duanya mas Dan cari permasalaha kenapa Aslam Saya Naik,akibat pikiran APA akibat lambung Saya.Kalau akibat pikiran ya benahi pola pikir Kita lambung pun Aslam pun hilang Dan Kalau karena lambung masalah ubah lambungnya menjadi sehat kembali Dan hilang lah anxienya yang bermasala ITU aja sudah cukup spontan penjelasanya mas.

baca juga: Gambar Asam Lambung yang naik setelah di X-ray

Garis Bayu
naaah kebanyakan karena ke-2 faktor itu kok...jadi benahi simultan ya :

Yudi Geovani
Jerry Deriskaa Berarti sampean tidak ada masalah pada lambung karena sampean terlalu banyak mikir Jadi meningkatnya Aslam sampean

Garis Bayu
kesimpulan (versi saya :D ): asam lambung bisa muncul dan meningkat naik karena banyak faktor, antara lain pikiran, asupan makanan dan lambungnya sendiri yg bermasalah

Yudi Geovani
Ya begitu lah jessika kumala wongso hahaha

Garis Bayu
saat ini, dada saya berasa begah,tp saya msh nyantai aja sambil minum white coffee :D... (sorry OOT)

Yudi Geovani
Kalau Saya lambung Saya sakit akibat minum top kopi Pakai sianida tapi Saya Masih rilek saja

Jerry Deriskaa
sebenarnya gampang sekali untuk mengatasi asam lambung ,klau paham caranya pak

Yudi Geovani
Kalau asam lambung INI kumat cuma 1 faktor karena pikiran menurut Saya sangat tidaklah akurat, karena pikiran Kita INI juga bisa Kita ubah dengan Iman ,jiwa, raga Dan hati Kita .maaf cuma hewan yang tidak bIsa mengubah pola pikirnya karena Dia tidak ada akal Dan pikiran .

Jerry Deriskaa
mohon dbca ulang pak postingan sya. sprtinya ad yg kurang pas dri ap yg bpak tuliskan..maap

Yudi Geovani
Pak Saya sudah baca Dan memahami ,jauh dari postingan Dan komentar2 bapak ,Coba diteliti Dan dipahami Awal postingan Dan komentar tentang pembicaraan pembicaraan Kita .maaf

Garis Bayu
saya kira postingan om Jerry Deriskaa jg udah jelas sih, gak menyebutkan kl CUMA krn faktor pikiran aja yg menyebabkan asam lambung naik :)

Yudi Geovani
Ya postingan mas Jerry Deriskaa memang sangat bermanfaat Jadi Kita Tinggal koreksi Dan mengambil kesimpulan positifnya aja untuk menambah wawasan Kita aja. Thanks mas buat postingan nya sangat bermanfaat

Yudi Geovani
Up dong biar Saya bisa ngalihkan sidang mirna ,jesika Dan sianida Ni, Kalau Saya lihat sidangnya anxie Saya kumat ,Kalau anxie Saya kumat Asam lambung Naik ,

Izzet Permadi Yafik
Tapi saya yakin faktor terjadinya gerd itu fikiran..dan type orangnya hampir di sini sama orangnya baperan. dan saya membuktikan juga sakit saya akibat fikiran, yg kita tidak rasa. Tapi ada juga dri pola hidup tidak baik.

Jerry Deriskaa
iya pak Izzet Permadi Yafik, biasanya, kebanyakan diawali pikiran pak.. Selain jga pola makan, atau infeksi...... makanya saya kasian jga sama teman2 yang pada sibuk cari "obat buat raga"nya... tpi gak terlalu peduli mencari "obat" untuk "jiwa"(pikiran)nya... sehingga dapat dipastikan susah sembuhnya pak....

Kenzie Adham Arsyada
aq mmbri ksimpulan sakit q dari aslam...stlah it anxie...krna pola hidup q tdk baik sblmx...sudah tw dri kecil pnya riwayat maag tp tdk q gubrs...akhrx pnyakit aneh yg mnimpa q ini...smpe2 trauma atas serngan prtma...jika smbuh sbntr...ingat kjadian prtma mnimpa q...
enzi. iya pak..kalau aslam tk dsikapi dgn "pikiran yg sehat". biasanya bsa mrembet kamna mana pk

Izzet Permadi Yafik
Tapi obat ampuh baik itu awal dri pola hidup atau fikiran. menurut saya obatnya adalah fikiran harus happy, tenang, jangan meras merasa, jangan suka marah jangan ngrasa tertekan. jangan selalu di bawa perasaan kalo ada orang bilang. kata orang jawa aja lengusan.

Kenzie Adham Arsyada
pola makan d jaga...tdk smw mkann d pantangin...plih mkann yg mnrt kita tidak mngakibatkn aslam kita naik...krna smw manusia brbda kekebalan tbuh...mknn ini bkin aslam naik...blm tntu bwt yg lain aslam bs naik

Izzet Permadi Yafik
Pkoknya jaga pola makan dan fikiran.jangan banyakin mantang..alhamdulillah udah 2mingguan setiap sore main bola lapangan besar kuat, keluar malam kuat..semangat mas pasti semua sembuh kalo udah nemu kuncinya dri dalam diri

Kenzie Adham Arsyada
insya Allah...yg pasti jangn panik kalo asam lambung datang...pasrah yakin Allah yg mnyembuhkn kita...!

Jerry Deriskaa
iya pak, betul Kenzie Adham Arsyada, kebanyakan tidak banyak yang paham metode mengatasi pikiran pak, padahal untuk mengatasinya btuh metode yang tepat.

iona Adinda
Mas Jerry Deriskaa jd gmn caranya memanage pikiran saat aslam naik, kasi tips donk..

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar mengenai permasalahan peyakit gerd dan asam lambung yang Anda alami dibawah ini.

Copyright © 2015 Diskusi Asam Lambung - Gerd | Design by Bamz